Faktanya, Joshua pernah jatuh hati sama Rena.
Udah lumayan lama itu terjadi. Mungkin tiga atau empat tahun lalu. Pokoknya masa-masa tahun pertama kuliah. Mereka udah sohiban sejak SMA, dan Joshua nggak bisa mungkirin apa yang dibilang banyak orang tuh bener: susah buat nge-keep hubungan antara cowok dan cewek sebagai temen doang.
Bisa dibilang, Joshua jatuh hati pun nggak langsung sadar. Awalnya, dia sering mikirin Rena meskipun mereka tinggal sebelahan. Terus kadang salah fokus natap muka Rena yang asik nyeloteh ampe lupa diri. Baru balik dari lamunan pas Rena nyundul dia. Belum lagi rasa nyaman pas deket sama Rena.
Karena udah ngerasain gejolak gitu, Joshua beraniin diri ngambil spekulasi: dia suka sama Rena, in a romantic way. Sayangnya, Joshua nggak seberani itu buat bilang langsung ke Rena.
Ada beberapa hal yang ngehalangin Joshua, selain Rena sendiri emang masih belum mau buka hati gara-gara diselingkuhin mantan pacarnya.
Joshua sadar kalau dia nggak bisa sama Rena.
Pandangan mereka soal romantika dari awal beda banget. Rena, walaupun diselingkuhin, masih tetep punya keyakinan kalau bakal nemuin pasangan yang setia sama dia. Sementara Joshua, baginya, romansa happily ever after cuma bullshit.
Dulu waktu awal-awal temenan, Joshua nggak ngarep banyak. Dia mikir paling Rena ntar bakal pergi juga. Tapi siapa sangka kalau Rena stay di sisinya buat waktu yang lumayan lama. Rena bahkan ampe nekat nentang bonyoknya biar bisa tinggal di Indonesia, di sebelah Joshua, alih-alih ikut ke luar negeri bareng orang tua cewek itu.
Belum lagi kakak-kakak Rena yang bisa dibilang sukses di jalan masing-masing. Sohiban sama Rena, Joshua sering dapet curhat kalau dia sering dipaksa tinggal sama kakak-kakaknya. Cuman, ampe sekarang, Rena kekeh tetap nggak mau pergi dan lebih milih tinggal di apart sebelahan sama Joshua.
Pernah Joshua nekat, dengan dalih iseng ngegoda Rena kalau dia nggak mau pergi karena nggak akan ketemu yang mirip sama Joshua. Tau jawabannya Rena?
"Geer amat lo, kerak nasi. Tapi iya sih. Lo salah satu alasan kenapa gue milih stay di sini."
Walaupun abis itu Rena ngoceh topik lain, tapi efeknya nggak sesingkat itu di Joshua. Dia jadi diem sambil mandangin Rena. Pas Rena ngejentikkin jari di depan mukanya, baru Joshua sadar.
Bisa dibilang itu awal mulanya.
Pas itu, berjalan hari, Joshua ngerasain gejolak aneh di dalam dada. Dia jadi sering mikirin Rena. Soal Rena yang selalu bareng sama dia, ngehabisin waktu sama-sama, terus banyak ngobrol juga.
Buat pertama kalinya, Joshua ngerasa dia nggak sendirian.
Adanya Rena bikin Joshua kek nemuin lagi sesuatu yang selama ini hilang.
Seseorang buat Joshua rely on them. Bagi kisah. Terus ngerasa nggak sendirian ngejalanin daily.
Awalnya Joshua berusaha cherish hubungan mereka kek mestinya. Sahabatan. Nggak lebih. Tapi susah. Joshua malah kejebak perasaan bertepuk sebelah tangan.
Joshua pede make sure itu cuma one sided feeling karena … dia tau dirinya bukan buat Rena in a romantic way. Dan lagi, dia nggak mau kehilangan Rena ntar.
Rena jelas bakalan nolak Joshua mentah-mentah kalo ampe nekat. Atau, kalau emang ternyata berbalas pun, Joshua nggak bisa bayangin Rena pergi pas mereka udahan.
Sulit buat Joshua mikir satu hubungan percintaan bakal mulus terus. Pasti ntar akan ada akhirnya. Pernikahan aja bukan jaminan akan sama-sama terus.
Apalagi Joshua dan Rena ....
KAMU SEDANG MEMBACA
Fuck Up the Friendship
Romance[minors do not interact 🔞] Perkenalkan: Renata. Terakhir pacaran lima tahun yang lalu. Alasan putus? Well, klise tapi membekas sampai sekarang: diselingkuhi. Ogah pacaran karena trauma diselingkuhi, tapi bertekad punya pacar yang setia akhir-akhir...