Lili lagi ngumpulin sampah yang mau dibuang ke depan sekalian ngecek rumah Gibran yang tadi sempet dititipi ke dia buat jaga-jaga ngecek lampu halaman depan dan teras udah nyala apa belum.
Pas masih misah-misahin sampah kering dan basah Lili denger ada suara rusuh di gerbang rumah Gibran.
Diliat deh sama Lili dari jarak jauh.
Ada dua remaja sekitar umur 16an coba manjat gerbang rumah Gibran yang sebenernya gak di kunci. Pas mereka berhasil masuk Lili reflek ikutin mereka sambil masih bawa kresek sampah yang isi sampah basah.
"Mana tadi linggisnya"
"Cepettt buruannn"
"Jangan berisik berisik, cepetan sebelum orangnya pulang"
Rumah Gibran masih dalam keadaan gelap. Emang masih baru aja magrib, Juna juga baru dateng dari masjid waktu Lili keluar mau buang sampah.
Lili udah emosi liat bocah-bocah ingusan di depannya yang coba congkel jendela rumah Gibran.
Lili dengan cepet muter otak liat keadaan sekitar. Di samping jarak 2 meter ada selang besar yang masih nancep salurannya di tandon bagian taman di halaman rumah Gibran. "Gue ajar lu bocah."
"HEH"
Dua anak laki-laki itu kaget liat perempuan dibelakangnya udah kacak pinggang sambil tangan bagian kanan megang selang dan bagian kiri megang keresek besar.
"Mau macem-macem ya kalian ha? MALEEEENGGGGGG"
Lili nyemprotin air ke arah dua maling itu sambil maju mundur maju mundur. Dua maling itu udah gelagepan tiba-tiba diserang air abis-abisan.
SOALNYA BENERAN DI SEMPROT KE MUKA DAN BADAN GAK ADA AMPUN, UDAH GITU AIRNYA KENCENG BANGET.
Gak itu aja, jangan lupain ke sat set an Lili yang langsung bisa ini itu tanpa diraguin, sampah yang ada di tangan kirinya dia ambil terus lemparin ke mereka satu-satu.
"Masih bocah udah mau maling! Sekolah yang bener! Kasian orang tua lu lu pada biayain sekolah! Nih rasain biar bau sekalian!"
Udah nyerah banget dua maling itu sampe ngos-ngosan, gak bisa lawan soalnya beneran gak dikasih ampun sama Lili. Buat berdiri aja udah gak bisa, mana badanya bau semua lagi.
"BUNN HEEHH UDAHHHH" Juna cepet gendong tubuh Lili buat ngejauh. Lili udah ilang kendali sampe gak sadar kalo suaminya dari tadi narik-narik tubuhnya.
"DENGER! KALO GAK PUNYA UANG TUH KERJA JANGAN MALING! DIKIRA MAKAN DARI MALING ITU HALAL HAH? ANAK JAMAN SEKARANG EMANG KALO GAK NYURI YA MABUK-MABUKAN HADUHHHH SEMOGA ANAK-ANAKKU GAK KAYAK GITU, LOHH MASIH BERANI MELOTOT HAAHH???!!! SINI GUE COLOK YA MATA KALIAN!!!"
"Hehhh udahh, diem dulu diem" Juna tetep ngedekep tubuh Lili biar gak maju ngehajar dua maling itu.
"Li udah Li, biar gue aja yang tanganin. Jun bawa Lili pulang, udah ada satpam itu, polisi juga udah mau dateng" Yohan ngarahin Juna buat bawa Lili pulang biar gak makin besar masalahnya ke tetangga sebelah.
Untung aja yang keluar cuma Juna, Yohan sama beberapa tetangga depan, mungkin karena masih dalam keadaan magrib jadi tetangga yang lain masih pada sibuk buat bebersih sehabis kerja.
"BERSIHIN SEKALIAN TUH SAMPAH-SAMPAHNYA AWAS AJA BESOK GUE LIAT BELOM BERSIH" Lili masih ngotot-ngotot ke arah dua maling tadi.
Juna mau nyaut omongan Lili kalo itu kotor semua gara-gara Lili sendiri tapi takut malah dia yang gantian di semprot pake selang.
Akhirnya Juna cuma cepet-cepet gendong Lili buat pulang ke rumah.
__
"Pi gimana kok bisa kemalingan??!!" Arin udah khawatir banget waktu Gibran dapet telpon dari Yohan tadi.
"Udah mi aman aman, jangan khawatir"
"Heh gimana gak khawatir sih piiii?!! Ini hari apa sih kok sial banget perasaan"
"Hishhh omongannya" Gibran ngelus-ngelus perut Arin.
"Udah aman kok, kamu pasti kaget banget siapa yang nangkep malingnya"
"Siapa???"
"Lili"
Arin kaget setengah mati. Arin emang akuin kalo Lili dari dulu cewek yang berani banget tapi gak berekspresi LILI BAKAL NANGKEP MALING SENDIRIAN!
"PIII?? KOK BISA LILII??!!"
"Ssttt heboh banget kamu, tadi aku aja diamuk"
"Hihhh tinggal jawabbb"
"Iya Lili tadi waktu buang sampah gak sengaja denger orang rusuh di depan rumah, ternyata dua maling itu yang masuk"
"Tapi Lili gak papa kan?"
"Aman udahh amann"
Arin lega dengernya. Jadi ikut-ikutan Dimas Arin sekarang, pingin cepet pulang.
__
Di rumah Juna udah mau marah banget ke Lili tapi gak bisa.
"Udah donggg, kan kalo gak ada aku rumah Gibran nanti malah kebobolan Yah"
"Ya tapi kamu panggil aku atau polisi dulu lah Bun, untung kamu tadi gak di apa-apain sama mereka, mana mereka bawa linggis kayak gitu, kamu gak takut apa ha? Ya Allah Bunn aku sampe syok banget liat kamu lempar-lempar sampah tadi"
Juna megangin kepala bagian belakangnya. Ini istrinya emang gak ada takut-takutnya sama sekali deh.
"Iya iya maafff, aku gregetan tauuu. Masa mereka masih pada bocil udah mau maling kayak gitu, sebenernya mau aku iket aja tadi itu mereka di tiang listrik depan tapi keburu kamu gendong aku ngejauh!"
"Bunda!"
Lili jadi nyiut denger Juna ngeluarin suara teges gitu.
Juna ngehela nafas berat. Istrinya emang bener-bener devinisi wanita berani banget.
Inget kan siapa yang bawa mama Rina lahiran ke rumah sakit dengan cepet? Baru kemarin juga masih inget kan siapa yang nganter Arin ke rumah sakit dengan secepat kilat waktu Dimas kecelakaan? Nah sekarang juga Lili yang pasang badan paling depan sendiri waktu rumah sahabatnya hampir kebobolan.
Lili hati-hati meluk Juna, takut uuyy suaminya udah asem banget mukanya.
"Maaf yaaa, lain kali gak lagi dehh"
Juna cuma balik ngebales pelukan Lili erat. Dia cuma khawatir istrinya kenapa-kenapa.
"... Tapi gak janji..."
Denger itu Juna gigit kuping kanan Lili sampe Lili ngejerit.
***
Drama permalingan selesaiii, bunda Lili emang🙏🧎
Jangan lupa vote dan komennya 💙
KAMU SEDANG MEMBACA
Flavor
FanfictionThe precious family is in this story. Cerita ringan keseharian 3 keluarga yang membuat obat rindu tentang kehangatan keluarga.