Ada satu kutipan yang pernah gue temui di media sosial, bunyi nya itu begini "Jika fisik di jadikan standart untuk mencintai, lalu apa gunanya hati?" Untuk di beberapa alasan fisik memang manjadi hal pertama yang di pandang. Wajah menjadi hal paling tabu untuk mulai menyukai seseorang. Ada yang jatuh hati karena bentuk mata, ada yang suka karena senyuman, ada yang terpesona dengan bentuk garis wajah. Sifat alamiah. Tapi seiring berjalan nya waktu fisik bukan lagi menjadi syarat utama untuk mencintai.
Kecantikan bisa pudar seiring waktu, bentuk tubuh bisa berubah. Untuk mereka yang benar-benar mencintai dengan hati, mau seberapa lama pun waktu yang di lalui, mereka akan tetap mencintai pasangan nya tanpa batas waktu.
Sekolah lentera masih tampak sama dari terakhir kali gue datang kesini. Bahkan di kesibukannya kak Jaemin dan kak Renjun masih tetap milih buat ngajar anak-anak di sekolah lentera. Gue nggak tahu hati mereka itu terbuat dari apa, di saat yang lain milih buat mentingin diri sendiri, tapi mereka enggak.
"Bagi gue bahagia sendirian itu nggak menyenangkan, jadi gue berinisiatif buat ngebagiin kebahagiaan ke orang lain juga"
Gue beruntung banget bisa kenal sama kak Jaemin. Pemikiran sederhana dia selalu buat gue terkagum. Sebuah notifikasi chat muncul di layar ponsel, senyum gue terbit. Langsung aja gue berdiri dari kursi kayu yang sedari tadi gue duduki buat mandangin anak-anak sekolah lentera belajar.
"Bapak pasti kesusahan cari alamat nya, maaf ya pak" Ada rasa nggak enakan begitu gue ngelihat bapak grab yang gue pesan buat beli makanan sampai.
"Nggak apa-apa neng, nggak susah kok bapak cari alamat nya" Bapak itu ketawa.
"Bapak udah makan?"
"Belum neng. Alhamdulilah hari ini bapak dapat banyak orderan, jadi belum sempat makan" Tiba-tiba gue kepikiran sama Papa. Papa udah makan siang belum ya? Rumah sakit kan selalu ada banyak pasien, gue jadi khawatir kalo papa nggak sempat buat makan.
"Ini untuk bapak. Jangan lupa makan ya pak, masa bapak banting tulang cari uang buat makan sekeluarga, eh tapi bapak nya sendiri belum makan. Saya kalo jadi anak bapak sedih lo ngedengar nya"
Gue ngasih satu paket makan McDonald's yang gue pesan ke tangan bapak Grab. Gue sengaja pesan makanan ini untuk anak-anak di sekolah lentara sebagai bentuk apresiasi gue ke mereka. Karena benar kata kak Jaemin, bahagia sendiri itu nggak menyenangkan.
"Aduh makasih banyak ya neng, makasih banget" Ngelihat senyuman dari orang-orang yang gue bantu, walaupun gue cuma bisa ngebantu dengan hal-hal kecil, itu rasa nya bahagia banget.
"Iya pak sama-sama. Semangat kerja nya, bapak jangan lupa jaga kesehatan ya"
Setelah pamitan gue balik lagi ke sekolah lentera, nanti gue bakal bagiin makanan nya begitu mereka selesai belajar. Tapi baru saparuh jalan kak Jaemin tiba-tiba nyusulin gue.
"Gue kira lo pergi kemana ndut, tiba-tiba hilang aja" Mata kak Jaemin beralih melirik kantong makanan di kedua tangan gue.
"Hehehe. Ini hadiah kecil buat adek-adek" Ucap gue sambil nyengir. Kak Jaemin senyum, dia ngacak rambut gue kemudian ngambil alih kedua kantong makanan itu dari tangan gue.
"Berat biar gue yang bawa. Makasih banyak ya ndut udah sayang sama anak-anak sekolah lentera"
"Ih nggak perlu terima kasih segala"
"Ini yang buat gue jatuh hati sama lo untuk kesekian kali nya" Kedua mata itu menatap gue dengan lembut.
"Semuanya ini ada hadiah dari kak Aera karena kalian hari ini belajar nya pada hebat semua" Ucap kak Jaemin. Wajah anak-anak pada kelihatan senang, senyum di wajah mereka seolah nggak pernah pudar.
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku, Kamu, dan Timbangan.
Novela Juvenil[SELESAI] Ketika timbangan berat badan menjadi tolak ukur untuk standar kecantikan. Rinai senja, April 2021.