Halo geng...
Terima kasih sudah membaca Catatan Kecil Mikha sampai akhir. Novel ini aku ikutkan di event menulis Candu Kafein sejak maret kemarin dan berakhir hari ini tgl 15 mei 2021. Menulis Mikha merupakan tantangan tersendiri buat aku, karena selama ini aku TIDAK PERNAH menyelesaikan apa yang sudah aku tulis. Jadi rasanya PUAS banget waktu akhirnya kisah Mikha bisa selesai. Menang itu bonus. Setidaknya, dengan BERANI MENCOBA mengikuti event, kita udah selangkah lebih maju.
By the way, Mikha ini laki2 loh. Beberapa komentar mengira Mikha ini cewek yg juga re-presentasi dari diriku sendiri. Padahal enggak. Mikha itu cowok, rek 😂 ternyata menulis dari sudut pandang gender yang berbeda itu susah. Jatohnya banyak yg ngira Mikha ini cewek. Padahal aku pengen membuat karakter Mikha si cowok cupu yg sensitip kayak testpack, sedikit memberontak dan berubah menjadi sesosok yang lebih pede dan tau apa tujuan yg dia mau. Karena umur2 17th segitu emang lagi proses pencarian jati diri.
Dari kebanyakan wattpad remaja yang aku baca, ternyata para authornya usianya juga masih sangat belia. Untuk menulis Mikha, aku harus menggali kembali ingatanku ke sekitar 15th yg lalu, saat aku masih sekolah. Ditambah sedikit googling tentang teknologi di tahun 2012 yg netizennya mungkin belum se barbar sekarang. Sayangnya aku lupa menulis hal yang paling penting soal 2012 : KIAMAT.
Harusnya alasan kuat Mikha ingin cepat-cepat ketemu Ahmad Barbar, ayah kandungnya, adalah supaya tidak ada penyesalan dan rasa penasaran tuntas karena sebentar lagi kiamat.
Terlepas dari itu, kebanyakan cerita remaja juga berusaha memvisualisasikan para tokohnya dengan idola korea mereka. Ngga heran, sih, generasi jaman sekarang kan kebanyakan suka K-pop. Apalah aku yang setengah tua ini, ngga tau apa-apa soal Kpop. Satu2nya hal berbau korea yang aku tau cuma SAMSUNG.
Karena aku sudah setengah tua dan ngga ngerti apa2 soal artis korea, jadi aku akan memvisualisasikan tokoh2 yg ada di novel ini pake artis Indonesia. Lha yaopo maneh, rek, wong aku wong Indonesia. Lak aku wong jepang paling tokoh2e tak isi kakek Sugiono, sora aoi ambek maria ozawa.
Berhubung aku wong Indonesia, jadi inilah visualisasi tokoh2nya...
Geng Bangku Pojok est 2012
Ardan dan CB nya 2012
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Kecil Mikha
HumorMikha hanya seorang siswa biasa dengan nilai akademik biasa dan hidup biasa yang cenderung monoton. Hingga suatu hari ia ikut ketiga kawannya bolos jam upacara dan mendapat hukuman menulis. Dari situ akhirnya ia mulai menemukan hasratnya dibidan tul...