RenitaNozaria

356 59 13
                                    

Tahu Renita nozaria nggak? Penulis dari Noir yang menduduki rank 1 dalam fantasy. Gak cuma itu, 9 karya lainnya bisa kalian cek di wattpadnya. Memonto Mori, Land Of Seasons : Snowflakes (Fantasy), Jinx, Secret Love Song, Kita (genfict), Edge Of Desire (teen fiction), Colosseum (short story), Rose Quartz (romance), Exo Baper Series (fanfict).

Dan yang paling penting, karyanya yang berjudul Jinx menjadi pemenang the wattys 2016, lho. Gimana? penasaran kan? Yuk Q n A sama kakaknya.

Q: Halo kak, salken. Bisa ceritain dikit nggak, gimana awal kakak mulai masuk ke dunia tulis menulis ini dan apa jatuh bangunnya yang kakak alamin sampai udah bisa seperti sekarang? Thanks bfr

A: Kalau awal menulis di wattpad mulai rutin posting tahun 2015. hm, kalau jatuh bangun yang bener-bener kerasa kayak jatuh-bangun sih kayaknya nggak ada, karena dari dulu emang udah suka nulis dan ke wattpad ya buat posting aja. nggak terlalu mikirin pembaca. paling agak-agak ngerasa gimana gitu kalau ada pembaca yang setia baca tulisan aku, tapi di kemudian hari ternyata dia plagiat atau niru tulisan gitu. but overall, kalau ditanya soal wattpad ada jatuh bangunnya, buat aku kayaknya nggak ada wkwk karena aku nggak anggap wattpad serius-serius banget jadi kayak ya cuma media buat posting tulisan aja, nggak ada ekspektasi lebih.

Q: Selamat malam kak, salken yaa. Mau tanya nih, kira-kira, apa yang membuat kakak bisa terinspirasi untuk membuat cerita-cerita yang berbeda genre, kak? Biasanya kakak dapat inspirasi cerita dari mana saja?

A: hm karena menurutku menulis itu nggak harus terbatas di satu genre aja, terus challenge untuk diri sendiri juga, kira-kira bisa nggak ya bikin sesuatu yang anggapannya 'nggak gue banget nih' gitu. terus kalau untuk inspirasi, aku biasanya kepikiran ide kalau denger atau lihat lirik lagu. terus aku hobi nonton film dan baca hampir semua jenis buku, even yang non fiksi. sebenernya, dalam setiap tulisan itu selalu ada sesuatu yang nggak bisa aku sampaikan di dunia nyata, entah karena ideologi semacam itu terlalu ekstrem atau susah diterima buat banyak orang. kalau aku bikin artikel, pasti malah bikin ribut orang. jadi jalan terbaiknya ya mungkin fiksi, karena fiksi biasanya nggak dipersalahkan wkwk terus selain itu inspirasi dateng dari mana aja sih, pas lagi melamun atau dari mimpi.

Q: Selamat malam, kak. Salam kenal. Mau tanya, menurut kakak genre apa yang paling sulit? Alasannya? Lalu genre apa yang paling kakak suka dan menurut kakak mudah? Dan boleh minta tips untuk membuat sebuah cerita agar lebih menarik? Terima kasih, kak

A: Genre yang paling susah buat aku romance terutama yang berkaitan dengan dunia nikah-nikahan. karena aku bukan tipe orang yang romantis dan nggak suka diromantisin. terus soal nikah-nikahan, aku nggak pernah membayangkan diri aku ada di dalamnya, jadi nggak bisa relate aja dan nggak bisa menempatkan diri buat nulis cerita itu. kalau genre yang paling gampang buat aku fantasy atau general fiction. karena general berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan fantasy, karena sumber idenya emang biasanya fantasy dan mungkin buat sebagian orang nggak masuk akal. tips untuk bikin cerita lebih menarik mungkin bisa dengan bikin alur yang nggak terduga, kasih plot twist lebih dari satu, jangan pake narasi yang terlalu memusingkan, bikin karakter yang benar-benar kuat. kayak gitu sih kalau dari aku.

Q: Kan kakak post cerita di wattpad awalnya sebagai media aja, terus gimana repon kakak pas ceritanya dapat rank 1 di fantasi sampe mau diterbitin?

A: Wkwk bukan gimana-gimana, tapi kayak apa ya, overly happy ya nggak. aku bahkan baru sadar waktu ada readers yang ngasih tau. aku pribadi menulis buat kepuasan diri, karena di dunia nyata aku bukan tipe orang yang suka tampil. jadi media yang bisa aku pake buat menyampaikan apa yang ada di dalam kepala ya cuma tulisan. cuma kalau responnya bagus, ya bersyukur juga wkwk but well, lets say that im grateful.

Q: Katanya cerita kakak pernah diplagiatin kan kak? Terus reaksi kakak dan penyelesaiannya gimana? Dan tanggapan kakak untuk plagiasi yang lagi marak-maraknya akhir2 ini apa?

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now