Siang itu, saat istirahat kedua, Yuki iseng mampir ke perpustakaan. Ternyata, di sana ada Reisha yang sedang membaca buku.
"Eh, ada Reisha," sapa Yuki.
"Oh, halo Yuki! Ceritanya keren banget nih, walaupun gue sedih ya bacanya," sahut Reisha.
"Gue ganggu kah? Sorry, kalo gitu gue ngejauh dulu deh," komentar Yuki dengan merasa sedikit bersalah. Ya, dia merasa bersalah karena seringkali dianggap pengganggu oleh teman-temannya. Maka dari itu, ia takut jika kehadirannya menyebabkan gangguan pada Reisha.
"Santai aja, Ki. Ini gue juga mau break dulu kok, karena kebetulan ada suatu hal yang penting buat lo ketahuin."
"Apa itu?" tanya Yuki penasaran."Lo tau ga sih, kenapa Raya tuh bisa sengegas itu kalo berantem sama lo? Meskipun gue ga ikutan nimbrung, gue tau kalo lo berantem gede ama dia semester lalu pas lo ultah, pas makrab, terus pas acara hype house kemarin juga," Reisha memulai sebuah topik pembicaraan.
"Kenapa? Karena nganggep gue pelakor gitu kah?" Yuki balik tanya. Yuki sangat mengerti bahwa Raya membenci Yuki karena ia menganggap Yuki mencoba merusak hubungannya dengan Valen. Meski faktanya tidak seperti itu, sepertinya tiada guna karena hati dan pikiran Raya sudah dipenuhi akan kebencian terhadap Yuki.
"Itu sangat mungkin jadi penyebab utamanya, tapi sebenernya ada sesuatu di masa kecilnya yang ngebikin dia sampe sebegitu tantrum pas pacarnya interact sama cewe lain di sosmed, apalagi dari pesan lo, lo keliatan kaya show interest ke Valen gitu kan."
"Iya, gara-gara Valen iseng PDKT-in gue, gue yang awalnya ngebales dingin jadi luluh juga," jawab Yuki jujur.
"Gue paham, Ki. Gue ga ngebenerin apa yang lo lakuin ke Raya, ga ngebenerin juga apa yang Raya lakuin ke lo, tapi lo harus tau hal ini dari masa kecilnya Raya. Jadi gini, gue kan satu SD sama Raya, waktu gue kelas 3, gue sekelas sama Raya. Nah, suatu hari, nyokap gue bilang ke gue, kalo gue harus sering main sama Raya dan hibur dia, soalnya orangtua dia pisah dan itu bikin Raya sedih banget. Karena gue main setiap hari sama dia, dia jadi ga sungkan buat cerita ke gue. Di situlah gue tau kalo dia dikasih tau ART-nya, kalo ada vidio mamanya Raya ngelabrak selingkuhan papanya Raya. Papanya Raya kan investor dari Australia yang kerja di MNC Group, jadi otomatis vidio itu viral karena orang-orang ga nyangka kalo papanya Raya yang orang terpandang bisa main belakang. Orangtua Raya dulu hampir bercerai, bahkan mamanya Raya sampe keluar dari rumah dan bawa adeknya Raya. Walau papanya Raya nyuruh Raya dan adeknya buat ikut papanya, tapi mamanya tetep ngotot kalo salah satu harus dibawa mamanya. Untung aja, sebelum resmi bercerai, orangtua Raya berhasil nurunin ego dan bertahan demi anak-anaknya, jadi mereka sampe sekarang masih bersama. Sayangnya, hal itu membekas banget di hati Raya, sampe dia yang kasarannya baru puber, masi pacaran remaja ama si Valen belum pacaran serius, bisa tantrum banget waktu ada cewek lain yang nunjukin ketertarikan ke pacarnya. Oh ya, back at it again, gue ga menjustifikasi apa yang Raya lakuin ke lo, tapi tujuan gue adalah biar lo ngeliat sisi lain dari Raya, kalo dia pernah ngalamin kejadian yang traumatis di masa lalunya. Karena gue percaya, ga ada orang yang dari lahir itu jahat, tapi trauma atau lingkungan yang bikin dia jadi kaya gitu," cerita Reisha dengan panjang kali lebar kali tinggi.
"Anjirlah, gue ga nyangka kalo Raya punya trauma sedalem itu... Walaupun gue kesel sama dia, gue kira dia orang yang idupnya serba enak, ternyata inner child-nya pernah luka juga. Eh tapi menurut gue orangtuanya hebat lho, bisa nurunin ego dan bertahan buat anak-anaknya," respon Yuki, "ngomong-ngomong, gue agak heran. Kok lo bisa inget ceritanya sedetail itu si?"
"Ya, karena core memory gue tentang prahara rumah tangga orangtua Raya pas kecil ga sengaja ke-unlock waktu baca buku ini," timpal Reisha sembari menunjukkan buku yang sedari tadi sedang ia baca, yakni Menata Luka karya Chatreen Moko. Buku itu adalah buku yang ceritanya merupakan gabungan antara kisah nyata sekaligus fiksi yang menceritakan masa kecil sang penulis dibesarkan di keluarga yang broken home dari sisi anak maupun orangtua.
"Emang buku itu tentang apa? Maaf gue kudet soal novel, belum pernah liat buku itu," komentar Yuki.
"Tentang anak broken home, Ki. Ceritanya cerita asli si penulis, tapi digabung sama fiksi. Kurleb kaya gitu lah," respon Reisha. Yuki pun mengangguk tanda mengerti.
