Bab 07

1.5K 289 25
                                    

Engkong terkekeh geli melihat kelakuan cucunya yang ambek-ambekan gak kenal tempat. Heran dia, siapa yang dapet jodoh siapa yang uring-iringan.

"Kelakuan anak lu Reyhan! Heran gw. Tadi yang belagu bin julit sape. Nape sekarang jadi mewek misuh-misuh begono? Lu kasih makan ape sih dua anak koq beda amat kelakuannye. Ampun dah punya cucu bikin pening pala gua aje"

Reyhan hanya tertawa kecil mendengar selempetan babehnya.

"Beda bibit kali beh. Pusing aye juga. Ribut mulu disana sini. Ampun!"

Reyhan menatap Tika anak bungsunya yang tengah merajuk disamping kursi ibunya. Yang mau dilamar siapa, yang panas siapa.

"Gimana Oom? Kapan aku bisa ngelamar resmi Jamilah?" Suara Andra kembali terdengar.

Jamilah yang duduk didekat Andra hanya menunduk. Disampingnya, bocah kecil itu sudah menyatakan langsung tujuannya datang semalam juga hari ini.

Dan efeknya, tiba-tiba saja adiknya menangis dan merajuk manja pada ibunya. Katanya dia saja yang dilamar oleh Andra nanti, jangan kakaknya. Heh! Apa dia bilang?

Milah tersenyum kecil melihat strateginya berhasil. Rasain lu bocah, sekata-kata aja bilang si Andra bangkotan. Dasar julid!

"Pokoknya biar Tika aja Mi yang nikah sama bang Andra. Pan sama-sama cucu engkong. Jangan si Milah yang umurnya ketuaan buat dia. Kalau Tika kan seumuran lah pastinya, biar pas kalau jadi pengantenan. Kagak ketuaan kayak Milah Mi.."

Hahahah, ingin rasanya Milah terbahak mendengar ucapan adiknya. Rasain loe!

"Bang, emang mau nikahin adek aku itu tuh? Tika namanye. Katanya seumuran ama abang.." desis Milah usil.

"Eh, maksudnya apa? gak bisa gitu dong. Aku kan ngelamarnya neng Jamilah, napa jadi pindah orang? Gak bisa ah. Ya Kong ya? Masa iya dituker-tuker gitu? Emang layangan bisa dituker-tuker.. yang ada juga layangan putus ye Kong"

Hampir aja Milah menyemburkan tawanya karena geli. Syukurlah laki-laki disebelahnya ini waras.

Reyhan terdengar berdehem dan menatap anak muda didepannya itu penuh selidik.

"Lu punya kerjaan apa tong? Bisa ngidupin Jamilah anak gua? Berapa penghasilan lu sebulan? Pan biar gua yakin lu gak bakalan asal-asalan ngasih dia makan. Perlu juga dikasih kebutuhan sekunder dan tersiernya. Lu paham kan?"

Andra mengangguk pasti.

"Jangan kuatir Oom mertua. Aku lagi ada proyek programing gitu, juga punya usaha sama temen-temen. Dapet berapanya tergantung project. Kadang 100 ribu sebulan kadang 500 ribu sebulan. Tergantung lah.."

Netra Reyhan melotot tajam.

"Apa ? Lu kira anak gua anak ayam dikasih jatah 100 rebu doang sebulan? Gak gak, enak aje lu. Anak gua ini istimewa, solehah dan pinter. Lu masa cuma ngasih 100 rebu doangan? Eett dah, mending kagak usah dah kalau gitu. Kasian anak gua melarat nanti!"

Andra tersenyum kecut.

"Masa 100 rebu kagak cukup Oom mertua? Kadang 500 rebu juga dapet kalau banyak proyek. Semuanya buat istri koq. Napa bisa kurang ye?"

Engkong tersenyum mesem mendengar kalimat cucu sahabatnya itu.

"Lu tuh ye Ndra, 100 rebu bakalan pakan si burik kambing gua aja kurang. Ini orang Ndra, lu ade ade aje.."

Milah menoleh ke arah Andra. Ini bocah emang kelewatan sih kalau cuma ngasih 100 atau 500 rebu sebulan. Dikira ayam negeri ape pake pakan murahan aja bisa?

"Ini 100 rebu rupiah atau dolar sih Ndra? Lu yang bener aje.." sindir Milah sambil mendelik tak percaya.

Mendadak Andra memukul kepalanya keras.

"Ya ampun, lupa gua. 100 rebu dolar dong sayang. Masa rupiah? Bakal bensin sehari kalau 100 rebu rupiah sih.. hahahaha"

Netra Milah terbelalak tak percaya..

"Dolar? Serius dolar?"

"Ya iyalah, tiap bulan jalan-jalan ke Eropa juga bisa. Belanja tas kulit hermes aja bisa. Tapi abang percaya, Jamilah sayang bukan cewek matre. Hehe.."

Elah bocah, siapa bilang kagak bakalan matre? Siap-siap aja entar, bisik Milah dalam hati menahan tawa. Gila, tajir banget ya. Kenapa kagak keliatan sih?

"Maaf Oom mertua. Itu 100 rebu dolar. Kalau dirupiahin, bisa lah 1.4 milyar sebulan. Ya jelek-jelek sih 50 rebu dolar sebulan dapetlah. Kalau dikonversi jadi sekitar 700 jutaan lah. Caya dah sama Aye Oom mertua. Kagak bakalan neng Jamilah sengsara. Tenang aja.."

Reyhan manggut-manggut kaget dengan kenyataan ini. Gila, calon mantunya tajir amat ya. Bisa kali ya sesekali diajak ke eropa, hahahaa..

"Cakep dah kalau gitu. Sesekali bisa kali ye Gua sekeluarga dibawa plesiran ke yang deket-deket aja liat salju kek. Umroh setiap bulan kek. Pegimane? Bise"

Gila, babahnya keluar deh matrenya. Ampun deh!

"Rebes oom mertua. Kalau dah halal pan kita keluarga. Semua bisa diatur.."

Wajah Reyhan tampak sumringah mendengarnya. Begitu juga istri baru dan anaknya itu, tersenyum gembira. Dih.

"Ya udah, nanti malem gua tunggu lamaran resmi lu di mari. Kagak usah lama-lama, takut gua si Milah bunting duluan. Serem kan anak sekarang. Pacarannya kayak orang tua. Si tika juga awas aja tuh ye, babah seret kalau kenapa-kenapa ame lu.."

What? Malam ini?

"Siap Oom mertua. Aku bilang Ayah bunda biar sekalian dah siap-siap seserahannya. Eh mau disini ape mau di restoran ya? Biar privacy gitu.."

Milah menggeleng kecil. Apa-apaan maen di resto aja? Kebanyakan duit banget!

"Di rumah Engkong aja. Simpel!" Seru Jamilah sambil menatap lelaki disebelahnya galak.

Andra tersenyum kecil. Emang ya, dia gak salah pilih dah kalau gini. Cewek yang dia butuhkan memang bukan yang matre atau hedon seperti cewek para kenalannya.

Misinya berhasil juga pindah ke kampung Engkongnya ini, mendapatkan calon istri yang sholehah dan rendah hati. Yah, walaupun jutek dikit sih, gak papa lah asalkan cakep dan bakalan ngangenin. Bodinya juga empuk empuk ngangenin kek bundanya.

Tiba-tiba saja dia sudah tak sabar untuk menikah dengan gadis disebelahnya ini.

Tunggu abang neng, abang bakalan gercep pokoknya! Gercep ngekepin neng siang malem!

🍃🍃🍃

Happy malming bebs.

Di tempatku ujan bikin mager. Hehe. Stay safe and happy yes 😘




Brondong I'm in LoveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang