Malam hari setelah acara makan malam semuanya berkumpul di ruang santai, keluarga Kyai Ahmad menginap di rumahnya Adiba.
"Sayang kamu mau kan papa jodohin?"tanya sang papa hati hati, walaupun tadi anaknya bertanya dia bakalan dijodohin apa enggak, kalau iya besok tinggal nikah, tapi papanya juga berfikir kalau Adiba cuma bercanda, takutnya Adiba sebenarnya tidak mau.
"Pah jangan bilang Dib Dib mau dijodohin sama temannya papa yang jomblo itu, terus kalau Dib Dib nolak bakalan di pondokin di tempatnya kyai Ahmad, jangan dong pah, ya kali Dib Dib nikahnya sama om om yang usianya sepantaran papa"
"Pah bayangin deh, masa iya, Dib Dib jalan bareng sama suami tapi dikira anaknya bukan istrinya, gak mau ya pah kalau gitu, nanti dikira Dib Dib jadi sugar baby nya om om, oh ya tidak mau".
"Pah Diba mau kok dijodohin tapi ya jangan sama bapak bapak juga kali".
Semua orang cuma bisa tercengang bisa bisanya Adiba berfikir kalau dirinya bakalan dijodohin sama orang yang seumuran sama papanya sendiri, jelas jelas orang yang mau dijodohin ada di depan mata, kenapa tidak peka.
"Astaghfirullah sayang, siapa juga sih yang mau jodohin kamu sama temannya papa, ya kali temannya papa entar manggilnya papa mertua".
"Dek sini deh otakmu biar kakak cuci dulu biar pintar"ucap Alea, yang ingin sekali nimpuk bantal kearah kepalanya Adiba karena gemas.
"Salah lagi, terus sama siapa papa?"ucap Adiba sambil berfikir temannya papa yang anaknya masih muda itu siapa.
"Mikirin apa dirimu dek, mulut sampai monyong monyong gitu"ucap mama saat melihat ekspresi anaknya yang kaya ikan.
"Lagi mikir teman temannya papa yang mana yang anaknya masih muda dan belum nikah mah, biar kalau gak sesuai kriteria Adiba mau masuk pondok"ucap Adiba yang membuat kakaknya benar benar langsung nimpuk batal kearah mukanya.
pluk
"Kakak apa apaan sih, mama papa kak Ale Ale melakukan kekerasan dalam kakak beradek"adu Adiba dengan wajah semelas mungkin, tanpa sadar gus Zayyan langsung ketawa akibat tingkah lucu Adiba.
"Dedek ku tersayang orang yang mau dijodohin sama kamu itu ada di depan mata, noh Gus Zayyan calon suami mu, jaga image dikit napa, gak usah malu maluin"ucap Alea.
"Bohong, Dib Dib gak percaya, kakak suka bohongin Dib Dib, ayo pah siapa orangnya?"ucap Adiba yang tidak percaya karena memang kakaknya suka jahilin dia setiap hari.
"Kakak kamu tidak berbohong Adiba, saya orangnya yang mau dijodohin sama kamu, kamu mau kan nikah sama saya, jadi bidadari surganya saya"gus Zayyan akhirnya turut bicara langsung ke Adiba.
"Mah pah beneran?". Kedua orang tuanya mengangguk.
"Gus Zayyan beneran mau sama Adiba yang gila ini, Adiba bukan wanita yang paham agama, Adiba juga gak hafal al-qur'an dan hadis hadis"ucap Adiba.
Gus Zayyan tersenyum lalu berucap"Saya nyari calon istri yang bisa saya bimbing menuju surganya bukan nyari guru agama Adiba, walaupun kamu bukan orang yang paham agama, saya bisa mengajari kamu dan kita raih surganya Allah SWT bersama sama, gimana?, kamu mau?".
Adiba rasanya ingin meleleh mendengar ucapan gus Zayyan, mimpi apa coba dia bisa dapat laki-laki seperti gus Zayyan. "Adiba mau kok, mungkin gus Zayyan adalah jodoh yang selalu Adiba pinta di sepertiga malam, hehe"ucap Adiba lalu tersenyum dan menyembunyikan wajahnya dipelukan sang papa.
"Tumben kamu malu malu dek, biasanya malu maluin"ucap Alea.
"Kak diam deh gak usah ngeledikin, Adiba deg degan banget tau gak"ucap Adiba.
"Haha baru kali ini mama liat kamu malu gini, harusnya anak anak liat betapa leadernya bisa semalu ini"ucap mama.
"Kak Adiba punya grup dance sendiri, dan kak Adiba leadernya?, kok bisa orang yang sukanya bercanda kaya kakak jadi leader?"tanya Zahra penasaran, apa setiap hari gak ketawa mulu di studio dance.
"Maaf non Zahra, emang non Adiba kalau kaya gini bisa bercanda, tapi kalau lagi latihan dance jangan harap ada yang ketawa, bibi kaget lo pertama kali liat non Adiba marah marah"ucap bibi yang akhirnya ikut nimbrung, karena cuma bibi yang tau sikap Adiba kalau lagi mode leader.
"Masa sih bi, orang kaya Adiba bisa serius, gak percaya saya"ucap Alea.
"Beneran bi kalau menantu saya orangnya serius?"tanya umi.
"Beneran nyonya, kalau gak percaya tanya aja sama temannya non Adiba"ucap bibi.
"Adiba gak galak kok"ucap Adiba membela diri sendiri.
"Bentar deh biar kakak telvon Adel buat tau sikap kamu, biar sekalian calon suami mu tau, dan gak kaget"ucap Alea lalu menelvon Adel. Begitu sudah tersambung hpnya di taruh di tengah meja.
Assalamu'alaikum kak, ada apa tumben telvon?
"Wa'alaikumsalam, lagi apa kamu Del?".
Latihan kak buat cover dance, emang Diba gak latihan?
"Enggak, btw kalian gak salah Del milih Adiba jadi leader, terus asal usulnya tuh dari mana?".
Asal usulnya sih waktu kelas 10 kak, Adiba kan jago dance dan orangnya asik jadinya kita milih dia buat jadi leader, kita pikir Adiba itu orangnya gak galak kak soalnya kita disuruh pelatih dance mau diajarin sama dia atau lewat Adiba, lah kita mikirnya lewat Adiba aja, soalnya kak Reva orangnya galak kita gak mau, tapi eh ternyata kita salah kak, justru Adiba lebih galak dari dia, emang sih Adiba gak langsung nyeplos buat marahin kita, tapi dari tatapan matanya langsung kaya ngomong 'kamu salah'.
Begitu dapat tatapan gitu musik langsung dimatiin dan disuruh ngulangin sendiri, baru kalau udah gak salah, langsung latihan bareng bareng dan berusaha bener bener kompak tanpa musik, cuma ngandelin Adiba yang nyanyi, tapi sesuai ketukannya kok kak, baru kalau benar benar kompak tanpa musik, baru pake musik,
Jadinya gerakan kita selaras, lagi pula setelah itu kita dikasih vitamin sama Adiba terus bener bener merhatiin kesehatan kita, pokoknya selepas latihan Adiba suka telvonin anak anak satu satu buat nanya ada yang sakit gak badannya, dll, jadinya nyaman kak. Waktunya serius dia bakalan serius, dan dia bakalan marah kalau memang anak anak gak bisa kompak padahal sudah seminggu latihan, pasti dia bakalan ngomong tapi nadanya gak ngenakin hati banget kak, apalagi ekspresinya yang datar, ahh pokoknya serem banget kak.
Kita semua sayang kok kak sama Diba walaupun galak, pokoknya bener bertanggung jawab apalagi sebelum latihan dance Diba bakalan telvon orang tua kita buat minta ijin kalau anaknya lagi latihan dance, dan nanti kalau waktunya pulang, Diba yang telvonin, kalau gak ada yang jemput palingan Diba yang nganterin sampai rumah.
"Diba juga sayang kalian kok, kaget ya Del, daripada kamu kaget, Adiba mau bilang mumpung Diba ingat, besok kalian latihan sendiri, besok Diba masih ada urusan osis, pokoknya sampai di studio kalian telvon Diba, Diba mau vc kalian, dan kalau mau pulang juga vc Diba".
"Dan besok tante Erin ke studio buat ukur baju cover dance nya, oh iya bilangin anak anak ada yang mau gantiin Reyna sama Arini gak?, mereka berdua lagi cidera, nanti Diba kirimin video dancenya kalau kalian sanggup silahkan, kalau enggak jangan dipaksain, pokoknya yang bisa teknik".
Dib kenapa gak dirimu aja kalau soal teknik, tapi mungkin gue sama Mala kalau lo gak bisa.
"Gak bisa cinta, masih ada urusan tentang lomba itu, dan ada kabar yang mengejutkan sekali, Diba baru dikasih tau sama Nicko setelah maghrib tadi bener bener dadakan kaya tahu bulat".
Apaan?, lomba lagi?.
"Bukan, tapi bu kepsek tiba tiba aja ngirim daftar nama orang yang ikut lomba cerdas cermat, dan lo tau lombanya kapan?"
Kapan, jangan bilang kalau nama gue ada disitu.
"10 hari lagi cuy, dan gue ikut lomba matematika karena kemaren nilainya bagus waktu kenaikan kelas, dan betul sekali dirimu nak, selamat ikut debat bahasa inggris"
what, are you crazy
"Kalau mau protes jangan sama Diba ya cinta ku, silahkan hubungi kepsek, waktu dan tempat Diba persilahkan, Assalamu'alaikum bye bye"
Adiba langsung menutup telvonnya.
Bersambung
YOU ARE READING
Cinta Tulus Gus Zayyan
RomanceBelum Revisi maaf masih banyak typo dan kekurangan, terima kasih