Biasanya, aku menjalani kehidupan yang sangat dingin. Aku tidak suka menyimpan banyak hal di kepalaku dan terlalu memikirkannya. Tidak peduli betapa sulitnya keadaannya, aku hanya berkata, 'Persetan, teruslah bernapas. Jika aku menemui masalah, aku akan menyelesaikannya dan masalah itu akan berlalu.' Aku menggunakan moto ini dalam segala hal: belajar, bekerja, dan orang-orang di sekitar aku.
Kecuali satu hal: cinta.
Beberapa bulan yang lalu perusahaanku mempekerjakan seorang pekerja magang, dan aku telah merawatnya, tanpa mengetahui bahwa dia luar biasa, seperti dia berasal dari drama Korea atau novel, dan bahwa dia akan menjadi pacarku. Sebelum kami meresmikannya, aku sudah banyak memikirkan tentang Mai, dan bahkan sekarang kami sudah bertunangan, masih banyak yang harus dipikirkan.
Dan kali ini adalah masalah besar, yang terbesar dari semuanya!
Aku menarik napas dalam-dalam dan meminum kopi hitam seharga dua puluh baht untuk menghilangkan stres. Rekan-rekan aku secara bertahap bangun dari meja mereka untuk makan siang di lantai bawah. Aku melihat ke kanan, tempat itu kosong. Uea telah mengambil cuti sejak didiagnosis menderita bintitan. Lalu aku menoleh ke kiri, kosong juga karena masa magang Mai sudah selesai.
Magang sudah selesai, tapi tidak di antara kami berdua.
"Jade, apakah kamu tidak makan siang hari ini?"
King memanggilku dari belakang dengan suara rendah dan serak. Aku menoleh untuk melihat sahabatku bersandar dengan punggung menghadap meja Uea sambil menyerahkan kotak makan siang kepadaku.
"Ini milikmu. P'Nid juga yang membayar."
Aku mengambil kotak makan siangku dan mengambil dompetku. Akhir-akhir ini kami sudah lama tidak makan di lantai bawah, karena keluarga seorang kolega di kantor akuntansi sedang menerima pesanan makan siang. Jadi, apa pun yang ingin kami makan, kami akan memberitahunya pagi-pagi sekali dan keluarganya akan memasakkannya untuk kami dan kemudian mengantarkannya sekitar tengah hari. Rasanya enak, tidak terlalu mahal, dan tidak perlu dijemur.
"Harganya berapa?" Aku bertanya kepada KIng siapa yang memberikan kotak makan siang kepada rekan-rekannya yang lain.
Dia mengambil tagihan itu dan menjawab, "Sembilan puluh."
"Apa?" Aku tiba-tiba menjatuhkan dompet aku dan mengambil tagihan untuk melihatnya sendiri. Aku hanya makan sederhana dengan telur goreng, sembilan puluh baht terlalu mahal untuk itu.
"Sembilan puluh, sialan. Aku hampir kena serangan jantung!"
Aku mencoba melemparkan uang itu ke wajahnya, karena uangku hanya berharga empat puluh lima baht. Dari mana asal sembilan puluh baht itu?
"Ini juga berlaku untuk aku. Aku hanya punya uang kertas 1000 baht. Berikan uang itu kepada aku." kata teman brengsekku dengan acuh tak acuh.
"Kamu hanya punya sisa uang kertas 1000 baht, sedangkan aku hanya punya uang kertas 20 baht!" aku merintih sedih.
Saat itu sudah tanggal dua puluh lima bulan itu, sudah mendekati akhir bulan. Aku segera berkembang menjadi seorang pengemis, sementara orang yang mempunyai uang kertas 1000 baht terus mengambil uang dari aku. Mau tak mau aku ingin memukul kepalanya.
"Apa sih yang kamu keluhkan, Jade? Kalau kamu bangkrut, mintalah pacarmu untuk membayarmu." mencengkeram leherku dan menyeretku untuk duduk bersama di meja di belakang departemen.
"Menurutmu lucu? masih kuliah. Bagaimana aku bisa melakukan itu?" Aku duduk di kursi sementara King yang sedang membuka kari panangnya dengan kotak makan siang babi melirik ke arahku.
"Orang tuanya memberinya tunjangan bulanan yang lebih tinggi dari gajimu."
Kotoran!
Kata-kata King bagaikan jarum kecil yang menusuk hatiku. Aku duduk diam, merasa sedih dengan pekerjaanku, yang penghasilannya kurang dari uang bulanan seorang pelajar.