9

34 1 0
                                    

Pekerjaan aku tidak terlalu menarik atau menantang. Aku kebanyakan hanya harus mendesain, mengedit, dan membuat karya seni setiap hari. Terkadang detak jantungku meningkat ketika atasanku meneleponku, seratus persen untuk memperbaiki pekerjaanku, nol persen untuk memujiku. Semakin banyak waktu berlalu, semakin berkurang gairah aku untuk bekerja. Aku pikir aku hanya bekerja demi uang, bukan untuk inspirasi dan semangat karier aku, dan itu sedikit membuat depresi.

Setelah empat tahun bekerja, aku telah berubah menjadi pencari nafkah penuh. Aku tidak lagi merasakan serunya bekerja, namun hari itu berbeda. Aku duduk di meja aku, menatap jam dan pintu kantor setiap lima menit. Uea telah dipanggil sepuluh menit sebelumnya dan kursi di sebelahku kosong.

Seringkali, aku tidak pernah dipanggil untuk hal yang baik, tetapi pada saat itu aku sangat ingin dipanggil, karena itu adalah hari mereka akan mengumumkan perubahan gaji kepada kami.

Gajinya akan naik!

Aku mencoba untuk rileks dan mengendalikan kuda. Mendapatkan lebih banyak uang adalah anugerah luar biasa yang menginspirasi kami untuk bekerja lebih keras. Aku bertanya-tanya berapa persentase kenaikannya, ke mana aku akan mengajak teman-teman aku merayakannya, dan untuk apa gaji aku dibelanjakan. Aku sudah meneliti reksa dana, mungkin aku akan menabung sebagian untuk dana bulanan dan menunggu untuk mendapatkan bonus. Kedengarannya tidak terlalu buruk.

Selagi aku memikirkan masa depan, Uea kembali dengan wajah tanpa emosi. Aku menyeret diriku ke arahnya dengan kursi.

"Bagaimana? Apakah kamu mendapat kenaikan gaji?"

"Ya. Sekarang giliranmu, Jade." jawabnya singkat tanpa penjelasan lebih lanjut, tapi aku tidak kesal karena dia tidak memberitahuku seberapa banyak pencapaiannya.

Biasanya kami tidak berdebat tentang gaji kami. Pada awalnya aku tidak begitu mengerti alasannya, namun akhirnya aku menyadari bahwa itu adalah topik sensitif yang dapat membuat orang-orang yang memiliki posisi yang sama memiliki perasaan negatif terhadap satu sama lain. Aku tidak pernah menanyakan kepada King dan Uea berapa gaji mereka, dan mereka juga tidak pernah menanyakan kepada aku. Uang adalah topik yang sensitif. Aku berdiri dan mengambil nafas dalam-dalam untuk menenangkan diri agar tidak terlalu bersemangat, sebelum memasuki ruangan bos besar dengan hati yang penuh gairah.

Namun aku tahu aku seharusnya tidak mempunyai banyak harapan dalam kondisi perekonomian saat ini.

Sepuluh menit kemudian aku keluar dari ruangan bos dengan kepala tertunduk, merasa seperti orang yang benar-benar baru daripada orang yang masuk.

Aku telah bekerja keras sepanjang tahun, dan peningkatannya hanya satu persen. Jadi pada tahun itu aku mengambil dua ratus sepuluh baht.

Dua uang kertas merah dan satu koin besar?! Aku bahkan tidak bisa membeli prasmanan makan sepuasnya!!!

Aku kembali ke mejaku dan memberi tahu Gun bahwa dialah yang berikutnya, lalu duduk di kursiku perlahan-lahan menghilang. Mimpi yang kuharapkan telah hilang.

Aku ingin keluar dari perusahaan itu, tetapi saat itu sulit mencari lokasi baru. Aku tidak bisa menyalahkan semuanya pada perusahaan. Perekonomian sedang sulit akhir-akhir ini dan tampaknya sedang menurun. Setidaknya aku harus bersyukur mendapat satu persen itu.

Yah, aku harus menjalaninya. Kalau perusahaan masih berdiri, aku juga bisa. Kalau ada yang patut disalahkan, mungkin pemerintah... Aku tidak bilang apa-apa.

"Keberanian. Setidaknya kita masih mendapat kenaikan gaji." Uea mungkin menyadari aku sekarat di dalam tubuhnya, jadi dia membungkuk dan menghiburku.

Dia mengangguk, menerima nasibku.

Middleman's loveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang