Gue yang lagi diet, tapi kayanya kak Jaemin yang semangat buat sepedaan. Tepat sekitar jam sentengah lima sore, Kak Jaemin udah datang kerumah gue pake celana olahraga sama baju kaos warna hitam, sepatu putih, terus bawa tas sandang yang entah apa isinya, tidak lupa helm pengaman.
"Mau sepedaan gaya lo kece banget" goda bang Jaehyun sambil makan goreng tahu, emang kaga ada akhlak adeknya lagi diet dia enak-enakkan makan gorengan didepan mata gue langsung.
"Heheheh, kece apaan nya sih bang" Kekeh kak Jaemin.
"Kalo mau gorengan ambil aja langsung diatas meja makan ya Jaem, anggap rumah sendiri" Ucap bang Jaehyun nepuk bahu Kak Jaemin.
"Apa? Mau goreng tahu juga?" Tanya bang Jaehyun sambil nyodorin goreng tahunya ke gue.
Langsung tebas aja tangannya. "Enggak!" Jawab gue sewot. Bener-bener ya ini abang satu.
Gue ngambil tas sandang juga yang isinya ada air minum sama ponsel.
"Yuk kak" Ajak gue ke kak Jaemin.
"Pergi dulu ya bang" Pamit kak Jaemin ke bang Jaehyun. Gue mah malas buat pamitan.
"Sip sip, jangain adek gue ya Jaem.."
"Siap bang. Tanpa disuruh udah pasti gue jagain"
——-
Jarak dari rumah ke GOR tempat biasa gue olahraga lumayan jauh, buktinya keringat gue udah bercucuran waktu gue sama Kak Jaemin nyampe. Hari ini kaya biasa, rame sama orang-orang yang lagi olahraga.
"Capek banget" Gue ngatur nafas dan detak jantung. Sepedaan sama Kak Jaemin emang nggak ada diberi waktu buat berenti sebentar diperjalanan. Dia mah kelihatan santai-santai aja, buktinya nggak keringetan parah kaya gue.
"Hahaha" dengan random nya kak Jaemin ketawa disamping gue. Kita berdua masih diatas sepeda masing-masing.
"Kenapa ketawa?"
"Nggak ada pengen aja"
Sumpah aneh ini orang. Untung ganteng. Eh.
"Bawa minum? Kalo nggak gue bawa nih" Tawar kak Jaemin.
Gue menggeleng nunjuk tas yang gue sandang. "Aku bawa sendiri kok kak"
Kak Jaemin ngangguk dan buka tutup botol minumnya. Sumpah lega banget waktu udah minum, tenggorokan yang kering tadi kembali lembab seperti semula.
"Mau lanjut apa istirahat dulu?" Tanya Kak Jaemin setelah selesai minum.
"Lanjut lagi aja kak, kan cuma keliling sekitar GOR" Sebenarnya gue capek, karena tadi juga sepedaan kurang lebih hampir empat puluh menit. Tapi gue paksa aja, sebenarnya perut gue juga agak terasa sedikit pedih.
"Tadi pulang makan apa?"
"Makan apel"
"Apel?" Ulang kak Jaemin nggak yakin dengan ucapan gue barusan.
Gue ngangguk.
"Ndut, lo diet ketat ya?"
"Enggak kok" entah mengapa gue jadi gugup buat jawab pertanyaan itu.
"Masih makan nasi?"
"Masih" kenapa gue bohong?
"Bagus, diet boleh tapi jangan yang sampe diet ketat gitu apalagi sampe nggak makan nasi. Bahaya buat lambung" kak Jaemin ini katua PMR pasti dia banyak tau tentang hal kaya gitu.
Papa juga udah ceramah panjang lebar soal hal itu ke gue. Tapi buktinya sampe hari ini gue nggak apa-apa walau badan gue cuma ngerasa ajak lemas aja.
"Iya kak aku paham kok"
Kak Jaemin senyum. Sumpah adem banget senyuman nya.
