BAB XI - BULETIN GEMILANG

53 28 2
                                    

GEMILANG

BULETIN SMA KHATULISTIWA PERSADA

TERBIT TIAP BULAN

ADA HANTU DI SEKOLAH !

Oleh : Mikha Hakiki

Pernahkah kalian menonton film horor dengan setting sekolah? Itu udah biasa. Tapi pernah gak kalian bayangin kalo tempat-tempat berhantu itu ada di sekolah kita?

SMA kita yang tercinta ini bangunannya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Berdasar interview dengan narasumber kita, Pak Bon, penjaga sekolah, bangunan SMA ini dulunya adalah gedung yang digunakan para Belanda untuk bersembunyi dari kejaran Jepang. Sebelum digunakan untuk tempat persembunyian, gedung sekolah kita dulunya hanya gudang penyimpanan pabrik beras.

Ketika Jepang masuk ke Indonesia, banyak sekali orang-orang Belanda yang dibantai begitu saja. Sebagian yang beruntung, bisa kembali pulang ke negaranya. Sebagian lainnya tertangkap. Yang pria dilucuti senjatanya dan di siksa. Sedangkan perempuan dan anak-anak dikumpulkan dan disiksa dalam tempat yang kondisinya sangat mengenaskan. Rasanya lebih baik mati daripada harus disiksa macam itu. Sebagian lainnya memilih untuk bersembunyi dan saling menguatkan satu sama lain.

Di gudang penyimpanan beras inilah, para Belanda yang selamat bersembunyi. Kebanyakan wanita dan anak-anak. Mereka saling menolong agar tetap bertahan hidup. Hingga akhirnya tempat persembunyian mereka terbongkar dan matilah mereka ditangan dingin para serdadu Jepang. Beberapa bahkan disiksa dulu sebelum ajal menjemput.

Setelah Indonesia merdeka, bangunan ini sempat direbut pribumi dan kembali difungsikan menjadi tempat penyimpanan beras. Hingga pada tahun 1980an, seorang pejabat membelinya dan direnovasi bangunan ini menjadi sekolah. Lengkap dengan pabriknya. Itulah sejarah berdirinya bangunan SMA kita.

Tapi siapa yang mengira bahwa arwah-arwah bekas pembantaian itu masih ada disini? Adakah dari kalian yang pernah mendengar, atau bahkan melihat, suara anak kecil sedang berlarian di lorong dan di dalam kelas? Pernahkah kalian melihat suster muka rata di UKS? Berikut, Gemilang ulas sepenuhnya tentang kabar hantu di sekolah.

1. Hantu parkiran

Kita mulai dari yang paling depan nih, gengs. Menurut penuturan Pak Bon, dulu sekitar tahun 98, ada seorang murid yang amat disayang guru maupun teman-temannya. Dia juga ditunjuk jadi ketua OSIS. Dia selalu datang pagi dan memarkir sepedanya di parkiran paling pojok. Secara tidak langsung, kawan-kawannya pun merasa bahwa parkir pojok itu miliknya. Sayangnya, ketika terjadi tragedi di bulan Mei 98, murid itu tanpa sengaja ikut jadi korban biadabnya kerusuhan. Ia hanya tinggal nama. Parkiran itu jadi kosong. Beberapa kali ada murid yang menaruh sepedanya disitu, tapi selalu pulang dalam keadaan ban gembos. Karena sudah banyak korban gembos, maka dari itu parkiran pojok ini diberi tanda X agar tidak diisi. Supaya tidak ada ban motor lain yang menjadi korban.

2. Hantu lorong

Mulai masuk kedalam gerbang sekolah, kadang sering terdengar suara anak-anak kecil sedang berlarian. Kadang pula anak-anak itu menunjukkan wujudnya yang imut dalam baju sailor. Kalau lagi apes, yang mereka perlihatkan bukan lagi wajah biasa, tapi wajah setelah kematian. Ada yang dahinya bolong kena peluru, adapula yang matanya hilang. Masih pengen punya anak bule? Adopsi mereka aja!

3. Hantu Kamar Mandi

Kalau misteri yang satu ini, sungguh bikin kita miris akan bebasnya pergaulan remaja. Dulunya ada seorang siswi kelas XII yang 2 minggu lagi akan mengikuti UNAS. Suatu hari siswi itu izin ke kamar mandi dengan alasan sakit perut. Tapi setelah satu jam, siswi itu tidak juga kembali ke kelas. Teman sebangkunya yang khawatir akhirnya minta izin untuk memeriksa keadannya. Satu-satunya bilik yang terisi hanya di sebelah pojok, itupun dalam keadaan terkunci. Setelah melapor pada guru dan dibantu beberapa siswa, bilik pojok itu didobrak dan siswi itu ditemukan dalam keadaan tak bernyawa dengan bersimbah darah. Diperkirakan siswi tersebut aborsi dan mengalami pendarahan. Di saat-saat tertentu, kadang kamu bisa mendengar suara tangisan bayi dan suara perempuan sedang menyanyikan lagu ‘tak lelo ledung’ dari bilik pojok.

4. Hantu UKS

Hayo, yang suka bolos pura-pura sakit di UKS, jangan seneng dulu. Sebab ada juga hantu suster muka rata disini. Berdasar pengalaman beberapa siswa, ketika mereka lagi rebahan di kasur, ada yang suka memegang dahi mereka. Tak hanya memegang dahi, orang itu juga menekan perut dan ulu hati, serta menyentuh pergelangan tangan seperti mengukur nadi. Gak jarang para kaum rebahan jadi terbangun karena sentuhannya. Dan ketika mata terbuka, yang terlihat adalah sesosok perempuan berpakaian suster tapi nggak ada mukanya! Konon, suster itu adalah salah satu perempuan Belanda yang ikut bersembunyi dan dibantai Jepang dengan cara diseret hingga wajahnya hancur.

5. Hantu Bolpoin Jatuh di Perpustakaan

Hantu ini kayaknya lagi hits. Nggak Cuma di perpustakaan sekolah kita, tapi juga di perpustakaan lainnya. Guys, kalian pada tau kan kalo perpus di sekolah kita buka sampe jam 3 sore? Kejadian yang katanya pernah dialami salah satu siswi di sekolah kita yang nggak mau disebutkan namanya ini terjadi sekitar jam 2 siang. Waktu itu sekolah udah lumayan sepi karena banyak yang sudah pulang. Siswi itu lagi garap tugas seperti biasa. Penjaga perpus ngingetin kalo 10 menit lagi perpusnya tutup dan beliau pamit mau ke kamar mandi. Siswi itu mikir, santai aja, toh masih ada satu siswa lagi yang masih asik baca buku di meja depannya. Tanpa sengaja, siswi ini menjatuhkan bulpennya. Ketika hendak mengambil bulpennya di lantai, siswi ini melihat bahwa siswa didepannya nggak ada kakinya! Panik, siswi ini lalu segera berkemas. Siswa yang dari tadi membaca buku itu lalu bertanya, “mau kemana?”. Siswi ini pun menjawab dengan gemetaran, “mau pulang udah sore”. Kemudian sosok tanpa kaki itu menyahut, “udah sore atau udah tau?”. Bisa dipastikan siswi tersebut langsung lari tunggang langgang keluar perpustakaan.

Nah, itu tadi 5 tempat di sekolah kita yang katanya berhantu. Tim Gemilang sendiri sempat melakukan penelusuran di malam hari. Ada sebuah kejadian ganjil yang kami alami yang cukup membuat bulu kuduk berdiri sampai ngompol dicelana! Penasaran bagaimana penelusuran kami? Langsung aja check video kami di web Majalah Siswa, ya!

Kalian tau tempat lain yang juga serem di sudut sekolah ini nggak? Atau kalian juga pernah mengalami kejadian seram di sekolah kita? Kalo ada, kirim komentar kalian ke tim Buletin Gemilang di sekre Masis, ya!

Pojok Komentar

Dulu pernah bolos di kantin belakang. Tiba-tiba ada sosok guru killer muncul dan menghukum kita bersihin WC siswa selama seminggu! Itu guru emang nyeremin banget! Lebih serem dari penunggu manapun di sekolah ini!
(A, kelas dirahasiakan)

Aku pernah juga tuh ngalamin kejadian horor waktu lagi pondok ramadhan. Seperti biasa tim rohis pulang belakangan abis tarawih. Waktu lagi ngebersihin masjid, tiba-tiba ada suara air dari tempat wudhu. Pas kita cek, ternyata kosong. Tiba-tiba ada yang teriak di dalem masjid. Ternyata ada yang kesurupan. Pas kita bacain ayat kursi, yang kesurupan bukannya kepanasan malah ketawa dan ngebenerin tajwid kita, terus ikut baca ayat qursi dengan pelafalan yang jauh lebih baik!
(Putri, XII-IPA-1)

Saya sering kehilangan uang gorengan di kantin. Saya ingat, sekali goreng bisa jadi dua puluh tahu isi. Tapi di kotak Cuma ada uang sebanyak tiga belas tahu isi. Mereka-mereka yang beli lima bilang dua memang setan!
(Pak Hisom, penjual kantin)

Catatan Kecil MikhaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang