Ini kita sharing dengan penulis muda yang sudah merilis bukunya dengan judul "Crazy Mate". Penulis dengan genre teenfiction ini merupakan salah satu mahasiswi jurusan peternakan di Universitas Sriwijaya. Akrab dengan nama Bellazmr ini kelahiran 1999. Masih muda bukan? Bella lagi sibuk dengan bukunya yang sedang dalam proses penerbitan yang berjudul "Fall". Masih banyak lagi karya-karya Bella di akun wattpadnya, intip yuk!
Q : Kak gimana sih bikin cerita yang sad gitu? Biar feelnya dapet wkwk.
A : Sebenernya ya cara ngefeel sad itu dimulai dari pemilhan kata untuk dijadikan narasi. Selain itu juga, yang pertama bisa ngerasain itu dapat apa nggak feel sadnya itu ya kita sendiri. Kalau kita ngerasa nggak dapat maka pembaca juga bakal gitu. Bekalin diri kamu dengan kamus kbbi di sana banyak kata kata yg bisa kamu gunain buat ngaplikasi narasi kamu biar bagus dan terus jangan lupa banyak membaca cerita lain juga😊
Q : Bel selama nulis di wattpad, apasih keluh kesah kamu? Lebih banyak sulitnya apa engga? Awal meniti karir gmn?
A : Pertama pas nulis di wattpad itu kelas 10. Kendalanya ya banyak banget, kesibukan dunia nyata dan yah semacam hilang mood untuk nulis. Meniti karir sebenernya kurang pas dijadiin tongak menulis, lebih pas kalau dikatakan meniti menulis. Karena sebenernya tujuan pertama nulis itu ya pengen nulis aja, nggak apa apa nggak dibaca orang yg penting pengen nulis di aplikasi gitu. Ya alhamdulilah Allah ngasih jalan lain dari menulis. Satu pesan aku, kalau mau nulis jangan dikejer mau tenarnya, mau diterbitinnya atau mau yg untung-untungnya. Menulislah karena kamu pengen lebih baik dlm hal menulis dan bikin semua orang yg membaca jadi terinspirasi.
Q : Kak Bell, nulis teenfiction kan ya. Sekarang kan marak nih cerita2 teenfict yang diterbitkan jadi novel dan intinya itu rata2 seputar badboy, nerdgirl, dsb gitu. Nah, kalau seperti itu gimana sih pendapat Kakak? Kan pasti orang berpikir, ini judulnya gini2, tapi pasti intinya sama soalnya dia termasuk genre teenfict.
A : Sebenernya ya karena itu lagi booming makanya setiap orang mau nulis ya segenre itu. Tapi balik lagi, sesuatu booming karena diminati. Sebenernya aku kurang nangkap pertanyaannya. Intinya apa pendapat aku mengenai kisah teenfict yang banyak badboy gitu? Kalau menurut aku sih its okay. Semua orang punya pemikiran masing masing, meskipun satu tema belum tentu satu jalan cerita. Karena diminati makanua orang berbondong bondong nulis di sana.
Q : novel flesh out terinspirasi darimana kak?
A : Dari pengalaman pribadi hehe.
Q : Kendala saat menulis?
A : Malas ngetik, banyak tugas kuliah, capek dll namanya anak kuliah ya😂
Q : Kakak nulis dari tahun berapa?
A : Kelas 1 sma, kalau ditotal sih mungkin 3 tahun lebih yang lalu. Tp sebenernya dr sd juga hobi nulis. Tp nggak nulis cerita tapi puisi.
Q : Awal mula nulis karena apa kak?
A : Pengen curhat 😂
Q : Pernah jenuh pas menulis?
A : Jenuh tuh nggak, cuma lebih ke males.
Q : Kebanyakan inspirasi nulis datang dari mana kak?
A : Pengalaman pribadi semua dikombinasi sama keinginan yang nggak tercapai hehe.
Q : Punya penulis fav? Siapa?
A : Agnes davonar penulis surat kecil untuk tuhan dan sekarang ngefans sama ika natasa. Kemaren borong semua novelnya kak ika 😂
Q : Kak gimana caranya buat bikin cerita kita itu menarik di mata pembaca?apakah dari segi prolog nya harus langsung klimaks biar pembaca penasaran?apa segi sinopsisnya?apa temanya harus ikutin apa yang lagi booming sekarang? Karna suka kepingin kek penulis wp lain yg baru aja update 1 part pembaca nya udh beribu:'v, gimana caranya?
YOU ARE READING
Sharing With The Writers
Non-FictionIni kumpulan hasil sharing member rebel dan beberapa penulis. Cover by @andieeeeer