🍁🍁🍁
Saat semua tengah terlelap tidur, zalfan sibuk dengan podcast terbarunya. Ia ingin membuat podcast yang menarik orang lain supaya lebih banyak pendengarnya.
Banyak juga yang komen lewat sosial media milik zalfan, ia disuruh ganti nama podcast nya menjadi ZALFAN AL HUSAIN. Zalfan suka juga dengan sebutan Al Husain, ia tidak begitu mempermasalahkan nama akun yang ia buat.
Podcast zalfan ganti menjadi Zalfan Al Husain. Dimana dalam podcast itu zalfan banyak menyampaikan pesan-pesan al qur'an dan kandungannya. Sunnah nabi serta bab fiqih ia sampaikan.
Semoga ini bisa menjadi langkah awal zalfan sebagai pendakwah untuk meneruskan perjuangan abah nya. Meskipun belum terlalu banyak pendengarnya tapi zalfan yakin akan banyak juga orang yang termotivasi dengan apa yang zalfan sampaikan.
¤ assalamu'alaikum warahmatullah wabaraktuh, selamat pagi teman- teman semua,
alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita kembali dalam podcast narasi bersama saya zalfan febrian.Karena banyak yang minta ganti nama podcast nya jadi hari ini saya meresmikan bahwa podcast zalfan febrian berganti menjadi Zalfan Al Husain, yeyy 😅
Jangan lupa bersyukur yah, karena bersukur dapat menambah nikmat dan mendapat rahmat dari Allah swt.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit cerita tentang gosip, nah siapa nih yang suka gosip disini.? Pasti semua pernah kan membicarakan orang lain di belakang.
Gosip ini selalu menjadi menu favorit di kalangan wanita, baik yang tua maupun yang muda. buktinya hampir setiap hari dan hampir setiap stasiun tv menyajikan menu favorit tersebut ke hadapan pemirsa. Adanya berita infotainment yang ditayangkan secara intensif jelas merupakan indikasi akan kegemaran masyarakat terhadap gosip. Melalui tv masyarakat bisa menerima gosip berupa berita dari para selebriti.
Kegemaran masyarakat dalam mengonsumsi gosip diperparah dengan membicarakan aib tetangga. Nah temen temen tau gak gosip yang terlarang.?
Zalfan akan menyampaikan pengertian dari gosip sendiri nih. Jadi menurut KBBI gosip berarti 'obrolan tentang orang lain' sedangkan Bergosip adalah melakukan gosip atau bergunjing.
Dalam fikih, gosip disebut dengan ghibah yang berarti membicarakan orang lain sesama muslim mengenai sesuatu yang tidak disukai oleh orang yang dibicarakan.
Gosip merupakan perbuatan yang dilarang dalam islam . Allah menyamakan orang yang membicarakan aib orang lain dengan orang yang memakan daging saudara nya yang telah mati. Jelas dalam surat Al- hujurat :12
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱجۡتَنِبُواْ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعۡضَ ٱلظَّنِّ إِثۡمٞ ۖ وَلَا تَجَسَّسُواْ وَلَا يَغۡتَب بَّعۡضُكُم بَعۡضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمۡ أَن يَأۡكُلَ لَحۡمَ أَخِيهِ مَيۡتًا فَكَرِهۡتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٞ رَّحِيمٞ
yaaa ayyuhallaziina aamanujtanibuu kasiirom minazh-zhonni inna ba'dhozh-zhonni ismuw wa laa tajassasuu wa laa yaghtab ba'dhukum ba'dhoo, a yuhibbu ahadukum ay ya-kula lahma akhiihi maitang fa karihtumuuh, wattaqulloh, innalloha tawwaabur rohiim"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."
(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 12)* Via Al-Qur'an Indonesia https://quran-id.com
Imam Qurtubi memberikan penafsiran firman Allah di atas dengan penjelasan * Allah swt. Memberikan perumpamaan mengenai kejelekan ghibah dengan memakan daging orang mati karena orang mati tidak mungkin mengetahui kalau dagingnya sedang di makan.
Sebagaimana orang yang masih hidup tidak tahu ketika dirinya di gunjing oleh orang lain.
Jadi sudah jelas yah kalau ghibah itu hukumnya haram, keharaman ini tidak hanya berlaku bagi orang yang membicarakan nya, namun orang yang ikut mendengar kan, menyimak dan mendiamkannya juga sama saja. Karena mereka ikut dalam lingkaran yang disebut ghibah berarti juga ridha terhadap nya.Wallahu a'lam bishowaab,
Sesungguhnya kebenaran itu datangnya dari Allah Swt.
Dan kekurangan nya datang dari saya pribadi, semoga bermanfaat dan bisa diambil sisi baiknya. Jangan lupa dukung terus akun ini supaya saya bisa lebih semangat dalam menyebarkan dan menegakan agama Allah.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh ¤🌵
Setelah selesai zalfan langsung meng upload podcast nya. Tidak disangka ternyata pendengarnya melebihi perkiraan zalfan, baru 20 menit pengikut zalfan sudah bertambah banyak. Suatu perkembangan bagi zalfan, dakwah nya mulai berkembang sedikit demi sedikit.Saat sedang di kamar zalfan dikagetkan dengan kedatangan umi yang tiba-tiba datang.
"Fan, kamu belum tidur " tanya umi.
"eh umi, bikin kaget zalfan aja. " ujar zalfan "emang kenapa mi"
"Gak papa, cuman ngecek kamu aja lampu kamar nya masih nyala, jadi umi langsung masuk. Kamu lagi ngapain udah malem masih ada tugas .?"
"ngga ko mi, ini zalfan lagi belajar dakwah onlain. Hehee" ucap zalfan menunjukkan gigi putih nya.
"MaaShaaAllah, anak umi udah pinter sekarang. Kamu beneran mau nerusin perjuangan abah fan.? "
"Insha allah mi, dengan izin Allah. Semoga Allah mudahkan. Doain zalfan ya mi, semoga zalfan bisa nerusin perjuangan nya abah."
"Pasti nak, umi selalu berdo'a yang terbaik buat kamu sama abang, dan semoga abang kamu gak bikin kecewa umi lagi"
Umi dan zalfan terdiam sejenak, mereka bingung dengan zafian. Kenapa dia sampai suka banget sama musik. "Apa ini turun dari abah yah.?" Pikir umi mengingat masa muda abah dulu.
~next up~
》》》》》》》》》》》》》》》》》》》》》》》》
alhamdulillah bisa up sabtu ini :^)
Gimana kabarnya teman2.?
Author minta tolong follow dan vote cerita ini ya🤗
Biar author semangat terus up nya hehe..Follow juga instagram author @fadhib20 dan Aa zalfan @zlfnalhusayn
Makasih banyak sebelum nya❣ makasih buat yang udah mampir kesini 🌻
Sabtu, 13 Mei 2023
KAMU SEDANG MEMBACA
Zalfan Al Husain (SELESAI)
Historia CortaSebelum kenalan sama Zalfan, di follow dulu atuh biar author seneng 💛 Zalfan febrian itu nama panjangnya, anak ke dua dari dua bersaudara. Abah nya seorang ustad, dan dia ditugaskan untuk meneruskan dakwah sang abah. Namun ditengah jalan abah meng...