"Ya udah yok lanjut sepedaannya" ajaknya dan nyuruh gue duluan buat ngayuh sepeda, jadi posisinya kak Jaemin dibelakang gue.
Entah sudah berapa putaran, tapi karena kita sepedaannya santai jadi nggak terlalu kerasa capeknya. Kak Jaemin juga selalu cerita banyak hal selama kita sepedaan, setidaknya karena hal ini gue ngelupain soal kejadian sepulang sekolah tadi.
Kini kita berdua, gue sama kak Jaemin milih buat istirahat dulu didekat anak tangga. Dari atas sini kita bisa ngelihat semua orang yang lagi olahraga.
"Kak mau nanya sesuatu boleh nggak?"
"Boleh kok, mau nanya apa?"
Gue meluruskan kaki dan ngelipat kedua tangan.
"Tipe ideal cowok itu harus cewek yang langsing ya kak?" Tanya gue sambil noleh ke Kak Jaemin.
Mendengar pertanyaan gue wajah kak Jaemin mengernyit kaya nggak setuju sama pertanyaan gue itu.
"Siapa yang bilang?"
"Bukan nya emang standar kecantikan di Indonesia sendiri yang perempuan itu harus kurus, putih, nggak jerawatan. Pokonya yang sempurna gitu deh"
Kak Jaemin terkekeh. "Kalo mau nyari yang sempurna mah sampe mati pun nggak akan pernah ketemu. Lagian nggak semua cowok kok yang tipe ideal ceweknya harus langsing"
"Kalo tipe ideal kakak kaya gimana?"
"Ya yang penting dia cewek"
Gue mukul bahu kak Jaemin, gue nanya serius malah dijawab ngawur.
"Beneran ini mah, percuma dong dapat yang langsing, putih, mulus eh kaga tau nya berbatang"
Gue ketawa ngakak, benar juga sih.
"Serius ih kak!"
Kak Jaemin ngacak rambut gue. "Gue mah nggak ada tipe ideal, gue cuma mau nanti jodoh gue itu jadi dirinya sendiri aja nggak usah ngerubah apapun yang ada dalam dirinya, hanya untuk terlihat sempurna dimata gue. Lagian kan gue cari pendamping hidup bukan cari pemenang miss Indonesia"
Jawaban kak Jaemin ada benarnya. Tapi kan nggak mungkin semua cowok punya pikiran yang sama kaya kak Jaemin, siapa pun nanti yang jadi jodohnya kak Jaemin dia perempuan yang beruntung.
"Ndut jangan bilang alasan lo diet ini karena cowok?"
Gue langsung melotot. "Enggak kok" padahal hampir separo niat gue diet emang karena alasan itu.
"Bohong" tunjuk kak Jaemin micingin matanya ke gue.
"Enggak kak"
"Iya iya bercanda. Ingat diet itu untuk diri sendiri bukan untuk orang lain. Percuma dong nanti capek-capek diet, tapi orang yang menjadi alasan buat diet itu aja nggak peduli sama sekali"
Skak. Gue mati kutu.
"Hehehe iya kak. Kak Jaemin kenapa nggak ada niat buat pacaran?"
"Niat sih ada, cuma sekarang belum ada niatan buat ngelakuin nya"
"Kenapa?"
"Pacaran cuma buat sakit kepala, mending serius belajar apalagi sekarang gue udah kelas dua belas"
"Hehehe...iya ya kak"
"Ndut"
"Iya?"
"Nggak semua omongan jelek harus dipikirin, orang nya aja nggak pernah mikirin omongan jelek yang pernah mereka lontarkan"
Kemudian kak Jaemin noleh ke gue sambil senyum, senyuman yang menduhkan.
"Semangat ya. Senyuman ini pokok nya jangan sampe hilang" Ujar kak Jaemin lalu narik hidung gue pelan, ngebuat gue dan dia sama-sama ketawa.
———
Manisnya.....Ily✨
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku, Kamu, dan Timbangan.
Teen Fiction[SELESAI] Ketika timbangan berat badan menjadi tolak ukur untuk standar kecantikan. Rinai senja, April 2021.