pemahaman

10 2 0
                                    

Saat aku membaca pesan dari Kiara, rasanya seperti ada angin segar yang menerpa hatiku yang sedang labil. Meskipun hanya sebuah pesan teks, namun kata-kata Kiara begitu menggugah hati dan membuatku merasa didengar serta dipahami.

Kata-katanya seperti menyentuh setiap perasaan yang kusimpan dalam diri yang kacau ini. Dia mengerti betapa sulitnya menjalani hari-hari setelah putus, bagaimana rasanya campur aduk antara kesedihan, kesepian, dan pikiran yang berkecamuk di benakku.

"Wajar banget kok kamu ngerasain hal-hal itu setelah putus. Yang paling penting sekarang, kamu harus fokus sama diri sendiri, jangan terlalu keras sama diri sendiri atau bahkan ngeraguin diri. Emang kalau ngomongin self-worth tuh gaada abisnya, Alyssa, kalau masih ngebandingin diri sama orang lain terus."

"Mungkin, kamu butuh waktu sendiri dulu deh, bener-bener sendiri buat lepasin semua pikiran, dan buat kamu ngertiin keadaan sekarang. Tapi kalau ada perasaan yang mengganjel, keluarin aja jangan kamu pendem, i'm all ears. Atau kamu ga pengen cerita ke siapapun, tapi kamu tetep harus keluarin, kamu bisa nulis di notes ko, sometimes it works."

"Tentang Nolan, kadang emang udah usaha sekeras mungkin, tapi hubungan tetep aja susah jalan kaya ekspektasi kita dan kadang kitanya yang susah buat nerima keadaan, karena ya balik lagi sih ini ngelibatin perasaan banget, aku paham kok. Bukan berarti salah satu dari kalian gak pantes atau ga berharga. Tapi, mungkin emang lagi ga cocok aja di waktu sekarang atau ada perbedaan yang memang gabisa di selesain bareng-bareng."

"Lain kali, sebelum kamu kontak Nolan lagi, coba pikirin dulu apa yang sebenernya kamu mau, dan apakah itu akan membuat perubahan positif atau malah buat diri kamu bingung atau bahkan buat sakit perasaan kamu lagi. Ga masalah buat ngerasa sedih atau kehilangan, yang paling penting jadi diri kamu sendiri baik-baik dan cari cara buat bahagia lagi tanpa harus bergantung sama orang lain."

"It sounds tough navigating through these mixed feelings. butttt rememberr, it is okayyy to have ups and downs especially in relationships. Sometimes our principles might waver a bit and that's alrightttt. It is great that u have reflected on reaching out him, but dont let anyone else dictate your choices. Take a deep breath focus on what truly feels right to youuuu, and try to communicate openly without expecting anything specific in return. your feelings are validdd, and it is okay not to have all the answers right away. you are not alone in feeling this wayyyy. If he is really meant for you, he will find his way back to you, no matter whattt :)"

Mungkin, saat ini saatnya bagiku untuk merelakan, bukan karena aku menyerah, tapi untuk mengakui bahwa ada hal-hal yang berada di luar kendali kita.

Andam KaramTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang