Ini adalah hari kelima gue nggak makan nasi sama sekali, beberapa hari belakangan badan gue masih biasa aja tapi untuk hari ini rasanya lemes banget bahkan waktu turun dari tangga kaki gue terasa gemetaran.
Tapi gue berusaha bersikap baik-baik saja didepan keluarga gue. Gue nggak mau bikin mereka cemas, yang nanti berujung nyuruh gue buat berhenti diet. Sayang banget kan gue udah sampe dititik sekarang ini.
"Adek hari ini makan nasi ya, ini mama masakin ayam bakar kesukaan kamu lho" Tawar mama ketika gue duduk dikursi makan.
"Iya dek ini udah hari kelima kamu nggak makan nasi sama sekali, nanti kamu kenapa-kenapa" Kak Chaeyeon natap gue khawatir.
Diantara semua orang rumah, gue tau kak Chaeyeon yang sebenarnya kelihatan kurang setuju dengan gue yang mau diet. Bukan karena dia nggak mau gue kurus, tapi dia nggak mau ngelihat gue tersiksa karena program diet ini.
Gue ngusap tangan kak Chaeyeon dan senyum, beruntung gue udah pake liptint jadi pucat gue nggak kelihatan. "Aku nggak apa-apa kok kak, besok janji deh bakal makan nasi"
"Besok mau makan apa? Biar mama masakin buat adek" tanya mama antusias.
"Rendang ma, masakin Abang rendang dong. Masa adek aja yang ditanyain Abang nggak"
Gue terkekeh, datang-datang ke meja makan bang Jaehyun langsung ngerocos. Papa dari tadi cuma jadi tim ketawa doang sambil makan.
"Iya iya besok mama masakin"
"Asikkkk" Seru bang Jaehyun girang.
"Tapi—-" Jeda mama. Wajah bang Jaehyun langsung kaya protes lagi ketika mendengar kata tapi.
"Tapi apa ma?"
"Kalo Abang bawa pacar Abang kerumah. Ayo dong kenalin pacar nya ke mama sama papa masa kamu kalah sama kembaran sendiri"
Kita semua sontak ketawa, dan gue yang ketawa nya paling kenceng. Gue paling suka kalau Abang gue digodain gini, satu keluarga juga tau kalau bang Jaehyun ini masih jadi korban php sahabat dekat nya sendiri. Gini nih, sahabat jadi cinta.
"Apaan sih, malas ah. Abang nggak mau makan, Abang ngambek"
"Idih pundungan" Ejek kak Chaeyeon yang dibalas tatapan sinis bang Jaehyun.
"Mangka nya bang, kalo suka itu bilang suka. Jangan cuma bisa nya di pendem, nanti kalo keduluan sama orang lain gimana?" Rasain keluar dah tu petuah papa. Tapi kok gue merasa tersindir ya?
Bang Jaehyun mendengus kesal sambil gigit roti yang udah diolesi selai kacang sama mama dengan tidak nyelo.
——
Bisa dibilang kelas sebelas sma itu masa yang paling enak, waktu masih kelas satu masih pada takut-takut gitu karena masih jadi siswa baru, kalo kelas tiga pada pusing mikirin ujian akhir sekolah, try out, unbk, snmptn, sbmptn dan hal memusingkan lainnya,
Jadi emang paling enak waktu kelas sebelas itu, dan yang lebih gue syukuri lagi selama naik kelas sebelas ini kita sekelas lebih banyak dapat jam kosong.
Seperti biasa kalau lagi jam kosong pasti kelas rusuhnya minta ampun ada yang asik sendiri, tidur, makan, nyanyi-nyanyi ,ngejulid, atau cuma bengong doang.
Kalo kita berempat sudah pasti dong julid, kita kan swag the julid. Btw itu Somi yang ngasih namanya, kita mah cuma bisa ngikut doang.
"Julid terozzzz" Sindir Daewhi yang lagi duduk di meja guru.
"Eh gue ada nonton azab sama mak gue tau nggak judul nya apaan?" Ujar Mashiho ke Daewhi tapi matanya ngelirik kita berempat.
"Apa-apa?" Tanya Wonjin pula semangat.
"Akibat sering julid pas meninggal bibirnya pindah ke jidat"
Bukannya gimana tapi kita semua jadi ketawa ngakak gue bahkan nahan perut gue yang perih waktu ketawa.
"Ih malah ketawa, hati-hati nih buat yang sering julid. Apalagi lo si biang julid" Tunjuk Mashiho ke Somi.
Somi yang nggak terima dibilang biang julid padahal emang kenyataan nya berdiri sambil mukul meja.
"Apa kata lo? Apa perlu gue kasih kaca hah biar lo bisa ngaca? Lo tu juga biang julid kali, dasar bacot" erang Somi geregetan dari ekspresinya udah kaya mau ngejambak Mashiho.
Daewhi langsung berdiri melerai sebelum terjadi adengan yang tak diinginkan. Kita sekelas udah biasa melihat hal kek gini.
"Lo sakit Ra? Wajah lo pucat banget" Tanya Ryujin khawatir sambil naro tangan nya di jidat dan leher gue.
"Iya Ra, pucat banget ini mah"
Gue ngambil kaca Somi yang tergeletak diatas meja. Dan yah, wajah gue emang amat sangat pucat. Dan perut gue juga semakin terasa sakit sekaligus perih.
"Iya yah" jawab gue setelah melihat wajah sendiri.
"Ke UKS aja yuk gue anterin, lo butuh istirahat ini kek nya"
Betul juga kata Ryujin kaya nya istirahat bentar di UKS sakitnya bakal hilang.
"Perlu Minju temani juga nggak?"
Ryujin menggeleng. "Gue aja, mending lo jagain Somi biar nggak cakar-cakaran sama Mashiho"
Gue sama Ryujin sampe di UKS yang syukur nya sepi. Ada 2 anak PMR yang lagi jaga, mereka nanya apa keluhan gue dan Ryujin ngejelasin semuanya.
"Lo belum makan nasi kan?" Tanya Ryujin setelah masangin selimut ke gue.
Gue menggeleng lemah, sakit nya makin kerasa.
"Udah berapa hari lo nggak makan nasi? Jujur Ra sama gue"
"Lima hari"
"Ya Allah Ra, Pantesan aja tubuh lo lemas sama gemetaran gini. Diet boleh tapi jangan sampe siksa tubuh lo kaya gini juga"
Gue senyum biar Ryujin nggak makin khawatir.
"Santai aja, nggak apa-apa kok. Dibawa tidur nanti juga agak mendingan"
Ryujin tiba-tiba aja berdiri dari duduknya.
"Istirahat lo nya, gue mau beli makan buat lo. Ngak terima penolakan lo harus makan nasi setelah ini"
Belum sempat gue protes Ryujin udah pergi. Gue cuma bisa menghela nafas pasrah, dan nggak tau gue udah tertidur.
Gue nggak tau udah berapa lama gue tertidur, waktu gue bangun tiba-tiba ada kak Jaemin yang duduk dikursi yang sebelum nya diduduki sama Ryujin.
"Udah bangun?" Tanya kak Jaemin.
"Kakak ngapain disini?"
"Gue yang harusnya nanya, kenapa lo bisa sampe ada disini?"
"Cuma numpang tidur...hehehe"
Kak Jaemin nggak ketawa sama sekali, dia mendesah terus ngeluarin sesuatu dari kantong plastik diatas meja nakas.
"Sekarang makan, tubuh lo ini butuh energi"
"Aku nggak apa-apa kok kak"
"Jung Aera plis..." Hawa nya jadi beda ketika kak Jaemin nyebut nama lengkap gue.
"Lo nggak makan nasi selama lima hari, wajah lo pucat, badan lo lemas dan gemetaran, terus asam lambung lo juga naik. Dan lo bilang lo nggak apa-apa?"
Gue diam nggak berani jawab.
"Sekarang milih makan atau gue telpon bang Jaehyun bilang kalau lo lagi terbaring di UKS sekolah?"
"Ih kok ngancem sih?!"
"Bukan ngancem, tapi ini demi kebaikan lo sendiri. Sekarang pilih diantara dua hal itu?"
Kok kak Jaemin jadi gini sih? Bikin gue takut aja.
"Iya iya. Aku milih makan, jangan bilang apa-apa sama keluarga aku"
Dan akhirnya gue makan nasi lagi setelah lima hari, dihadapan kak Jaemin yang mengamati gue dengan lamat.
——
Ily✨
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku, Kamu, dan Timbangan.
Teen Fiction[SELESAI] Ketika timbangan berat badan menjadi tolak ukur untuk standar kecantikan. Rinai senja, April 2021.