22 | Rasya and the ...

198 37 12
                                    

Bagaimana Rasya bisa tahu hubungan Je dan Lea di masa lalu?

Jawabannya adalah takdir. 

Setidaknya Rasya menyebutnya begitu. Mau dikatakan sebagai kebetulan rasanya juga bukan sebab semuanya seperti sudah terencana dengan baik. Ada skenario tersendiri hingga Rasya akhirnya tahu hal itu lebih dahulu dibandingkan yang lain. Mungkin itu efek radar kepekaan Rasya yang tinggi atau memang anaknya saja yang ditakdirkan mengetahui itu.

Rasya bertemu Lea untuk pertama kali saat acara penerimaan mahasiswa baru di kampus itupun tanpa kesengajaan. Rasya yang waktu itu sehabis menemui Dhikta lewat di parkiran Fakultas Ekonomi. Lalu secara tiba-tiba, ada seorang mahasiswa baru yang menghampiri. Penampilannya membuat Rasya ingin tertawa ngakak, rambut dikucir tinggi dan  kaos kaki beda warna. Tapi Rasya tidak jadi melakukannya karna setelah dilihat-lihat mahasiswa baru yang menghampirinya ini cantik. Bahkan peluh yang membanjiri pelipisnya pun tidak mengurangi pesonanya.

Rasya terpikat pada mahasiswa baru yang lamban laut diketahui sebagai Lea. Itulah alasan Rasya mengerjai Lea untuk menyatakan cinta padanya saat itu. Ya, kapan lagi bisa ngerjain mahasiswa baru cantik pula? Sekalian juga, Rasya membuat Lea tidak melupakan dirinya setelah kejadian itu. Gara-gara itu jugakan Lea jadi viral dengan julukan 'Pejuang Cinta'. Sudah bisa Rasya pastikan bahwa sosok dirinya terpatri di ingatan Lea.

Sebelum pertemuan keduanya terjadi, Rasya pernah mendengar cerita Lea yang disebut Ben sebagai Dek Bunga cuma Rasya tidak menyangka kalau itu adalah orang yang sama. Posisi Rasya saat itu hanya tahu sebatas nama, jurusan, dan wajah selebihnya belum tahu. Makanya saat Ben cerita tentang seseorang yang dekat dengan Jo, Rasya belum menyadarinya. Rasya hanya merasa nama Azalea bukanlah nama yang asing.

Tak berapa lama dari itu, Rasya bertemu Lea untuk kedua kalinya di Fakultas Teknik saat dirinya mau ke kantin bersama teman-temannya. Pertemuan itupun tak terduga, Rasya kira gadis itu akan diam saja atau pura-pura tidak kenal. Kenyataannya Rasya salah terka, mahasiswa cantik yang dikerjainnya itu berbeda hingga Rasya mendapat satu pukulan di wajahnya. Rasya jelas shock dan hampir saja terlibat baku hantam kalau tidak ada Jo disana yang melerai.

Lea itu berbeda dan entah kenapa membuat ketertarikan awal Rasya semakin menguat. Itu bukan hanya ketertarikan biasa tapi ketertarikan terhadap lawan jenis. Namun ketika Rasya dipaksa Jo bermaafan dengan Lea di kontrakan. Rasya memutuskan untuk tidak melanjutkan ketertarikannya. Rasya boleh gonta-ganti cewek tapi Rasya tidak pernah menikung gebetan temannya sendiri. Yang Rasya tahu saat itu Jo menyukai Lea.

Itu cerita awal. Lalu bagaimana cerita Rasya tahu hubungan Lea dan Je?

Nah, itu bermula dari tato yang secara tidak sengaja Rasya lihat di dada sebelah kiri Je. Perubahan wajah Je saat Rasya menyebutkan nama yang tersemat disana menimbulkan kecurigaan. Rasya berpikir ada yang disembunyikan oleh Je. Dan puncaknya pada pagi hari ketika Rasya tahu dari Jo bahwa Lea menginap di kontrakan untuk pertama kali tentunya. Jo bilang Lea tidur di kamarnya maka Rasya tidak berpikir apa-apa saat main nyelonong masuk ke kamar Je yang bodohnya tidak pernah dikunci laki-laki itu. Pemandangan yang tertangkap netranya benar-benar diluar dugaan, dari situ awal Rasya ingin membuktikan kecurigaannya bahwa Je dan Lea memang pernah punya suatu hubungan. Karna tidak mungkin orang yang baru kenal bisa tidur berduaan di kamar seperti itu.

Kemudian, satu-persatu fakta tersaji dihadapan Rasya. Seolah-olah semesta mendukung rencananya, Rasya selalu membuat Je dan Lea terlibat secara bersamaan. Fakta yang Rasya tahu saat permainan truth or dare waktu itu semakin memantapkan rencana Rasya. Dengan harapan kedua orang itu bisa menyelesaikan apa yang memang harus diselesaikan. Bukannya saling menghindar dan pura-pura tak saling mengenal. Rasya yang melihatnya saja gemas sendiri, kenapa dua orang itu tidak saling jujur? Kenapa juga Lea harus memberi harapan pada Jo saat gadis itu bahkan masih terlibat masa lalu? Juga pada Je yang sok tenang padahal menyimpan seribu rasa terpendam pada Lea. Gerak-gerik mereka berdua mudah dibaca oleh Rasya. Juga semesta yang merestuinya untuk menjadi satu-satunya orang yang tahu hubungan mereka diantara yang lain.

Return ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang