Setahun terasa seperti waktu yang lama, tapi rasanya baru kemarin bulan Agustus ketika aku melihat seorang pekerja magang baru memperkenalkan dirinya kepada semua orang. Dalam sekejap mata, hal itu terjadi lagi. Yang membedakannya adalah magang kali ini membantu departemen pemrograman dan King seharusnya mengawasinya.
Sedangkan bagi Tuan Jadeniphat, satu tahun telah berlalu dengan cepat meskipun banyak hal telah terjadi. Aku sekarang berusia dua puluh delapan tahun, mendekati tiga puluh tahun, dan masih bekerja di perusahaan yang sama, namun sepertinya aku memiliki lebih banyak pekerjaan setiap hari. Hubungan yang aku jalin masih semanis hari pertama.
Juga, pacarku sudah lulus.
Aku menyesap kopiku yang terakhir dan meminimalkan jendela program yang sedang aku kerjakan. Aku sekarang dapat melihat latar belakang desktop komputer aku. Itu adalah foto aku dan Mai dalam gaunnya. Aku hanya bisa tersenyum setiap kali melihat foto itu. Aku ingat dengan jelas hari pertama dia masuk kerja. Dalam sekejap dia sudah lulus dan sudah mendapatkan pekerjaan.
Aku merasa sangat bangga padanya karena berhasil lulus kuliah. Aku tidak tahu kenapa, mungkin karena saat pertama kali kami bertemu, aku melihatnya sebagai adik laki-laki yang manis meskipun sekarang aku tahu dia adalah rubah yang licik.
Aku mungkin punya titik lemah padanya. Kadang-kadang agak terlalu lemah.
Tapi sungguh, aku sangat bangga dengan anakku. Dia belum pernah lulus dengan nilai tertinggi. Nilai terendah yang pernah didapatnya adalah C+; sedangkan aku baru saja mendapat nilai F. Segera setelah lulus dia bergabung dengan perusahaan periklanan ternama, sementara aku kemudian mencari pekerjaan selama berbulan-bulan. Dia terlihat sangat imut dalam balutan jubah merah dan terlihat lebih baik lagi di depan kamera. Aku ingat menunggunya di toko saat dia mencoba gaun itu dan merasa sangat bahagia hingga pipiku sakit karena terlalu banyak tersenyum.
Apakah aku punya pacar atau anak?
*********
Beberapa bulan sebelumnya
Aku melihat jam di dinding, jam kerja akan selesai lima menit lagi. Aku menyimpan berkas pekerjaanku dan meregangkan badanku yang lelah, lalu mulai berkemas, bersemangat untuk pulang.
"Jam kerja sudah selesai, ayo kita pulang, kawan." teriak Fai.
Aku berdiri dan menyapa semua orang sebelum menoleh ke dua sahabatku yang sedang mematikan komputer mereka.
"Sampai jumpa besok jam sembilan. Jangan lupa."
"Ya aku tahu." KIng menyeret suaranya. Aku menoleh ke belakang dan melihatnya sangat lelah. "Aku sudah tahu ini hari ujian kelulusan pacarmu. Kamu sudah memberitahu kami jutaan kali, Jade."
"Aku melakukannya?" Aku tertawa datar.
Keesokan harinya adalah hari kelulusan Mai. Sayang sekali aku harus bekerja pada hari kelulusannya. Tadinya aku akan mengambil cuti, tapi Mai menyuruhku menyimpannya untuk perjalanan kami. Dan setelah mempertimbangkan bahwa seluruh keluarganya akan hadir di hari wisuda, aku pikir akan lebih baik baginya untuk menghabiskan hari bersama mereka. Dan aku akan menebusnya pada hari ujian.
"Ya. Menurutmu apakah kita mengidap Alzheimer atau semacamnya?" KIng menggelengkan kepalanya.
"Aku akan mengulangi banyak hal jika kamu lupa." aku berdebat.
Sebagai lulusan yang berpengalaman, aku tahu hari ini akan memakan waktu lama dan aku tidak ingin menunggu sendirian. Jadi aku telah memastikan mereka mengingatnya selama beberapa minggu terakhir. Tapi King sangat dramatis. Aku belum mengatakannya sejuta kali...mungkin hanya lima puluh.
"Kamu tampak lebih bersemangat daripada Mai. Apa kamu senang tidak lagi berkencan dengan seorang mahasiswa?" King memberiku senyuman lucu.
Aku memelototinya, tapi itu membuatnya semakin tertawa.