Buka puasa dimasjid✓

281 35 0
                                    

•Annyeong Chingudeul

••o0o••

Sembari menunggu adzan magrib. Para bujang absurd anteng mendengarkan ustadz Tian ceramah tipis-tipis.

"Ustadz saya mau nanya"kata Haidar angkat tangan.

"Iya Haidar mau nanya apa?"tanya Ustadz Tian.

"Hukum orang julid di bulan ramadhan apa ustadz?"tanya Haidar sambil lirik Juan yang menatap sinis kearahnya.

"Pertanyaan bagus"ucap Ustadz Tian tersenyum.

"Julid atau nyinyir itu gak boleh ya, karena bisa menimbulkan prasangka..."belum selesai menjelaskan tiba-tiba Juna bersuara,membuat penjelasan ustadz Tian terpotong.

"Ustadz Ustadz"panggil Juna mengangkat tangannya.

"Iya Juna kenapa?"tanya Ustadz Tian sambil senyum.

"Nyinyir itu bau darah ya?"tanya Juna dengan polosnya.

"Itu anyir anjirrr"sahut Joni.

"Oh beda ya hehehe"cengir Juna.

"Astagfirullah gini amat punya temen tolol"gumam Juan menepuk jidat.

Ustadz Tian hanya tersenyum saja.

"Lanjut ustadz penjelasan yang tadi"pinta Haidar.

"Jadi julid itu tidak boleh ya,dosa. Sifat tersebut harus dihindari terlebih lagi saat menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan. Di Al Qur'an dalam surat Al Hujurat ayat 12 melarang umat muslim membicarakan sifat buruk atau aib orang lain"ujar Ustadz Tian.

"Juan dengerin noh"kata Haidar menoleh kearah Juan.

"Apasihh"ketus Juan bombastis side eyes.

"Ghibah batalin puasa gak ustadz?"tanya Arga.

"Ghibah tidak membatalkan puasa, tapi mengurangi pahala puasa bagi siapapun yang ghibah,jadi kalau kalian puasa tapi ghibah puasa kalian percuma"ujar Ustadz Tian.

"Mampus jangan ghibah mulu makanya"ujar Shaka pada Arga.

Muka Arga langsung asem dengernya.

"Ada yang mau bertanya lagi?"tanya Ustadz Tian.

"Gue mau nanya"kata Delano.

"Nanya apa?"tanya Ustadz Tian.

"Hukum adek yang suka nyari masalah sama kakaknya apa yan?"tanya Delano sambil melihat kearah Haekal yang udah sinis aja.

"Hubungan adik kakak sebaiknya saling menghormati. Selain menghormati orang tua,adik juga harus menghormati seorang kakak"ujar Ustadz Tian menjeda ucapannya.

Delano langsung menyungging senyum miring. Terlihat begitu menyebalkan dimata Haekal.

"Tapi seorang kakak juga perlu menghargai keberadaan dan pendapat seorang adik. Jadi sama-sama saling menghargai dan menghormati"sambung Ustadz Tian.

Haekal langsung tersenyum remeh kearah Delano.

"Jam berbuka puasa untuk warga Surabaya dan sekitarnya kurang 1 menit"

Ini radio yang disetel pake hape Joni dari tadi.

"Wahh 1 menit lagi"seru Yangyang sumringah.

Mereka udah siap-siap pada ngambil nasi dan diletakkan di piring masing-masing.

"Bjirr porsi kuli"ujar Jean kaget melihat porsi makan Arga.

"Laper gue"ujar Arga.

"Jangan rebutan"tegur Renjun pas ngeliat Eric rebutan centong nasi sama Han.

BUJANG ABSURD//00LINETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang