Weekend kembali datang. Hari yang dinanti untuk melepas penat setelah kerja dan sekolah, pun datang. Namun masalahnya, si empat serangkai ini lagi galau. Bukan, lebih tepatnya si sulung yang sedang galau berat.
"No, tumben galau." Lia datang dan duduk di samping kembarannya itu.
Ia mengotak-atik acara tv yang sangat membosankan diliburan seperti ini. Dengan ditemani satu cup ice cream rasa vanilla kesukaan nya.
"Menurut lo selama ini gue peka nggak?" Tanya Jeno lirih.
"Hah?"
Tuh kan. Lia mana denger omongan Jeno barusan yang kayak orang gumam.
"Selama ini gue peka nggak sih jadi orang?" Tanya Jeno lagi.
"Sebagai abang, lo tuh peka banget sama Adek-adek lo. Tapi yang lo maksud peka itu, peka yang gimana?" Tanya Lia kepo.
Jeno terdiam. Jujur saja Jeno itu orangnya tertutup. Semua masalahnya ia pendam sendiri tanpa mau membaginya ke teman atau bahkan ke saudara-saudaranya. Padahal ketiga adiknya selalu curhat ke dia, meminta solusi ke Jeno. Tapi kenyataannya dia sendiri tidak bisa memahami dirinya.
"Masalah cewek?" Tebak Lia yang membuat Jeno terkejut.
"Kok lo tau?"
"Hilih, urusan percintaan lo satu sekolah juga tau kali! Gue sebagai adek lo tuh kadang gedek banget sama lo yang gak peka sama Orlin. Dia tuh kurang apalagi coba? Cantik? Plus plus malah. Baik? Banget. Kaya? Apalagi. Pinter? Langganan OSN sama kayak lo." Cerocos Lia.
Jeno diam sambil mencerna kalimat dari Lia. Meski sedikit bingung, karena ia memang bodoh dalam masalah percintaan. Kalau bisa memilih, lebih baik Jeno diberi soal matematika tersulit dibandingkan dengan percintaan.
Lia menepuk pundak Jeno, "Bang, sudah saatnya lo netapin hati lo buat siapa. Lo bebas ngungkapin perasaan lo ke orang yang lo cintai. Gue juga tau kalo sebenarnya lo juga suka sama Orlin. Tapi lo selalu ngehindar dari dia. Lo gak kasihan sama Orlin yang tiap hari selalu ngejar-ngejar lo? Kasihan loh bang, anak orang lo PHP in."
"G-gue gak tau caranya." Cicit Jeno malu-malu. Ya jelas malu dong dia. Baru kali ini cuy dia kepikiran soal beginian.
"Gue mau bantu, tapi sorry gue ada janjian sama Haruto. Tuh, orangnya udah jemput." Lia menunjuk ke pintu.
Disana berdiri Haruto dengan tampang cool nya. Mana tuh cowok dateng udah rapi banget, sementara Lia udah kayak macan habis ngamuk. Kan ini tadi ceritanya Lia baru bangun tidur, terus dengerin curhatan Jeno.
"Jen, gak keluar lo?" Tanya Haruto setelah dipersilahkan masuk Jeno.
"Cara ngungkapin perasaan tuh gimana sih, To?" Tanya Jeno random.
Dasar Jeno, ditanya bang Haruto apa jawabnya apa. Kan si Haruto jadi bingung sendiri.
"Lo kok tanya gue sih, bro. Noh, adek lo aja masih gue gantungin. Bingung juga gue ngomongnya gimana." Cerita Haruto.
Jeno mencibir Lia dalam hati. Tadi aja sok-sokan nasehatin dia, tapi dirinya sendiri juga masih digantungin orang.
"Bang, kita pergi dulu." Pamit Lia.
"Oh iya, Jen, kenapa lo gak tanya sama Jaemin aja? Dia kan bandar bucin." Celetuk Haruto.
Oh iya ya, kenapa gue gak kepikiran ya—gumam Jeno.
Idih kang Tisna kali ah yang ngomongnya kayak gitu. Dengan kecepatan kilat, Jeno menemui Jaemin di kamarnya. Dia melihat adik laki-lakinya itu sedang main game.
"Jaem."
"Eh lo, Jen, masuk aja." Respon Jaemin tanpa mengalihkan matanya dari permainan nya.
Jeno terdiam. Entah kenapa otaknya tiba-tiba buntu disini. Apa benar adanya dengan omongan Haejin kalo kamar Jaemin ini pembawa sesat.
"Ekhem, Jaem, gue mau nanya." Kata Jeno penuh percaya diri.
"Yaelah nanya kok sama gue, ke mamah dedeh aja Jen." Balas Jaemin ngawur.
TAKK!
Jeno menjitak kepala Jaemin tanpa rasa bersalah. Toh dia juga kesel karena diberi respon yang tidak serius. Padahal kan Jeno ngebet pengen seriusin anak orang. Hehe
"Apa sih, Jen?" Jaemin meletakkan stick game nya.
"Gue mau minta solusi sama lo buat nyatain perasaan ke cewek." Cerita Jeno.
Jaemin melongo, bahkan rahangnya serasa kau jatuh sekarang. Sejak kapan kakak terpintarnya ini punya niatan nembak cewek? Wah, Jaemin ketinggalan berita nih.
"Gak salah lo, Jen?" Tanya Jaemin tak percaya.
Jeno mengangguk, "Please, tolong gue Jaem. Apapun yang lo minta gue jabanin deh."
"Oke deal! Tapi lo harus turutin semua perintah gue." Ucap Jaemin.
"Iya."
"Peraturan pertama lo harus manggil gue pak guru Jaemin yang ganteng." Ucap Jaemin disertai dengan senyum manisnya.
Jeno membelalakkan matanya. Ini mah namanya pemaksaan. Tapi mau gimana lagi. Keberhasilan membutuhkan perjuangan, dan Jeno akan berjuang demi cintanya.
Tunggu—sejak kapan Jeno jadi bucin?
"Iya deh."
"Cek sound dulu dong—JENOO!" Panggil Jaemin bak guru pada muridnya.
Jeno memutar bola matanya malas, "Iya pak guru Jaemin yang ganteng."
"Pinter!" Jaemin memberika kedua jempolnya pada Jeno. "Kedua lo harus cari tau tentang si Orlin." Kata Jaemin serius.
"Kok lo tau cewek yang gue taksir Orlin?" Tanya Jeno tak percaya.
"Loh? Gue kan Aa' Jaemin, apapun pasti tau." Jawab Jaemin sombong.
"Yaudah deh terserah lo."
Pokoknya mah Jeno terserah sama Jaemin. Soalnya dia kan bodoh dalam hal beginian. Tuh, ngaku sendiri Jeno nya.
"Ketiga lo harus deketin dia seperti dia deketin lo, cuma sekarang kebalik." Jelas Jaemin.
"Gue gak bisa, Jaem." Lemas Jeno.
"Belom nyoba masa udah nyerah sih Jen? Mau lo si Orlin yang cantiknya aduhai gue embat?" Ancam Jaemin.
"Ambil aja, tapi gue gak yakin kalo dia bakalan mau sama lo." Sindir Jeno.
"Asem badak lo, Jen."
"Ada lagi nggak?" Tanya Jeno kepo. Dan Jaemin terlihat berpikir keras.
"Nah setelah lo merasa nyaman dan udah berani, lo ungkapin perasaan lo ke dia." Ucap Jaemin dengan semangat.
Jeno manggut-manggut. Sekarang ia udah dapet rencana buat nyatain perasannya ke Orlin, cewek yang selama ini ngejar-ngejar dia.
"Dan terakhir—" Dialog Jaemin dipotong begitu saja oleh Jeno.
"Ada lagi?"
"Ada dong."
"Apaan?"
"Traktir gue MCD sepuluh bungkus, hehe." Cengir Jaemin.
"Udah gue duga." Sesal Jeno.
Khusus bulan ini terpaksa Jeno harus berhemat demi nraktir Jaemin. Sungguh licik adik laki-lakinya ini.
**
Annyeong!
Makasih banget sama yang udah nge vote and comment cerita ini. Sorry banget karena gak bisa bales, huhu
Tetap jadi readers yang aktif dan sabar nunggu part selanjutnya!
KAMU SEDANG MEMBACA
Komplek Ilicil
Humor[Usahakan follow dulu sebelum baca] Ibu ibu said, "Senggol-bacok!" Bapak-bapak said, "Senggol? Auto save." Kisah para penghuni komplek Ilicil, komplek milik pak Simon yang terkenal diseluruh mancakota. Hehe canda, kepo? Langsung simpen ke perpusta...