Penulis wattpad yang akrab dikenal dengan nama Alnira03. Kak Alnira nulis dengan genre romance, chicklit dan general fiction. Work-nya juga sering masuk ranking di wattpad loh guys. Ia juga sudah melakukan self publishing beberapa karyanya yaitu Dilanika, Nerdy Girl, Move on, dan lain-lain. Simak sharing kita malam ini ya, guys!
Q: Kakak kan nulis general fiction tuh ya. General fiction itu fiksi umum, 'kan? nah, kesulitan kakak saat nulis genre itu apa dan di mananya?
A: Untuk kesulitan sejauh ini belum ada Alhamdulillah, karena nulis dalam genre itu juga baru satu kisah.
Q: oh baru satu kisah. tapi, kakak kok mau coba buat genre itu kenapa? dapat inspirasi dari mana?
A: Kalau yang aku buat fiksi umum itu judulnya kan yang Lempar Kode Sembunyi Hati, kenapa pilih genre itu karena sebenernya cerita itu umum terjadi di kehidupan sekitar, dengan tema friendzone gitu. Tertantang aja karena selama ini kan genrenya romance sama chicklit. Kebetulan itu juga based on true story gitu
Q: Wuih friend zone.
A: Hahaa disnini banyak kejebak prenjon ya wkwkkw
*tbtb sepi*
A: Hahha makanya aku bikin tentang friendzone karena banyak yang mengalami, dan pada kesentil sama cerita itu. Malah ada yg ga mau baca hahha
Q: Ceritain dong gimana awalnya dulu kakak jadi penulis sampe bisa jadi penulis terkenal kayak sekarang😂
A: Oh, awalnya iseng aja, karena aku memang udah suka nulis dari SMP, tapi ceritanya nggak pernah kelar, nah 2014 kenal sama wattpad tadinya cuma jadi readers, tapi tergelitik buat publish cerita yang dulu sempet dibikin, iseng aja eh ada yang baca jadi semangat nulis dan sampai kayak sekarang deh.
Q: Genre cerita buku yg buat mood ka Alnira naik?
A: Untuk saat ini sih chicklit ya, yahh cerita tentang urban fiction gitu.
Q: Kan kk pernah melakukan self publishing. Nah, bedanya self publishing sm penerbit mayor itu apa ya? Aku masih kurang paham.
A: Selfpublish itu, kita cetak sendiri ke penerbit. Jadi nanti penerbit cetak sesuai pesanan kita. Kita yang ngurus semua pembelian buku, buku ga dijual di toko buku, tapi biasa penerbit bantu jual di website.
Klo mayor ya kayak penerbit gramedia pustaka utama, elex atu grasindo gitu yang memang menyeleksi naskah yang masuk untuk dibantu terbit dan pendistribusian juga dari mereka, kita paling bantu promo aja.
Q: Inspirasi Kak alnira dalam menulis apa? Dan kenapa milih nulis genre romance.
A: Inspirasi biasanya dari lingkungan sekitar ya, karena kebetulan aku kerja itu di front office, jadi tiap hari komunikasi sama orang dengan karakter beda-beda nah itu bisa jadi inspirasi. Jadi imajinasinya lebih kaya.
Kenapa romance? Karena di dunia ini ga asik klo ga ada bumbu-bumbj romancenya wkwkwk
Q: Mba al, pernah kepikiran untuk bikin cerita dengan genre diluar zona nyamannya mba al gak? Misal buat horror, atau sci-fi gitu
A: Sejauh ini belum, karena aku juga ga suka horror. Tp lagi buat cerita action sih.
Q: Wuih cerita action. Agak susah itu
A: Iya susah bukan agak lagi, musti bener-bener muter otak
Q: Cara kakak buat si tokoh utama dalam genre chicklit punya daya tarik tersendiri gimana? Dan liat dari sisi mana aja?
A: Kalau dalam buat karakter cowok itu aku pakai cara yang sama di setiap novelku, intinya tentukan dari awal ini cowok maunya model gimana, humoris kah, misterius kah, dingin kah, selengekan kah, nah setelah dapet karakter awalnya pertahankan sepanjang cerita.
YOU ARE READING
Sharing With The Writers
Non-FictionIni kumpulan hasil sharing member rebel dan beberapa penulis. Cover by @andieeeeer