Seharian ini Milah merasa bete. Gara-garanya tadi pagi ketika dia sedang belanja bahan sayur untuk Engkong dan Mak Nyai, Mpo Saodah mengata-ngatai Milah seenaknya.
"Eh ade perawan tue kong Fatah. Pegimane rasanye dah tua belon kawin neng? Hihiii.."
Bujug, Milah langsung meradang dibuatnya.
"B aja Mpo! Jodoh kan urusan Tuhan. Mpo ngehina aye, mpo ngehina Tuhan.."
Wajah mpo Saodah langsung memerah menahan marah.
"Ish dibilangin gitu doangan bawa-bawa Tuhan. Jangan sok suci lu Jamilah. Anak gue aja baru lulus SMP dah ade yang lamar. Lah elu, tua iye kawin kagak. Duh, apess dah.."
Kini giliran wajah Milah yang memerah.
"Eh Mpo, itu mulut perlu aye lakban putih ape coklat? Atau kuning? Ade semua noh dirumah Engkong. Lu pilih aje nti gw bawain bakal nutup mulut bau lu!"
"Sembarangan! Sekali perawan tue ya tue ajee.. najis gue ketemu lu dimari. Dah lang bang Toing, gua kagak jadi belanja ame Lu. Kuatir kebawa apes kek die.. Bhaayy!!!"
Milah menahan mulutnya untuk kembali berkata-kata. Ya ampun, ada aje ujian hidup tuh ye. Kagak disono, kagak disini.
Mpo Hindun, mendekati Jamilah dan menepuk bahunya lembut.
"Kagak usah dimasukin ati ya Milah. Emang mulut si Saodah mah kayak jamban. Bauu banget. Dah lu jangan deket dia lagi, jauh-jauh aje ye.."
Milah mengangguk dan mengucapkan makasih dengan lirih.
Dirumah orang tuanya, mulut ibu tirinya yang selalu mengatai dia pemalas, kagak laku, pembawa sial. Apa aja dilabelin termasuk mulut usil adik bungsunya si Tika.
Memang salah gitu diumur 28 begini belum laku? Memang aib kalau belum ada yang ngelamar? Duh!
Makanya dia memilih menenangkan diri dimari, dirumah Engkong dari pihak Babahnya. Mau gimana lagi, dia kira disini itu tenang dan gak akan ada yang bawel kayak ibu tirinya. Tapi ternyata? 11 12 dah.
Jadi seharian ini, Jamilah merasa kepikiran dengan kata-kata jahat tetangga Engkongnya itu.
Dia harus pergi kemana lagi coba menghindari hinaan dan cibiran orang-orang?
Dari segi wajah, Jamilah itu cantik dan mancung kayak orang arab. Dulu, babeh tuanya entah yang ke berapa, adalah saudagar Yaman yang bertandang ke Batavia. Jadi masih adalah sisa-sisa kearaban walaupun Mamaknya dulu yang sunda asli.
Hidup memang ujian kan? Kalau kagak ujian ya jangan idup!
🍃🍃🍃
"Lu seharian depan lekbong aje Milah? Ngapain aje?"
Kong Fatah yang baru balik dari kandang, menyapanya penasaran.
Milah menoleh ke arah Kakeknya dan tersenyum kecil.
"Biase kong. Ngayal biar dapet duit?"
"Masa iye ngayal dapet duit? Dari langit?"
Milah tertawa kecil.
"Jadi Milah nulis kisah-kisah novel gitu Kong, nanti dijual ceritanye online. Dapet deh duit kalau ade yang suka.."
"Ohh. Begitu.. aneh-aneh aja ye dunia sekarang. Ngayal bisa dapet duit. Lah gw, seharian di kandang si jalu bareng si Burik, dapet duitnye kalau lebaran haji aje.."
Milah tersenyum
"Ape dunia mau kiamat ye? Ngayal aje dapet duit?"
Kini Milah tertawa terbahak-bahak mendengar kalimat engkongnya.
"Nyai lu masak ape? Baunye enak bener? Jengkol kecap ape ye? Gua jadi laper. Lu makan dulu sono, jangan ngayal mulu.."
"Duluan aje Kong. Milah nanggung nih.."
"Eh Milah, lu kemaren dianter si Andra kan? Lu kasih duit ojek kagak?"
"Kagak. Gak sopan abisnye die kong. Males banget tuh ketemu bocah.."
"Kagak sopan ngapa? Anak baek gitu. Emang diem sih kek bapaknye noh si JAJA. Tapi setau engkong die baek.. mau aje disuruh-suruh hehee.."
Elah Engkong, mentang-mentang mau disuruh-suruh jadi songong gitu?
Engkong lalu masuk menemui Nyai yang memang biasa masak sore untuk makan malam.
Milah sendiri melanjutkan kegiatannya didepan laptop yang dia beli waktu tabungannya cukup. Lumayan lah walau gak yang mahal-mahal banget, yang penting kagak nyicil.
Baru saja Milah mengetik beberapa kata, dari depan rumah terdengar suara salam yang membuat Milah berhenti sejenak.
"Assalaamu'alaikum.. permisi.. Engkong.. Nyai..."
Suaranya yang keras, cukup membuat Milah untuk beranjak menyambut tamunya.
Ternyata seorang perempuan berjilbab modis dengan fashionnya yang terlihat mewah yang datang.
"Waalaikumsalam Bu, mau ketemu siapa?" Sapa Milah ramah.
"Eh mba, maaf ganggu. Cuma mau numpang tanya, Zaki ada dirumah gak ya? Koq dipanggilin gak nyaut-nyaut.. "
"Zaki? Yang saya tahu disebelah itu Andra ya Bu. Maaf.."
"Elah tuh bocah. Zachery Alifiandra Zavier namanya. Ngarang aja die dipanggil Andra. Panggilannya sih Zaki mbak.. hehe.."
"Oohh Andra. Kurang tahu ya Bu, tapi biasanya jam segini suka maen layangan di lapangan belakang. Pernah lihat kapan itu. Coba cek aja kesana.."
Wajah ibu itu melotot tak percaya.
"Ya ampun Zakiii.. disuruh kerja males, di suruh kuliah lagi gak mau. Mau jadi apa itu anak malah maen layangan! Dijewer baru tahu rasa, huhhh!!!"
Jamilah menahan senyum mendengarnya. Ternyata itu anak pemberontak ya, pantes kelakuannya gak bener.
"Maaf Ibu namanya siapa? Biar nanti kalau dia pulang saya sampekan.."
"Jangan Ibu, kesannya koq tua banget yaa.. masih muda loh ini.. hihii.. nama tante Qorina. Panggil aja tante Qory ya... "
🍃🍃🍃
Nah, dah ketahuan kan tokohnya siapa? Xixixi
Happy reading bebs 😘
Yang mau baca Bukan Cinderella, bisa meluncur ke KBM App ya, sudah bau2 ending disana.
Yang mau pesan Dosen Galak masih bisa DM ya bebs. Mungkin awal bulan bukinya terbit, soon.
KAMU SEDANG MEMBACA
Brondong I'm in Love
ChickLitKisah kehidupan Jamilah ketika memutuskan tinggal bersama Engkongnya di Kampung Daun. Sanggupkah ia menghadapi ledekan dan cibiran kesendiriannya di kampung padat penduduk itu? Ditambah lagi kelakuan absurd tetangga sebelahnya seorang brondong tengi...