Tamu kita untuk mengisi jadwal sharing kali ini adalah Andhyrama. Siapa yang gak tau sama dia? Dia yang ngisi malam puncak Wawa 2017 lho! Wattpad kak Andhy ini juga sudah verified, iri gak? Kakak ini tergabung di beberapa komunitas wattpad Indonesia, dia juga salah satu Ambassador Wattpad. Kak Andhy sudah mempublish 42 cerita di wattpadnya. Salah satu dari 42 judul tersebut akan diterbitkan, yaitu "The Darkest Ray". Pada gak sabar kan? Mari simak mentoring kita malam ini!
Q : Bisa ceritakan sedikit awal kakak jadi penulis itu gimana? Jatuh bangunnya sampai bisa nerbitin buku seperti sekarang itu apa saja? Terima kasih
A : Aku dulu suka baca cerita gitu. Baca dongeng2 kek macam dongeng nusantara atau kisah2 nabi, dongeng2 mancanegara juga. Lah kemudian, aku mulai berpikir kalau sepertinya aku juga bisa bikin dongeng sendiri. Terus mulailah aku dongeng2 salah satunya asal-usul kucing garong😂
Setelahnya aku mulai nulis banyak cerita absurd ga jelas gitu. Tapi konyolnya aku pede2 aja share cerita2ku ke temen2. Akhirnya nemu wattpad di mana aku bisa share ceritaku ke yg lebih luas.
Q : Halo kak, salken ya😊
Udah berapa lama kak gabung di wattpad? Gimana bisa kakak udah nerbitin 42 cerita di wattpad? Dulu waktu awal buat cerita, setiap ada ide, kakak langsung nulis terus publish atau di simpen dulu di draft? Atau nunggu cerita sebelumnya selesai baru publish cerita baru apa gimana kak?Makasih kak.
A : Oh itu karena aku kebanyakan nulis cerpen. Sebenarnya itu jumlah ga bener karena aku banyak unpublish cerita. Mungkin jumlahnya udah 60an😉
Tapi dikit yg novel. Yg panjang paling Losta Connecta, The red Affair sama Peka Banget! Yg lain nanggung2
Aku nulis dulu sih hampir tiap hari. Karena aku seneng aja berkomunikasi di wattpas.
Terus ya, Aku jadi ketemu banyak org dengan hobi sama. Karena di sekolah paling 1-2 yg suka nulis kek diriku. Jadi kumerasa menemukan duniaku hahaha.
Klo nulis sih, kadang ngedraft dulu. Kadang langsung up karena ga sabaran😜
Tp bagusnya sih draft dulu klo panjang. Klo cerpen mah langsung up gpp.
Intinya sih sebelum up cek dulu. Pasti ada typo2
Q : kadang malah bikin work baru dahal satunya belum kelar
A : Lah aku juga itu, Sering bat bikin work baru
Intinya aku nulis masih suka2. Kedepannya pengin sih terstruktur. Tp yg penting tetep nulis!
Q : Kak, mau tanya, gimana cara kakak buat menstabilkan readers, biar readers gak naik turun terus alur cerita tetep rapi?
A : Klo menstabilkan readers itu sih kalian kudu rajin update. Terus alur kalian itu bikin penasaran dan punya cliffhanger di setiap akhir partnya. Dan pokok masalah pun harus fokus.
Dan hal yg plng pentinh itu tokoh2 kalian harus related ke mereka. Karena tokoh2 kalian yg mengbidupkan cerita. Jadi penokihan perlu dibangun sungguh2.
Q : Halo kak andhy, aku mau tanya pendapat kakak kalo ada readers yg komen komen next gitu gimana? Kan suka ada tuh penulis yg gak suka kalo readers komen "next", katanya kesannya kyk nyuruh, kalo menurut kakak gmn?
Terus waktu paling tepat kakak dpt ide itu kapan sih?
Satu lagi, kl buat penulis pemula, gimana biar cerita kita banyak dibaca readers dan cara promosiin yg baik menurut kk gmn?
A : Menurutku itu wujud lain dari speechless. Kek cerita lu bgs bgt kugabisa komen pen lanjut pen baca lagiiiii. Tp mereka singkat dengan next.
Q : kak, apa yang jadi moodboster kakak bisa nerbitin 42 karya? :v. Gada keraguan gt kalo ternyata ceritanya g dinikmatin readers?
YOU ARE READING
Sharing With The Writers
Non-FictionIni kumpulan hasil sharing member rebel dan beberapa penulis. Cover by @andieeeeer