Jamilah menatap bocah sableng itu kecewa. Entah kenapa hatinya masih belum terima dengan keputusan mendadak seperti ini. Apa salah jika dirinya ingin ada pernikahan yang wajar seperti orang lain?
Tadi dia sudah mendapatkan penjelasan dari Engkong dan ini jawabannya.
"Tenang aje non, engkong cuma gak pengen lu dijadiin gosip lagi ame para warga disini. Langsung halal pan enak jadinye. Pacaran abis nikeh itu beda rasanye. Kek nyai dulu juga gitu, malu malu kucing pegimane gitu. Dah bismillah, lu kudu yakin niat menyegerakan nikah itu sunnahnye Rosul pan.."
Nyai mengelusi punggung cucunya lembut. Dia tahu kalau Jamilah tak terima dengan rencana dadakan yang dilontarkan engkongnya tadi.
"Tapi Kong, Nyai, kan Milah juga mau pernikahan yang rame-rame gitu kagak kilat kek begini.. "
Ingin rasanya Jamilah menangis saking kesalnya. Tapi mau gimana lagi, Babahnya dan Engkong sepertinya sigap banget jadiin malam ini langsung pernikahan aja.
"Gampang, nti cari hari yang baek dah bise lu adain di gedung kek, di mari juge bise. Kong ame Nyai dukung. Ini cuma sarat sah dulu aje biar kalo lu bisa jalan-jalan ame si Andra bisa pegangan tangan tuh. Kasian pan lu dirumah melulu, kagak ada gaulnye.. depan lektop mulu.."
Heueheuu, Nyai bisa aja. Emang iya sih, selama ini Milah memang merasa hidupnya buntu itu-itu aja. Kerja enggak, banyak gaul juga enggak, ya dirumah aja sehari-harinya.
Kini, Milah meminta Andra berbicara dengannya 4 mata di teras samping. Tentu saja bukan hanya mereka berdua yang ada disana, tapi setidaknya mereka bisa bicara lebih privacy.
Andra mendapati keraguan dari wajah suntuk Jamilah calon istrinya itu. Jujur, dia juga agak kaget ketika Kong Fatah menembaknya untuk langsung akad nikah saat ini juga. Kawin sih dia siap-siap aja. Tapi langsung resmi dimata negara? dia agak jiper juga jadinya, sedikit.
"Kamu keberatan non?" Tanya Andra penuh selidik. Gadis didepannya itu menatapnya sendu.
"Kudu banget langsung akad nikah sekarang Ndra? Kira-kira aje dikira orang nanti gua hamidun gimane"
"Peduli amat apa kate orang. Kita pan gak cari ridho dari makhluk. Cukup yang diatas yang Maha Segalanya yang kita harap ridhonya. Niat baik hasilnya pasti baik. Abang juga sebenarnya ragu, tapi ya udah dijalanin aje. Yuk Gak usah ragu lagi ya, nanti kita pasti gelar pesta meriah yang terkonsep sempurna. Kamu pengen pesta kayak cinderella aje abang sanggup. Kek si ricis sape tuh? Yutuber itu. Yang penting halalnya dulu sekarang, cari berkah ridho Allah sama keluarga kite. Itu dulu cukup.. resepsi nyusul ya.."
Netra Jamilah mengerjap tak percaya. Ini beneran bocah sableng tetangga rumahnya yang itu?
"Bismillah ya, pleasee jangan ragu lagi. Yang pacaran tahunan aja belum tentu nikah lho yang, mana kagak halal kan pacaran tuh. Lah ini, kita kagak pacaran langsung halalin aja biar berkah. Ciuman berkah, pelukan berkah,apalagi yang satu entu, ibadah! Hehee.."
Gubrak! Udah mah sableng, sekarang ditambah mesum lagi. Milah melengos malu.
"Udah ya, Abang kedepan lagi. Biar cepet ijab kabulnya. Please percaya sama abang, jangan percaya sama yang laen. Suami loh ini, bentar lagi. Hehee.."
Pelan, Andra mengusap puncak kepala Jamilah yang berlapis hijab itu menguatkan.
"Bismillah. Doain abang lancar ya nyebut akadnya.."
Laki-laki itu lalu berdiri dan meninggalkan Jamilah yang masih terbengong tak percaya. Seriusan dia sedewasa itu? Pake ngomong ridho ridho segala? Jamilah menggeleng takjub.
Tak lama, terdengar sebuah salam pembuka acara yang disampaikan oleh engkongnya sendiri sebagai tuan rumah.
Jamilah memejamkan matanya mencoba fokus menerima takdirnya saat ini. Dengan menyebut nama sang pencipta, Jamilah berusaha menguatkan hati. Semoga ini yang terbaik untuk hidup dan akhiratnya, aamiin.
KAMU SEDANG MEMBACA
Brondong I'm in Love
ChickLitKisah kehidupan Jamilah ketika memutuskan tinggal bersama Engkongnya di Kampung Daun. Sanggupkah ia menghadapi ledekan dan cibiran kesendiriannya di kampung padat penduduk itu? Ditambah lagi kelakuan absurd tetangga sebelahnya seorang brondong tengi...