Fanie - depurple

1.1K 57 0
                                    

Jum'at, 24 Februari 2017

S

haring With depurple

Tamu pertama yang sudi mampir di grup rebellionid adalah kak Fanie.

Sebelumnya perkenalkan, namanya Stefanie. Unname wattpadnya depurple. Dia sudah nerbitin The Coldest Heart dan Marry My CEO. Anggota dari salah satu Ambassador wattpad indonesia.

Yuk, mau tahu serunya? Scroll

Q : Gimana step stepnya dari wattpad bisa masuk ke penerbit?

A : Stepnya, hm, awalnya aku memang pengen banget bisa diterbitin di elex media atau GPU. Lalu iseng ngehubungin salah satu editor elex media (yg jadi editorku sekarang). Waktu itu cuma sekedar tanya ke mana bisa kirim naskah. dikasihlah email elex umum. Gak langsung ngirim karena emang naskah belum ready, secara MMC ditulis masih awal banget mulai nulis jdi masih alay-alay gimana getooo, wkwk

Nah, selang beberapa minggu, editornya tiba-tiba ngehubungin aku nanya apa naskahnya udah dikirim atau belum, karena memang nyatanya belum (bahkan ngedit aja belum wkwkwk). Lalu editornya bilang kalau dia tertarik sama tulisanku di wattpad dan minta dikirimin naskah nya untuk ditinjau kembali, akhirnya aku kebut editing.

Nunggu beberapa bulan juga, keputusan diterima diterbitin atau gak nya. Sampai akhirnya beberapa bulan kemudian dapet kabar kalo diterima untuk diterbitin

Q : Pernah ngalamin stuck ga sih kak? Kalau pernah gimana cara ngatasinnya?

A : Walah, gak usah ditanyaaa, hihihihi. Aku yakin semua penulis pernah ngalamin saat-saat stuck. cara? liburannnnn *maunya* bhaks.
Okay serius, aku sendiri tipe pengkhayal. Jadi di saat stuck atau kehilangan feel, aku biasanya pejemin mata atau sambil tiduran sebelum tidur, coba bayangin cerita yang kutulis, kejadian-kejadian yg mungkin untuk dimasukkan lalu biarin karakter itu nentuin setiap kata-kata dan perasaan mereka.

Q: Selain itu ada lagi gak kak?

A: Pernah nonton film dong? nah kayak nonton film aja.
Tapi tetap aku arahin imajinasiku agar gak lepas dari ide cerita awal yang kutulis.
Penting juga buat kita punya buku ide cerita.

Q: Buku ide? Gunanya apa tuh kak?

A: Karena daya ingat manusia terbatas, apalagi yang suka galau dan plinplan, jadi wajib kudu harus banget nulis ide cerita-corat coret aja gak perlu smpe kerangka karangan.
Mininal kalian gak akan lari terlalu jauh dari ide awal, ingat, perjalanan menulis cerbung itu panjang, banyak godaan dan iming-iming yang bisa buat galau.

Q : gimana caranya buat ngebangun feel karakter tiap tokoh?

A : CATAT!

Namanya juga penulis pastinya yah nulis, hihihihi. Catat karakter setiap tokoh kalian. Resapi. Nah, cara yg kubilang sebelumnya juga nyambung, karena aku sendiri biarin karakter mereka menentukan apa yang mau mereka ucapin, keputusannya, dll.
Aku sendiri gak lepas dari kesalahan karakter kok. Waktu editing MMC, bisa dibilang versi certak 80% berubah dari versi wattpad karena penguatan karakter peran utama dll
Efektif juga punya beta reader.
Nah, sebagai satu grup kepenulisan bisa saling membantu yg penting saring saran dan kritik yang ada.

Q : Pernah merasakan writer block ? Kalau pernah gimana cara atasinya?

A : WB? hm, kalo menurutku WB gal ada apa-apanya, penyakit terbesarku....
MALAS,
wkkwkwwkwkwk.
Intinya sama si penyelesaiiannya, jangan dinikmatinlah. Kebanyakan orang--termasuk aku--juga kadang-kadang nikmatin saat-saat itu.
Lawan nah, push diri kalian untuk nulis corat coret dulu juga boleh. Minimal biasakan untuk tetap menulis sekalipun tulisan itu gak kalian terbitin.
Tapi tetap lawan. Bisa juga refresing dulu, kalau aku tidur dulu, wkwkwk. Asal inget, jangan kebablasan, karena kalau kebablasan malah ngenakin WB nya.

Q : Pernah gak kaya ide di kepala itu banyak yang pengen di tulis. Tapi, giliran mau nulis gak tau harus mulai dari mana?

A : Pernah banget, caranya? Jangan napsuan toh, hihihihi. Cara yg sama yang awal kujelasin, biar tokohnya milih, dan ide cerita inget, jangan lari dari ide awal, planning awal, komitmen, tulis yg sudah klian rencanakan. Boleh lha cheating dikit-dikit tapi jangan jadi keterusan tetep jaga komitmen.

Q : Kak terinspirasi dari mana sih cerita marry my ceo? terus karakter cewenya itu real karakrer siapa atau kakfan ngebangun sendiri karakternya?

A : Marry My CEO, ide ceritanya muncul saat aku jadi pembaca wattpad 2 bulanan. Aku habis baca salah satu cerita. Jangan tanya cerita apa karna aku juga lupa, wkwkwk. Lalu timbul pertanyaan dalam diriku, apa jatuh cinta secepat itu? hanya dalam sekejap. Apa cinta bisa meluluhkan hati seseorang? Sampai akhirnya terlintas ide cerita itu. Maju mundur buat nulis akhirnya aku memberanikan diri untuk nulis ceritanya.

Karakternya gak real, wkwkwk. Karena semua imajinasiku aja. Cuma nilai-nilai yang kusalurkan dan beberapa hal terinspirasi dari sekelilingku.
Kayak hubungan Viona dan mamanya, bisa dibilang dari inspirasai hubungan aku and mamiku.

Q : Bener gak sih kak, kalo pertama kali nulis itu sebaiknya jangan pilih konflik yang berat?

A : Hm, kalau tanyanya ke aku, jawabannya...

Santai aja, hehehehe.

Sebagai seorang penulis ada kalanya penting banget dibawa santai, jangan terlalu terikat tapi jangan juga kabur ke mana-mana. Aku gak pernah mikirin berat atau gak alur cerita yang kutulis. Aku menulis cerita yang kusuka yang klop di hati dan yg jodoh aja, hehehehe.

Nikmati saat-saat kamu menulis itulah hal yang penting.

Note: Bukan berarti besok-besok pake alasan jawabanku ini untuk gak ngikutin ebi, tanda baca, dll ya. Kuceramahin 7 hari tujuh malan nanti.

Q : Pernah gak kak, ngerasa gak PD sama tulisan sendiri? Kaya mau baca ulang malu gitu?

A : Gak PD, hm, aku lupa, tapi kayaknya dulu pernah, waktu belum tobat. bhaks. Lalu suatu hari ada salah seorang penulis di grup kepenulisan bilang ke salah satu penulis lain yg ngelarang teman-teman yang lain untuk baca ceritanya dia (ng, kebelit gk ya? kkwkwk)

Waktu editorku bawain salah satu seminar, aku sempet diajak.Di sana ada statement yang keren menurutku.
"Kalau penulis sendiri tidak mencintai tulsiannya gimana pembaca bisa mencintai tulisan itu?"

Malu si enggak, tapi illfeel iya. Waktu revisi MMC awal-awal banget aku sampe geleng-geleng, bisa-bisanya aku nulisnya alay banget,kwkwkwkwkw. Yah, tapi aku sadar, itu perasaan yang wajar, artinya saat ini aku aku sudah lebih baik daripada aku yang dulu
kalau kita biasa-biasa aja itu yg tanda tanya. Artinya kita stuck dan gak upgrade diri.

Q : Kak Fanie sebagai pemula kadang sering gak perhatikan detail cerita tuh? Gimana caranya agar kesalahan itu gak terlalu mengganggu cerita?

A : Jangan napsu kalau nulis, wkwkkwwk
Dulu ada yg protest sama kalimat ini "Show dont tell"
Aku sendiri setuju dengan kalimat itu, karea itu kenyataannya. Ingat, pembaca bukan dukun atau penerawang yang bisa tau isi pikiran penulis tanpa kalian tulis. Bantu mereka mengimajinasikan.

                                   *****

Nah... itu tadi beberapa tips dari Kak Fanie. Ingat ya, tetap komitmen sama tulisan kalian. Semangat!!!
Ps : Jangan lupa beli "Marry My Ceo" di toko buku terdekat.

 Semangat!!!Ps : Jangan lupa beli "Marry My Ceo" di toko buku terdekat

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now