15. Sekolah Lentera.

2.2K 533 18
                                    

Diatas boncengan motor Supra milik kak Jaemin juga helm bogo yang terpasang dikepala, seperti orang celingukan gue memandang kesekitar. Motor kak Jaemin masuk kesebuah gang perkampungan.

Rumah-rumah saling berdempetan, gambar dan cat warna-warni memenuhi dinding gang. Ibu-ibu rumah tangga yang sedang duduk berkumpul didepan rumah, juga anak-anak kecil yang asik berlarian.

Kak Jaemin membawa motornya dengan pelan, sesekali membunyikan klatson motor untuk menyapa para warga sekitar. Semakin lama motor kak Jaemin mengarah kesuatu tempat yang berbeda dibanding sebelumnya.

Tumpukan sampah dimana-mana yang baunya sedikit menusuk hidung. Rumput-rumput ilalang tinggi mulai memenuhi sepinggiran jalanan.

Selama perjalanan gue diam nggak nanya sama sekali kak Jaemin mau bawa gue kemana, hari ini hari Sabtu siang dan kak Jaemin tiba-tiba aja ngajakin gue kesuatu tempat yang katanya adalah salah satu tempat favorit kak Jaemin buat ngabisin waktu. Awalnya gue nggak mau ikut, tapi karena tiba-tiba aja Kak Jaemin udah ada didepan rumah ditambah paksaan dari bang Jaehyun mau nggak mau gue ikut juga. Gue itu malas kalo dekat kak Jaemin dia senang banget ngodain gue, ingat kan kejadian dirumah neneknya waktu itu?

"Ndut.." panggil kak Jaemin dari balik helm.

Gue ngedeketin wajah ke pundak kak Jaemin.

"Iya, apa?"

"Manggil doang, soalnya dari tadi kaga bunyi-bunyi"

Gue cuma senyum dan gue lihat dari kaca spion kak Jaemin juga senyum. Duh kok manis?

Setelah perjalanan satu jam lebih dari rumah, kita akhirnya sampai. Kak Jaemin parkirin motor nya disebelah motor yang nggak terlihat asing dimata gue.

Sebuah tempat rel kereta api yang udah nggak terpakai lagi. Dapat dilihat ada beberapa rumah pemungkiman disini, dan jika ditelisik lebih jauh sebenarnya tempat tinggal itu jauh dari kata layak buat dihuni.

"Ayok" ajak Kak Jaemin.

Gue ngekor kak Jaemin dari belakang, ada banyak bebatuan bekas bangunan yang bertaburan. Gue juga nggak tau apa maksud kak Jaemin bawa gue kesini, yang katanya tempat ini salah satu tempat favorit nya. Yang iya aja tempat kaya gini dijadiin tempat favorit.

Tampilan kak Jaemin hari ini juga rapi celana jeans hitam terus atasan baju kemeja, kak Jaemin juga pake jaket. Jangan lupakan tas sandang hitam dipunggung yang gue nggak tau apa isinya.

Kak Jaemin berjalan didepan sana hanya berbeda beberapa langkah dari gue, dia berjalan kearah gedung bekas apa gue nggak tau tapi yang jelas gedung itu udah hancur sebelah bahkan untuk atap aja hanya sisa setengah.

Tapi semakin gue melangkah masuk ngikutin kak Jaemin ada banyak botol-botol plastik warna-warni tergantung dengan rapi. Ada yang dibuat dengan bentukan bunga ada juga yang dibuat jadi kincir angin. Bahkan juga ada ban mobil bekas yang udah diwarnai dibuat jadi pot bunga.

"Halo semua nya...."

"Hore Kak Jaemin datang"

Gue berhenti melangkah. Saat ini ada sebuah pemandangan menarik sekaligus mengharukan. Kak Jaemin membungkuk dengan anak-anak kecil yang memeluk tubuhnya secara bersamaan. Wajah kak Jaemin kelihatan kaya bahagia banget waktu meluk mereka dan ngusap kepala anak-anak itu satu persatu.

"Woi datang juga lo akhirnya, anak-anak udah nungguin dari tadi"

"Maaf-maaf tadi jalanan macet parah. Anak-anak Maafin kak Jaemin datangnya telat ya"

"Gimana mau nggak maafin kak Jaemin yang udah datang telat?" Tanya kak Renjun ke anak-anak itu.

"Iya kita maafin"

"Yang penting sekarang kak Jaemin udah datang"

"Kita udah nggak sabar buat belajar hari ini sama Kak Jaemin dan kak Renjun"

Senyum dibibir gue belum luntur sama sekali ngelihat bagaimana manis nya interaksi kak Jaemin dan kak Renjun sama anak-anak itu. Sekarang gue tau kenapa kak Jaemin bilang tempat ini sebagai tempat favorit dia.

Mata gue melihat sebuah bingkai pintu yang tidak ada dinding sama sekali disisi nya—yang dilewati sama anak-anak dengan tulisan "Sekolah lentera"  diatasnya.

"Ayo masuk, jangan cuma bengong nanti kesambet" kak Jaemin udah muncul lagi didepan gue.

Kenapa sih ini orang nggak ketebak banget hidup nya? Nanti kalau gue jadi suka gimana? Suka sama kak Jeno aja udah riweh masa mau ditambah suka sama Kak Jaemin juga?

"Jadi ini salah satu tempat favorit kakak?"

Kak Jaemin ngangguk. "Lebih tepatnya orang-orang yang ada disini ngebuat tempat ini jadi favorit buat gue. Ayo masuk, gue kenalin sama anak-anak"

Kak Jaemin ngulurin tangannya dan gue sambut dengan senang hati. Ternyata manusia satu ini dan semesta sama aja ya, sama-sama nggak bisa ketebak.

"Hai Ra" Sapa kak Renjun begitu kak Jaemin ngebawa gue masuk. Gue senyum canggung ke kak Renjun.

"Hai juga kak"

"Nggak usah canggung santai aja, gue orang nya asik kok"

"Hehe..iya kak"

"Anak-anak kenalin ini teman kak Jaemin sama Kak Renjun" kak Jaemin ngenalin gue ke anak-anak yang udah duduk dengan rapi meski dengan kursi dan meja seadanya, gue hitung-hitung ada total enam belas anak.

"Halo semuanya kenalin nama aku Aera, senang bertemu dengan kalian semua" gue melambai gue senyum lebar.

"Semuanya bilang apa?" Ucap kak Renjun.

"Halo kak Aera, senang juga bertemu dengan kakak" ucap mereka kompak dengan nada penuh ceria. Sumpah bertemu sama mereka bikin mood gue jadi nambah.

"Kakak Aera imut"

"Iya cantik juga"

Gue senyum salah tingkah. Baru kali ini lho gue ketemu anak kecil nggak diejek soal bentuk badan gue, biasanya ketemu anak kecil pasti mereka pada manggil gue kakak gendut atau apalah itu.

"Cie yang dipuji cantik" bisik kak Jaemin ke gue. Yang gue balas dengan senggolan di lengannya.

Gue duduk disalah satu bangku yang nggak dipake, ngelihat bagaimana semangatnya kak Jaemin sama Kak Renjun ngajarin anak-anak itu belajar dengan sabar dan ikhlas. Senyum bahkan nggak pernah hilang dibibir mereka sewaktu mengajar.

Padahal mereka sama sekali nggak dibayar sepeser pun buat ngajar anak-anak ditempat yang mereka namai sekolah lentera, tapi dengan ikhlas dan inisiatif mereka sendiri melakukannya. Ternyata didunia ini masih ada banyak orang baik dan masih butuh orang baik.

Ngelihat bagaimana kak Jaemin sama Kak Renjun ngajar ngebuat gue yang ngelihat nya ikut bahagia. Jadi selama ini gue terlalu salah tangkap apalagi soal Kak Jaemin, gue kira kak Jaemin orang nya cuma tau isengin gue dan lenyeh-lenyeh kaga jelas doang. Tapi ternyata gue salah, karena pada kenyataannya untuk menilai seseorang tidak hanya cukup melihat dari luarnya saja.


——
Ily

Aku, Kamu, dan Timbangan.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang