Walaupun aku tidak bisa dibilang bahagia menjadi 'jembatan' bagi semua orang, setidaknya aku cukup baik untuk tidak merusak cinta orang lain, terutama yang lebih muda.
"Aku akan duduk di sini." Kataku sambil membereskan meja berantakan di sebelah meja Uea, sebelum meletakkan laptop yang tidak digunakan siapa pun di permukaan kerja. Lalu aku tersenyum ramah pada Mai yang berdiri di sampingku.
Karena dia benar-benar memperhatikan teman aku, tidak pernah melepaskannya dari pandangannya, sebagai supervisor yang baik aku seharusnya menawarkan apa yang dia inginkan. Sebagian, aku merasa sedikit kasihan pada anak itu. Mungkin suatu hari nanti dia akan mengingatku sebagai seorang wingman dan membawakanku makanan ringan yang lezat.
Hei, aku melakukan ini bukan karena kerakusanku. Itu hanya sebuah ide yang melayang-layang di kepalaku.
"Um..." gumam Mai ragu-ragu. Dia menoleh ke arahku, bangga dengan kemampuan perantaraku, mencoba mengatakan sesuatu.
"Sesuatu yang salah?" Aku bertanya.
"Jika kamu menyuruhnya duduk di sini, bagaimana kamu akan mengajarinya pekerjaan itu?" Uea menyela.
Aku terdiam. Ya, aku benar-benar melupakannya.
Alisku berkerut sebelum segera mengendur.
Aku tersenyum dan berkata dengan santai, "Nah, meja di sebelahku itu milik Mangkon. Tak ada lagi kursi kosong yang tersisa kecuali yang di sebelahmu. Bagaimana kalau kamu yang mengajarinya saja, Uea? Jadi aku tidak perlu kembali dan antara mejaku dan meja Mai." Kataku dengan senyum kurir yang tersembunyi.
Anak laki-laki itu tidak hanya akan bisa tetap dekat dengan orang yang dia incar, tapi aku bahkan tidak perlu merawatnya. Kutukan. Aku sangat jenius!
"Yah, kalau begitu, aku akan mengambil alih."
Jawaban tak terduga keluar dari mulut Uea, membuatku kebingungan. Aku berdiri di sana seperti orang bodoh ketika aku melihat Uea mengambil barang-barangnya.
"Tunggu, tunggu. Apakah kamu akan pindah? Mengapa? Kita membuang-buang waktu yang berharga tanpa alasan." aku keberatan.
"Upayamu untuk menghentikanku juga hanya membuang-buang waktu. Tempatkan Mai di mejaku agar kamu bisa mengajarinya dengan mudah." dia menjawab dengan monoton.
Aku berdiri di sana, memperhatikan teman aku memindahkan barang tanpa mendengarkan keberatan aku. Aku mengintip ke arah Mai bahwa dia sedang menatapku dan secara mental meminta maaf padanya.
Yah, setidaknya tidak semuanya sia-sia. Dia akan tetap bisa duduk di sebelah Uea di satu sisi, meski aku akan berada tepat di sisi yang lain. Jangan terlalu sedih, Nak.
Lima menit berlalu dan 'pemindahan' meja kini telah selesai. Mai duduk di sebelahku sambil tersenyum.
"Apa yang kamu ingin aku lakukan, Senior Jade?"
"Panggil saja aku Jade. Baiklah, nyalakan dulu laptopmu. Akan kutunjukkan beberapa referensi pekerjaan yang pernah kita lakukan di masa lalu." Anak laki-laki itu melakukan apa yang aku katakan dalam sekejap.
Aku melirik tangan Mai yang meraih tombol untuk menyalakan komputer. Jarinya besar dan panjang, dan kulitnya tampak halus.
Orang berpenampilan menarik juga mempunyai jari yang bagus.
Aku membuatkan akun email perusahaan untuknya dan mengiriminya file proyek yang telah aku kerjakan sehingga dia dapat memahami sifat pekerjaan kami. Aku menghabiskan sepanjang pagi menjelaskan tujuan tugasnya. Karena perusahaan kami tidak sebesar itu, jumlah pekerjaan yang harus kami lakukan cukup besar. Aku menugaskannya untuk membuat foto sampul halaman utama perusahaan, lalu memeriksa email aku.