08. Cerita Jeno

563 89 3
                                    

"Jaemin, pernah hampir mati kedinginan karena duduk di bawah shower pake air dingin, tengah malem dan hampir setengah jam dia kayak gitu. Cuma buat nangisin kamu. Itu juga untung aku ke kamarnya buat ngecek dia, kalau enggak aku gak tau besoknya Jaemin bakal gimana"

Jeno ingat jelas ucapan Xiyeon saat itu. Padahal sejak dulu Jaemin anti mandi malam dengan air dingin apalagi sampai setengah jam seperti itu. Pernah waktu itu Jaemin meminta agar mandi air dingin saat pulang jalan-jalan, katanya kalau pakai air hangat gak akan seger. Taunya pagi-pagi udah menggigil aja dia.
"Papa"

"Hm?"

"Aku.. nyusahin ya sekarang?"

"Kalau emang nyusahin, papa gak akan mau begadang kayak gini cuma buat nemenin kamu."
Jaemin menatap Jeno yang malah fokus bermain game, sesekali berteriak karena menang. "Kamu.. dititipin sama Tuhan buat papa sama mama. Cuma orang bodoh yang malah bikin sakit titipan Tuhan padahal seharusnya dijaga baik-baik"

"Kalau ingin punya anak, harus siap juga buat ngurus nya. Masih banyak yang gak mau ngurus karena masih pengen senang-senang sama dunianya. Kalau kayak gitu buat apa pengen punya anak, yang ada anaknya harus sakit hati terus"

"Terus kenapa waktu itu papa harus pergi? Harusnya papa kan dengerin aku kenapa tetep pergi!? Papa kan bisa batalin kerjasamanya karena-"
Ucapannya terhenti kala ia sadar jika dirinya berkata yang seharusnya tidak dikatakan pada Jeno dalam urusan pekerjaan ayahnya itu,
"Maaf"

Jeno tersenyum tipis, menaruh ponselnya dan menatap Jaemin. "Papa bisa aja gitu.. cuma waktu itu sahamnya lagi turun, sayang kalau gak disetujuin. Kamu juga pasti paham kenapa papa bekerja sekeras itu kan?"

"Gak usah dipikirin lagi, papa udah ada disini. Yang lalu gak usah diingat-ingat lagi"

***

"Jangan macem-macem lagi, jangan bikin kesehatan kamu terganggu. Sakit itu gak enak tau, kamu pengen dirumah sakit terus?"

"Enggak lah"

"Ya makanya jangan sakit"
Jaemin menatap Jeno heran saat ayahnya itu malah mengajaknya untuk menaiki bis. "Mau kemana? Bukannya mama nyuruh pulang?"

"Udah gak usah bilang-bilang. Kita jalan-jalan sebentar"
Jaemin hanya diam saat Jeno menyuruhnya duduk. Pandangannya menatap ke arah jalan, sebenarnya masih gugup hanya untuk duduk di dalam bis seperti sekarang. Genggaman tangan Jeno membuat Jaemin menoleh sebentar, paham dengan apa yang Jeno maksud. "Mau kemana?"

"Dibilang jalan-jalan.. udah ikut aja gak usah banyak tanya"

***

D

itatapnya Jeno penuh tanya kenapa ayahnya itu tiba-tiba mengajaknya ke pantai ya walaupun memang dirinya juga sedang ingin jalan-jalan.
"Papa.. mau kemana?"

"Papa lagi kangen duduk berdua di pantai sama anak papa"
Ini idenya sejak tadi malam. Mark bilang kalau mungkin cerita berdua bisa bantu Jaemin buat lewatin rasa takutnya daripada harus bantuan tangan orang lagi.
Jeno itu sudah seperti obat bagi Jaemin begitupun sebaliknya dan kemungkinan Jaemin bisa lebih terbuka bercerita dibandingkan pada orang lain.

"Udah lama banget ya, gak jalan-jalan berdua kayak gini.. sampai malem terus dimarahin mama"

"Waktu itu, papa pengen banget cepet-cepet pulang. Cepet-cepet ngasih tau kalau sebenernya papa masih ada buat kamu, buat mama sama yang lainnya. Tapi ternyata pengobatannya lebih lama dari yang papa pikirin. Kemana-mana harus pake kursi roda.. gak enak"

"Tapi sekarang.. kan udah ketemu. Sama orang yang paling pertama papa temui setelah lama sekali"Jeno menyunggingkan senyum tipis, menatap Jaemin yang hanya diam disebelahnya. Suara deburan ombak menjadi teman diantara mereka, menjadi pengganti topik disaat keduanya tidak tau harus bicara apa. Padahal masih sama, Jeno dengan Jaemin, ayah dengan anaknya tapi rasanya canggung sekali.
"Padahal masih sama.. duduk disini, sama anak papa.. tapi rasanya canggung banget. Apa karena kamu udah besar ya? Dulu kamu banyak tanya"

"Kenapa air laut itu asin, kenapa air gak ada warnanya, kenapa kepiting jalannya ke samping.. tapi sekarang saling diem kayak gini. Aneh rasanya"

Bukan Jaemin tidak mau menjawab semua ucapan Jeno, sejak tadi dia mati-matian menahan tangisannya. Bisa disini lagi dengan Jeno adalah harapannya dulu saat semua orang beranggapan jika Jeno itu sudah tidak ada. "Sekarang tingginya malah udah sama.. cepet banget ya? Padahal papa masih kangen gendong kamu tiap malem karena gak bisa tidur"

"Aku... Takut.."

"Sama. Papa juga takut. Takut kalau ini cuma rekayasa aja buat bikin kamu seneng. Takut kalau sebenernya papa emang udah gak pernah bisa duduk disebelah kamu lagi kayak sekarang.
Tapi semakin papa takut, semakin besar juga rasa percaya kalau ini emang nyata. Tuhan yang masih ngasih kepercayaan sama papa buat jaga kamu sampai lebih dewasa lagi. Jangan irit ngomong lagi, kalau ada masalah cerita sama papa mulai sekarang. Gak adil kalau cuma papa doang yang banyak cerita"

"Tanpa harus diceritain juga papa udah tau.."

"Gak juga. Papa gak tau apa yang ada di dalam diri kamu setiap takut. Cerita, biar papa tau seperti apa rasa takut yang kamu alami itu.."

"Entahlah.. setiap naik mobil selalu inget mobil papa. Mungkin kalau aku gak liat itu aku gak bakal setakut sekarang. Selalu aja ada pikiran kalau naik mobil hal yang sama bakal terjadi, kayak beranggapan kalau naik mobil bakal ada di kejadian yang sama juga. Ternyata, naik sepeda juga kayak gitu.."

"Kita gak pernah tau apa yang bakal kita hadapi kedepannya, entah baik-baik aja atau lagi gak beruntung. Tapi kalau nyalahin orang lain atau Tuhan juga gak bakal ngebantu sama sekali. Bukannya papa pernah bilang kalau Tuhan bakal tetap ada disaat semuanya gak berpihak sama kita?

Waktu itu juga yang papa inget kamu.. papa mikirin gimana kamu nantinya kalau papa gak ada, gimana kamu kedepannya kalau cuma ada mama.. disitu papa minta sama Tuhan, minta buat jagain kamu sampai papa bisa lanjut jagain lagi. Minta kalau itu sebenarnya cuma istirahat sebentar karena papa terlalu keras kerja, bukan istirahat buat waktu yang lama.

Pas bangun, papa seneng banget.. doa papa didenger, masih dikasih kesempatan buat nemenin kamu.
Tapi pas denger kamu harus luka juga, disitu malah bikin papa nyalahin Tuhan karena doa papa buat minta tolong jagain kamu belum dikabulin sepenuhnya. Tapi papa mikir lagi, kalau papa nyalahin Tuhan.. siapa yang bisa bantu papa buat tolongin anak papa yang lagi berjuang buat sehat lagi.
Sekarang, dia udah sehat lagi. Tapi malah luka yang papa kasih karena sempet ninggalin dia. Sekarang papa udah ada, jadi gak usah takut lagi kalau orang-orang gak ada yang denger cerita kamu. Papa bakal selalu jadi pendengar terbaik buat semua cerita kamu setiap harinya"

[]


Maaf ya kalau aku ada salah atau bikin kalian tersinggung secara sengaja atau tidak..
Mohon maaf lahir dan batin muach(ʃƪ^3^)

Dari Nathan, jodohnya Felix, kalau gak sama Felix juga gak apa-apa, sama Jeno aja.

Call Him Nana vol.2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang