Dikenal sebagai mounalizza di wattpad, gadis ini punya semboyan "Sejenak hanya ingin berkhayal. Karena dunia nyata lebih drama dari khayalan yang kita khayalin." Wow, ngena banget ya gengs! Mounalizza sudah mempublish 14 karya di wattpadnya, antaranya : Let it Flow #1, Let it Flow #2, Let it Flow #3, Rujuk?, Destiny, Istri Cadangan, Jodohku Ruwet, Jodohku Ruwet #2, My Love Kim, My Apple, Bonus Palsu, 24 Jam, Crazy, dan Pacaran? Maunya Nikah Aja. Gimana guys? Tertarik gak sama karya-karyanya mounalizza? Pasti tertarik dong, apalagi buat kalian yang jomblo-jomblo. Let's check itu out our mentoring!
Q : Kakak kan publish banyak karya tuh kak. Itu di selesaim satu satu atau berbarengan sekaligus?
A : Satu2 lah. Kadang ada yg barengan tp ga banyak. Biasanya aku stop dulu. Biar fokus
Q : Kak Mou, pernah gak kakak udah pub setengah cerita terus merasa cerita kakak kurang masuk akal dan ingin unpub aja? Dan apa yg sebaiknya dilakukan kalau ini kejadian?? /menurut kakak aja?
A : Br kmrn aku kayak gitu. Cerita aku judulnya Rujuk. Aku kebablasan salah keyakinan. Tapi akhirnya di pertengahan aku rubah. Nggak sampe di hapus.
Q : Salah keyakinan?
A : Iya. Jd jalan cerita aku yaa rada2 pasaran.. MBA gitu.. nah dalam agama islam kan ga mudah.. sedangkan aku udah terlanjur pakai jalan cerita yg berbeda, jadi kalau aku tetap maksa pakai keyakinan itu ( tokohnya muslim) aku kayak beban mental dan kurang tanggung jawa. Risiko hapus cerita sudah pasti.
Q : Kalau g bisa buat kerangka?
A : Rangka kasar aja. Di note hp pasti aku selipin. Jd nggak lupa.. hehe
Q : Kak moun, gimana cara kakak tetep konsisten dgn karakter tiap tokoh? Nih ya cerita kakak kan melibatkan banyak tokoh dan berbentuk series. Apa nggak mumet tuh kak? Kayak yang jodohku ruwet 2 itu kan melibatkan banyak tokoh disana. Ada 5 pasangan ya kalo gasalah
A : Dr awal aku udah buat sifat mereka sendiri2 jadi pas nulis yaa diusahakan bisa. Aku sendiri juga bingung nekat bgt buat 5 pasang dalam satu cerita hahaha 😂
Q : Wuih bagus, kakak mikirin beban moral dalam nulis cerita?
A : Iya.. kalau kita sok tahu padahal itu hukum agama pasti, malah jadinya keblinger.. itu aku pas ganti status keyakinan ga asal ganti. Ada beberapa reader dgn agama kristen aku tanya2 hukum di agamanya. Aku juga ga mau asal nulis. Biar bagaimanapun harus ada pesan dr cerita yg kita sajikan. Riset itu wajib
Q : kak, ide yang muncul di kepala kakak kan pasti banyak tuh. karna banyak, kita harus pilih ide yang bakalan jadi dasar di cerita kita (point dr cerita). bagaimana cara kk milih ide terbaik sebagai dasar cerita yang mau kk buat? '-'
A : Milihnya sesuai kapasitas kita juga. Kalau di isi kepala kita merasa sanggup pasti nulis lancar jaya.
A : jadi keyakinanya tokoh diganti gt kak?
A : Iya diganti. Krn aku mau mempertahanka jalan cerita yg sudah dipublish. Salahnya aku pas awal aku lalai. Jd nya yah di tengah jalan revisi.
Q : Dari semua cerita kakak, yang paling lancar nulisnya yang mana? Terus kenapa?
A : Yg mana yahh. Mungkin crazy. Krn di sana aku selipin ttg hobi aku sama akuarium laut. Jd nya seneng . Aku kayak tukang dagang ikan laut kerjaannya promosi hehe
Q : Kakak pernah gak si stuck di satu cerita doang?
A : Maksudnya? Cerita yg lain ga bisa dilanjut apa gimana?
Ga ada sih kayaknya. Aku selalu bertahap kalau nulis. Jd ga semua di publish bersamaan. Ada barengan tp aku ksh tahu, mulai on going nya kpn.
Q : Kakak kalo nulis ada target berapa word gitu gak?
Kalo ada readers yang komen mintak tambahin panjang cerita per chapter gitu gmn respon kakak?
A : Waktu JodohkuRuwet2 maksimal 6000 word per bab. Tp stelah kemarin aku revisi, lebih dr 1000 halaman. Alamak malah ruwet sendiri kalau mau terbit. Haha ..makanya sekarang aku batasin, maksimal 3000 perbab.
Oiya kalo respon reader yg bilang kurang banyak ga aku ladenin..paling aku ajak bercanda aja.
Q : Awal mula nulis itu hobby atau iseng iseng kak? Pengalaman yang berkesan selama nulis wp apa?
A : Kalo nulis dr dulu kali..tp ga ada wadah yg bisa aku tuangkan. Watty cukup bisa buat aku semangat lagi.
Pengalaman berkesan pas di plagiat. Itu rasanya sesuatu. Hahah
Q : Malam mou salken, cerita mou yang istri cadangan itu terinsfirasi dari mn? apkh terinspirasi dari mereka yang berpoligami?
A : Hai lam kenal. Inspirasi dr mn g ada..hanya otak lebay nan alay aja sih waktu itu nulis. Pas awal2 main wattpad. Jd aku sedikit cari yg lebay. Hahaha. Kalau boleh jujur aku jg beban angkat cerita itu. Apalagi udah terbit. Untungnya editor aku org yg baik. Bisa bangkitin rada ga pede nya aku.
Q : Kakak kalau bikin karakter di cerita itu bagaimana? Ada gak tokoh yang Terinspirasi dari reallife kakak?
A : Ada. Malah kebanyakan di sekitar aku. Hahah jd lebih gampang aja risetnya. Kadang juga liat artis cowok ganteng. Haha
Q : Kakak kan sering tuh bikin cerita ttg prahara rumah tangga apalagi konfliknya lumayan berat. Pernah nggak sih kaka berpikir kalo masalah yg kakak angkat itu terkesan drama bgt dimata readers?
A : Klo cerita yg skrg. Let it Flow seri, Rujuk, aku sengaja angkat g khayal terlalu. Dalam arti, kasusnya kadang ada di sekitar kita. Nah cuma Istri cadangan aja sih yg lebay. Hahah
Q : Padahal nih ya dalam real life prahara rumah tangga tuh malah lbh drama dr serial drama di tv. Itu sih yg aku lihat dan denger dr curhatan mama-mama senam iya 'kan?
A : Hahah harusnya pas kamu lg ikut dgr. Tulis di note hp. Bisa jd rangka tuh haha.
Q : Mou termasuk author yg suka bikin karakter cwo yg dingin, cuek, nggk banyak neko2? Atau lebih ke sifat ceria.
A : Kalau yg diem2 bgt ada tp ga banyak. Kalau pun diem, pasti rada2 miring. 😂 Dasarnya aku demen yg petakilan, judes. Seru aja
Q : Miring kak?
A : Iya kalau yg diem sok kulkas. Ah malesin.. dikira enak apa dikacangin . Jd aku kurang feel.
Q : Kalau karakter cwenya lebih suka yg galak mou?
A : Di jodohku ruwet2 aku buat 5 karakter cewek. Ada kalem, galak, dinamis. Dan yg disukain yg galak. Haha
Q : Klo mou lebih suka latarnya dmn?
A : Latarnya ya di negara sendiri haha.
Q : Cinta produk lokal ya?
A : Harus dong, masa negara org di eksplor terus negara sendiri nggk. Nggk cnta tnh air
Aku kmrn pake latar lg jalan2 ke dieng wonosoba liat milky way. Eh ada reader besoknya bilang dia ke sana gara2 tertarik abis baca cerita aku
Q : Oke terakhir kak, pesan dan kesan untuk rebel dong
A : Makasih dah tanya2. Haha apalah org rada miring kayak aku.
Pesannya. Kalau mau nulis. Nulis sesuai isi hati. Jangan liat kanan kiri. Jangan pikirin rank dulu, yg penting isi kepala pas nulis lancar. Kalau liat2 sebelah yg ada malah ga lancar.
Kesannya seneng.. berasa muda lagi hahha. Trus rapi, jd jawabnya ga bikin keder
YOU ARE READING
Sharing With The Writers
Non-FictionIni kumpulan hasil sharing member rebel dan beberapa penulis. Cover by @andieeeeer