Bab 5

166 58 32
                                    

FREEN

Aku tidak pernah percaya pada kesempatan kedua.

Mempercayai bahwa seseorang dapat berubah adalah angan-angan dalam sembilan puluh sembilan persen kasus. Itu hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

Namun, selalu ada satu persen yang menyebalkan. 

Anomali.

Penyimpangan perilaku manusia.

Fakta bahwa mustahil untuk memprediksi atau menangkap momen seperti itu adalah apa yang membuatnya istimewa. Bahkan, patut dinantikan.

Itu adalah dosa yang menunggu untuk dilakukan.

Mawar yang belum tersentuh akan dipetik hingga berubah layu di tempat yang jauh dari habitat aslinya.

Dan bahkan satu persen itu tidak dapat dipercaya. Orang-orang tidak berubah atas kemauan mereka sendiri. Mereka dipaksa oleh tekanan eksternal, oleh keadaan dan tragedi.

Dengan kata lain, kesempatan kedua tidak benar-benar ada. Kesempatan kedua hanyalah mitos yang diceritakan sesekali untuk menenangkan orang-orang yang rapuh secara emosional, agar mereka dapat menantikan hari-hari baru alih-alih terjerumus ke dalam depresi.

Namun cepat atau lambat, mereka akan menyadari hal-hal seperti itu tidak akan pernah terjadi. Mereka justru akan mengalami depresi yang jauh lebih dalam, suatu bentuk yang pada akhirnya akan membawa mereka pada kehancuran.

Aku tidak percaya pada mitos. Aku adalah orang yang percaya pada fakta. Aku mungkin memutarbalikkannya demi keuntunganku, menggunakan versi yang menyimpang untuk mencapai tujuan tertentu.

Namun, ada pengecualian.

Sebuah ilusi yang akan aku kejar.

Wanita yang duduk di sebelahku, di kursi belakang mobilku adalah mitos belaka.

Seorang doppelgänger.

"Apakah kau percaya pada doppelgänger?" Becky bertanya kepadaku saat kami sedang sarapan.

Aku mengangkat alis. "Doppelgänger?"

"Jangan menatapku seperti itu. Mereka nyata! Konon, setiap orang memiliki empat puluh orang yang mirip persis dengan mereka. Mereka tersebar di seluruh tempat, jadi sangat jarang menemukan doppelgänger di waktu dan tempat yang sama."

"Sayang."

Dia menyipitkan matanya. "Kau tidak percaya padaku?"

"Aku hanya mengatakan 'sayang'."

"Kau sedang menyindir."

"Menyindir?"

"Ya, benar sekali, Freen!"

"Hmm. Bagaimana kau bisa begitu yakin?"

"Itu bukan intinya."

"Lalu apa?"

"Bayangkan saat ini doppelgänger-ku ada di suatu tempat." Dia tersenyum lembut padaku. "Jika kau melihatnya, kau tidak akan bisa membedakan kami."

"Itu tidak mungkin."

"Itu mungkin saja. Aku harap kau yang melihatnya."

"Sepertinya kaulah yang ingin bertemu dengannya. Kenapa kau tidak menginginkannya?"

"Tidak, Freen! Kita tidak bisa bertemu dengan doppelgänger kita. Orang pertama yang melihat doppelgänger kita akan mati," bisiknya dengan nada ketakutan.

DoppelgängerTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang