Rasanya enggan untuk pergi meninggalkan kota Jakarta. Terlalu banyak kenangan yang tercipta di dalamnya. Lahir dan tumbuh besar di sini, kemudian pergi meninggalkannya untuk waktu yang tidak sebentar. Bagi gue Jakarta bukan hanya sekedar kota, tapi lebih dari itu.
Gue mengedarkan pandangan menatap ke sepenjuru kamar yang sebentar lagi akan gue tinggalkan. Gue menghela napas dan menyakinkan diri kalau semua pasti bakal baik-baik saja. Lagian setiap libur semester gue pasti pulang ke Jakarta.
Pukul tiga kurang sore hari kita semua berangkat ke bandara, karena pesawat keberangkatan gue akan terbang pukul empat sore. Tidak banyak bawaan yang gue bawa, hanya dua koper besar dan satu tas ransel. Selama perjalanan kak Chaeyeon selalu memeluk lengan gue. Dalam hati gue tau jika kak Chaeyeon sedikit tidak rela untuk gue pergi.
Sesampainya di bandara, setelah memarkirkan mobil kita semua duduk di kursi tunggu. Gue tiba-tiba terkekeh melihat wajah bang Jaehyun yang sedari keluar rumah sudah tertekuk, selama di mobil tadi pun bang Jaehyun mendadak menjadi orang yang pendiam.
"Diam-diam baek, ngomong-ngomong dong" Dengan usil gue menyenggol lengan bang Jaehyun. Tapi respon yang dia berikan hanyalah helaan napas. Kemudian bang Jaehyun memeluk tubuh gue erat.
"Dek nggak usah kuliah di jogja ya, kuliah di sini aja biar abang bisa jagain. Kalau di jogja abang nggak bisa jagain adek" Gue tersemyum di balik ceruk leher bang Jaehyun. Sudah gue duga jika bang Jaehyun pasti bakal ngomong kaya gini.
"Kemarin aja teriak-teriak kesenangan waktu tau adek lulus UGM. Kok sekarang tiba-tiba ngelarang sih" Bang Jaehyun semakin mengeratkan pelukan medengarkan ucapan gue.
"Itu kemarin. Sekarang udah berubah"
Kita semua terkekeh. Gue kira kak Chaeyeon yang bakal jadi orang yang nggak rela buat gue pergi ke Jogja, ternyata malah bang Jaehyun.
"Setiap libur semester adek pasti pulang ke Jakarta kok. Abang pun bisa datang ke Jogja kalau udah rindu berat sama adek. Ayolah, masa abang tega batalin kuliah adek yang sudah adek perjuangin mati-matian buat ngedapatinnya" Tangan gue tergerak mengusap punggung lebar bang Jaehyun.
"Janji ya selalu telepon abang tiap hari" Pelukan di lepas. Bang Jaehyun menyodorkan jari kelingkingnya.
"Iya janji" Pun gue ikut menautkan kelingking kita berdua.
"Nanti pas udah nyampe ada pakde sama bukde yang jemput adek di bandara. Jangan lupa langsung telepon pas udah ketemu bukde sama pakde nya ya." Gue mengangguk mendengar ucapan Papa. Selama di Jogja nanti gue akan tinggal di rumah pakde yang merupakan kakak papa yang pertama.
"Kalau kekurangan uang langsung telepon. Mama nggak mau dengar kabar kalau adek kerja atau minjam uang teman. Kalau ada apa-apa langsung ngomong sama pakde dan bukde, mereka yang akan menjadi orang tua adek selama di sana. Paham kan?" Ucap mama panjang lebar sambil merapikan rambut gue.
"Iya mama ku sayang cinta ku sayang" Jawab gue kemudian mencium pipi mama kiri kanan. Gue beralih menatap kak Chaeyeon, pas gue tatap matanya tiba-tiba kak Chaeyeon malah nangis. Bukannya ikut sedih, gue malah ketawa.
"Ih kok nangis sih. Adek kan pasti pulang, bukan tinggal di jogja selamanya"
Bibir kak Chaeyeon cemberut. "Pasti rumah jadi sepi nggak ada adek"
"Nggak bakal. Noh masih ada bang Jaehyun, ajak aja gelud tiap hari pasti rumah jadi rame"
Tubuh gue di peluk. "Nggak mau Jaehyun, mau nya adek"
"Oh gitu. Serius nggak mau gue? Ya udah gue juga ikutan pergi ah"
"IH JANGAN!" Sontak kita sekeluarga tertawa. Ah, gue pasti bakal rindu banget suasana rumah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku, Kamu, dan Timbangan.
Novela Juvenil[SELESAI] Ketika timbangan berat badan menjadi tolak ukur untuk standar kecantikan. Rinai senja, April 2021.