CATATAN: Bab khusus ini terjadi sebelum Uea dan King berkumpul.
Aku pertama kali bertemu P'Jade di pasar dekat kantor pada Senin pagi yang sibuk.
BULAN SEBELUMNYA
Aku Phakin. Aku kuliah di Jurusan Komunikasi, Seni dan Desain, Fakultas Arsitektur. Aku memasuki tahun keempat dan seharusnya mengikuti program pendidikan kooperatif selama satu semester. Sebelumnya aku telah mengirimkan lamaran magang di sebuah perusahaan swasta di Phrom Phong dan perusahaan tersebut telah menerima aku. Dalam dua minggu ke depan aku akan mulai magang. Hari itu aku harus mengambil kamera saudara laki-laki aku yang telah diperbaiki di toko dekat kantor, jadi aku pikir aku harus memeriksa perusahaan tersebut.
Aku seharusnya tinggal di sana selama beberapa bulan, jadi aku harus mulai mengenal daerah itu. Toko kamera belum buka, jadi ini saat yang tepat untuk berjalan-jalan dan menghabiskan waktu.
Aku memarkir mobil di tempat parkir supermarket dan kemudian berjalan berkeliling untuk mengamati area tersebut. Aku tiba di kawasan ramai dengan gedung-gedung tinggi di kedua sisi jalan. Banyak karyawan yang melewati aku, mungkin terburu-buru untuk keluar. Aku tersenyum kecil sambil berpikir bahwa setelah dua minggu rutinitasku akan sama dengan rutinitas mereka.
Perguruan tinggi adalah semacam simulasi dunia nyata. Magang akan membawa aku keluar dari zona aman itu dan aku akhirnya tahu apa yang akan terjadi setelah aku lulus. Setelah melihat banyak senior yang mengeluh di Facebook tentang apa yang harus mereka lalui, aku tahu dunia nyata mungkin tidak begitu baik.
Tapi aku juga yakin itu tidak buruk sama sekali.
Aku berjalan hingga mencapai sebuah gang dengan beberapa bangunan di kedua sisinya. Banyak warung jajanan pinggir jalan dan toko kecil yang penuh dengan pelanggan. Aku melihat ke toko mie, lalu mendengar teriakan.
"Keluar! Anjing kotor! Apakah kamu ingin menendang?!"
Suara kebencian itu membuat semua orang di sekitarku menoleh dan melihat ke sana. Aku mendekat dan melihat penjual daging babi panggang melemparkan batu ke arah anak anjing yang babak belur.
"Biarkan dia pergi. Dia hanya anak anjing." ucap penjual dari warung terdekat, hanya untuk dipanggil kembali oleh wanita tersebut.
"Lebih mudah bagimu untuk mengatakannya. Anjing sialan ini tidak merusak geraimu. Keluar! Keluar!"
Aku melihatnya mengambil potongan batu bara dari karung untuk dilemparkan ke anak anjing itu. Anjing kecil itu kelaparan dan gemetar ketakutan. Aku berlari ke arahnya untuk membantunya, tetapi seseorang lebih cepat dari aku. Seorang anak laki-laki masuk dan meraih anak anjing itu, memeluknya di dadanya.
"Tolong jangan sakiti dia. Aku akan membawanya pergi."
Suara yang menenangkan terdengar dari orang yang datang untuk menjemput anak anjing itu. Dia mengenakan kemeja biru dengan celana. Dia tampak seperti pria Thailand-Cina jika dilihat dari matanya yang kecil dan lucu itu. Dia mungkin salah satu karyawan di area itu.
"Kau akan membawanya keluar dan dia akan segera kembali untuk mengambil babiku! Kamu tidak bisa berbicara dengan anjing sialan itu!"
"Dia mungkin lapar. Silakan bersantai." katanya dengan tenang. Tangannya berusaha menenangkan anak anjing yang ketakutan itu. Kemeja yang tadinya rapi dan bersih kini kotor.
Ketika orang-orang di sekitarku melihat pertunjukan selesai, mereka mulai kehilangan minat dan pergi. Aku masih di sana, agak jauh darinya. Dia meminta penjual yang marah itu untuk membeli daging babi panggang dan tersenyum lelah padanya saat dia membayar. Setelah mendapatkan daging babi tersebut, dia buru-buru membawa anjing itu ke gang terdekat.