Kong Fatah menatap tak percaya pada tamu yang muncul di hadapannya.
"Mimpi ape gua ini ada tamu banyak gini?"
Senyum Engkong terbit lalu menyalami para tamu yang terlihat gagah dan cantik itu bergantian.
"Sehat Kong, Nyai? Dah lama gak kemari ya, maafin ya kong.. maklum urusan kagak berenti-berenti di rumah.."
Kong Fatah tertawa lebar mendengar ucapan perempuan berhijab coklat tua yang masih terlihat cantik.
"Baek baek terus gua sih Qory. Paham dah gua kesibukan lu mah.. hehe Nyai Umar pegimane kabarnye? Betah dirumah lu daripada dimari?"
"Ya kasian kalau dimari siapa yang urus Kong. Sehat alhamdulillah, biasalah penyakit tua aje. Noh baru turun dari mobil lagi dituntun Zia bungsu aye kong.."
Kong Fatah mengangguk paham. Dia dengan sigap menyuruh mereka masuk ke dalam rumah. Untunglah kalau rumah jaman dulu kan luas luas didalamnya.
Untung tadi Kong Fatah kagak jadi ngobrol sama kong Dulloh dan teman-temannya bada sholat isya. Jadi dia bisa langsung menyambut tamu tetangganya sebelah.
Kong Fatah melihat Andra ikutan duduk di samping ayahnya yang terlihat mendung kali ini. Pasti dia abis di marahin tuh sama babehnya, tebak Kong Fatah dalam hati.
Kong Fatah lalu menyuruh Nyai memanggil Jamilah untuk menyiapkan air teh hangat untuk para tamunya. Tak lama gadis itu muncul dan tampak kaget dengan kedatangan tamu berombongan itu.
"Non, lu siapin teh manis hangat buat tamu kite. Jangan lupa gulanye pisah aje ye. Kagak usah di campurin biar mereka yang pilih pake gule apa kagak. Sekalian lu dandan yang rapian dikit yee.."
Milah mengangguk dengan batinnya kebat-kebit. Ini maksudnya apaan tuh bocah datang sama bapak ibunya? Bikin jiper aja kan jadinya ini. Dia lalu bergegas ke belakang menyiapkan pesanan kakeknya.
"Kong, Jamilah itu anaknya sapa ya? Kan anak Engkong ada banyak. Qory gak apal anak-anaknya Kong.." tanya Qory sambil memasang senyum manisnya.
"Anaknya si Reyhan dari bininya yang pertama. Sayang umurnya gak panjang, meninggal itu bininya. Kawin lagi ame yang sekarang dapet 2 lagi anaknye. Cuma ya gitulah emak tiri ye, kasian cucu gua si Milah dijudesin mulu. Makanye gua ajak dimari dah, biar tenang idupnye.. ya sekalian juge nemenin kite yang dah bau tanah gini.. hehe.."
Qory mengangguk-angguk kecil. Anaknya Bang Rey tho. Pantesan wajahnya itu agak mirip sedikit.
Tak lama Jamilah muncul dengan nampan teh di tangannya dan penampilan yang lebih rapi dan cantik daripada tadi.
Melihat Jamilah yang kerepotan, tiba-tiba Andra berdiri dan menghampiri Jamilah.
"Abang bantu.." desisnya pelan.
Ish, mata Jamilah langsung melirik gak suka dengan kelakuan bocah tengil itu. Abang melulu dari tadi pagi, bikin kesel aja.
Tadi pagi padahal sudah Milah gambreng pasca kejadian di warung sayur itu. Abang apaan? Usia aja dah lebih tua Milah kemana-mana, masa anak kemaren sore dipanggil abang?
Dan reaksinya? Itu bocah hanya tertawa lebar sambil menatap Milah jail.
"Kalau marah melulu, makin cakep aja dah yayangnya abang.."
Gubrak! Milah jengkel setengah mati dengan kelakuannya. Ditinggalkannya begitu saja si Andra tadi pagi dan sekarang malem-malem malah muncul lagi. Ngapain coba?
"Gak usah delik-delik jutek gitu yang, abang gigit itu mulut tau rasa!" Desis Andra kecil persis ditelinganya Milah ketika dia akan berbalik.
Eh, dia bilang apa? Kurang ajar banget!
KAMU SEDANG MEMBACA
Brondong I'm in Love
ChickLitKisah kehidupan Jamilah ketika memutuskan tinggal bersama Engkongnya di Kampung Daun. Sanggupkah ia menghadapi ledekan dan cibiran kesendiriannya di kampung padat penduduk itu? Ditambah lagi kelakuan absurd tetangga sebelahnya seorang brondong tengi...