"Rei, setelah denger cerita lo tentang Raya, gue jadi sadar satu hal. Yaitu, gue sama Raya sama-sama ancur karena trauma. Dia setantrum itu waktu tau gue suka sama cowok yang dia suka, karena dia pernah jadi saksi orangtuanya hampir cerai gegara orang ketiga. Gue ga bisa nyantai pas Raya ngelabrak gue juga karena waktu SMP, gue sering ngalamin yang namanya verbal bullying sampe gue selalu pulang sekolah dengan wajah yang ga bahagia, bahkan ga jarang gue sampe marah-marah di rumah. Gimana gue ga marah, ga cuma gue yang di-bully, dulu karena nge-trend spill-spill nama ortu, nama ortu gue ikutan ke-spill, dan jadi sasaran ejekan juga. Gue yang orangnya ga sabaran banget, gue langsung lawan mereka di saat itu juga, tapi malah gue yang disalahin sama guru-guru karena gue dianggep gampang banget ke-trigger, trus nyalahin gue juga karena masalah lain yang ga ada hubungannya. Singkatnya, ada suatu saat dimana gue udah bisa lebih tenang, udah ga gampang ke-trigger lagi. Lo sekelas pas gue kelas 8 kan di kelas 8B? Nah, gue inget banget, bahkan semuka-mukanya, senama lengkapnya pun gue inget, ada 3 cowok di kelas 8D yang suka gangguin gue. Gue inget, waktu itu gue lagi jalan ke kamar mandi, mau ganti baju abis olahraga. Nah, ketuanya ini tuh langsung pura-pura bikin suara muntah seakan jijik pas gue lewat, kaya sengaja dihuwek-huwekin gitu loh, ngerti kan? Awalnya gue ketawa, karena gue pikir mereka bercanda, gue pun suka bercanda kaya gitu ama temen-temen gue, tapi bahkan gue ga habis olahraga sekalipun, mereka tetep sengaja teriak huwek-huwek gitu pas gue lewat, sampe ke titik dimana gue sama sekali ga mau papasan sama mereka di lorong. Saat ngeliat mereka dari jauh, gue langsung puter arah. Kedengeran remeh ga sih sebenernya? Walaupun begitu, pas gue dibawa ke psikolog, psikolog gue bilang gue ngalamin trauma atas kejadian itu. Meskipun gue ga ngerasain apa-apa, tapi psikolog gue bilang kalo alam bawah sadar gue ga terima. Bahkan, kejadian dimana guru PPKN gue heran karena nilai ulangan harian gue jauh di bawah KKM padahal biasanya selalu di atas KKM, itu ada hubungannya sama kejadian itu. Abis gue dikonsulin itu, psikolog gue kirim surat ke sekolah, dan ga ada lagi verbal bullying yang dilontarin ke gue pas SMP. Walaupun gue sempet ngalamin musibah yang bikin memori gue ilang setengah, tapi sayangnya bagian itu gue ga bisa lupa," cerita Yuki mengenai pengalaman buruk yang ia alami semasa duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.
"Kenangan buruk itu ga perlu dilupain, Ki. Selama lo udah bisa mengikhlaskan, lo pasti sadar kalo idup lo ga berputar di situ-situ aja, alias lo bisa lanjutin hidup lo," terang Reisha, "btw, waktu SMP, kita kan sekelas ya. Gue inget banget lo di kelas suka tiba-tiba nangis sambil mukul-mukul meja, dan walaupun kita cukup deket waktu itu, gue ga berani nanya kenapa lo bisa kaya gitu, soalnya gue takut itu malah bikin lo tambah tantrum. Ternyata oh ternyata, sebab dan akibatnya lebih jauh dari yang kelihatan di kelas."
"Iya bener, gue juga ga pernah cerita ke siapa-siapa soal ini, bahkan ke ibu gue sendiri, karena gue ga mau dibilang cuma jual kesedihan," timpal Yuki.
"Walau begitu, lo hebat bisa ga ngejelekin Raya sama sekali. Orang-orang kalo udah ga seneng, orang yang ga disenengin itu selalu dicari-cari kesalahan buat mereka menghujat, meskipun yang dihujat itu ga salah. Kasarannya, mata mereka udah ditutup buat melihat kebaikan orang lain, dan itu ga baik," kata Reisha.
"Bener, Rei. Nyokap gue bilang pake bahasa bayi, kalo suka boleh, benci boleh, tapi pake logika. Soalnya kalo terlalu suka kita ga bisa liat keburukan orang lain, kalo terlalu benci kita ga bisa liat kebaikan orang lain. Kata nyokap gue juga, jangan sampe sebuah hal yang subjektif ngebikin kita jadi ga bisa melihat sesuatu secara objektif. Ngerti kan bedanya objektif sama subjektif itu apa?" Yuki menceritakan kembali kata-kata ibunya.
"Tau lah, udah tau dari SD. Walaupun anak SMA jaman sekarang banyak yang ga tau kata-kata karena minim literasi, gue ga segitunya," ucap Reisha sambil tertawa kecil.
"Bisa ae lo," timpal Yuki.
"Eh, udah bel nih, balik kelas yuk," ajak Reisha setelah melihat jam di layar ponselnya, dan menyadari bahwa jam istirahat telah usai.
"Kuylah, daripada di-roasting guru gegara telat masuk kelas abis istirahat," kata Yuki. Setelah ini, Yuki dan Reisha pun segera berjalan menuju kelas masing-masing.
KAMU SEDANG MEMBACA
Error : Who Is She? (02 line)
Teen Fiction[UNBELIEVABLE SEASON 2] "Selalu ada kala dimana kau merasa sebagai sistem yang gagal" Kabar meninggalnya seorang gadis yang populer tiba-tiba menghebohkan sekolah. Namun, bagaimana jika sebenarnya gadis itu tak pernah meninggal? Kedatangan anak baru...