Museum Ketulusan Utama (25)

21 5 0
                                    

Hai, kawanku semua, dengan maksud menyimpulkan cerita bahagia, aku sekadar ingin menyampaikan, kota kami, Urbo de Pluvo sudah memaafkan sepenuhnya luka hati kami dan museum patah hati (atau museum kehilangan) resmi ditutup selamanya. Berhubung benda-benda di museum bawah tanah itu musnah seluruhnya, maka Ayla Antoinette yang kini usianya 18 tahun mendirikan sebuah museum yang terbuka bagi umum.

Ayla, mantan gadis kecil cantik itu, dengan rambut dewasa pirang kemerahan yang subur, kini berkepang satu, merangkum sempurna profil wajah serba tebal, mulai dari mata, hidung, bibir, dan alisnya, lumayan tak sepadan paras jantung hatinya yang tipis, tetapi keseluruhannya ia menawan, semurni keelokan embun pagi dipermanis oleh sari nektar bunga bakung kuning.

Mulanya ia bingung menentukan nama yang tepat, karena nama Museum of Heartbreak, Museum Hati-Hati Patah, ataupun Museum Kehilangan tidak boleh digunakan lagi. Ah, akhirnya terpikir olehnya nama yang sangat simpatik. Museum of Heartfelt dalam bahasa Inggris, dan bahasa Esperanto mengenalnya sebagai Muzeo de Sincera yang atmosfernya menyenangkan dan nyaman untuk dikunjungi. Dalam bahasa Indonesia namanya Museum Ketulusan Utama, karena diketahui arsitek perancang bangunan bernama Utama Sidi Yanuar Karsa.

Museum ini boleh didatangi siapa saja, tak terbatas orang dewasa, anak-anak dan remaja pun diperkenankan berkunjung. Letak museum itu di bawah tanah, persis di bawah bangunan Kafe Kreska Luno, dan dicapai dengan lift umum, ditambahkan atas perintah Ayla Antoinette sebagai pewaris bangunan kafe dan museum putih yang tak lagi patah hati itu.

Hanya saja, setiap sesi kunjungan, hanya lima puluh pengunjung yang diperbolehkan masuk secara bersamaan. Setiap sesi yang dipandu seorang pemandu museum berlangsung kurang lebih empat puluh menit, dan diakhiri dengan acara tawa bersama sebagai cara melepaskan tekanan batin. Itulah mengapa hanya lima puluh orang yang diperkenankan, karena getaran tawa ratusan orang dipandang membahayakan struktur bawah tanah secara keseluruhan.

Sejauh ini, bisnis masih ramai dan lancar, sementara parfum-parfum Ayla Antoinette makin mendapatkan tempat di hati penggemarnya. Bahkan parfum Train to The Clouds, yang mengandung sehelai daunku yang langka begitu digandrungi, walau maknanya perjalanan abadi menuju alam baka. Makna kematian dalam minyak wangi tidak dirasa mengganggu atau memicu rasa depresi, seperti kata Memento Mori, ingatlah akan kematian, yang malah mengajak berkaca perihal perjalanan hidup dan mensyukuri setiap detiknya walau ketidakkekalan dapat menjemputmu setiap saat.

Sejauh ini pula, Ayla Antoinette yang sibuk bekerja masih meluangkan waktu mengajar bahasa Esperanto bagi para anak-anak imigran. Semakin banyak pendatang baru yang bermukim di kota kami dan belahan Esperanto lainnya, karena mereka merasa kehidupan kami damai sentosa dan iklim negara kami lumayan bersahabat.

Anak-anak pendatang baru itu kebanyakan bisa berbahasa Inggris, dan sebagian pintar berbahasa Indonesia. Maka tanpa kesulitan berarti, Ayla memberikan materi kursus dengan pengantar bahasa Inggris dan dicampur sedikit bahasa Indonesia. Salah satu relawan pengajar yang membantu Ayla adalah cucu Kakek Angus dan Nenek Lilibeth, seniman keramik yang membuat karya seni gigi palsu bergigi merah tua, pelanggan yang sempat menghibahkan benda kesayangannya di museum patah hati dahulu.

Karena benda kesayangan yang sekaligus membuat patah hati itu sudah lenyap, sang cucu, Sarai namanya, mengingat kembali luka hati yang lantas dimaafkannya secara tulus. Ia bisa berdamai dengan diri sendiri, mengamini bahwa kesalahannya tidak disengaja dan merupakan kehendak takdir. Terlebih mengajar anak-anak bahasa Esperanto sungguh penyembuh batin yang mujarab, dan Sarai menjalaninya dengan sangat berbahagia.

Intinya seisi kota ini berbahagia. Kota hujan kami tidak lagi sepenuhnya kota berhujan. Gerimis yang sesekali hadir, dan matahari hangat sepanjang hari, menjadikan kota kami ideal untuk pemulihan penyakit paru-paru kronis. Anak-anak di kota kami rata-rata lebih berbahagia dari anak-anak belahan dunia lainnya, apalagi hadirnya Museum of Heartfelt melengkapi isi kota kami yang harmonis.

Kisah Museum KehilanganTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang