KIRSKEY

176 23 1
                                    

Sharing With kirskey

Namanya Sashi Kirana. Username wattpadnya kirskey. Umurnya 16 tahun dan sedang duduk dikelas 11. Sudah mempublikasi 16 work di akun wattpadnya. Work sashi rata-rata bergenre Teen Fiction. Pengikutnya di wattpad sudah hampir 55k. Cerita Sashi yang sudah dibukukan yaitu Storm Meets Thunder (The Criminals) dan The Gamers.

Oke malam ini ada temanya yaitu "memunculkan ide dan menuangkannya dalam cerita."

Sashi:

haii, salam kenal semuanyaa!😊 namaku sashi, seperti yang tadi udah dikasih tau. pertama-tama, makasih banyak karena respons-nya yang positif & group-nya yang ramai juga hihi. hari ini aku mau kasih materi tentang memunculkan ide dan menuangkannya ke dalam ceritaa

memunculkan ide itu banyak caranya.

Kalau aku sendiri biasanya brainstorming sama temen-temen atau jalan-jalan, sekalian refreshing juga. selain itu, bisa juga dengan ketemu orang-orang baru dan ngobrol sama mereka. dari pengalaman yang didapat selama jalan-jalan atau obrolan sama orang baru, itu bisa dijadiin ide cerita.

Sekadar mengamati orang-orang di sekitar dan menebak mereka orangnya kayak gimana dan hidupnya kayak gimana juga bisa buat munculin ide. hal-hal kayak nonton film, dengerin lagu juga bisa, asalkan nggak sama persis dengan ide yang di film tersebut.

Nah misalkan, kita udah dapat ide nih. hal berikutnya adalah menuangkannya dalam bentuk tulisan. aku biasanya berimajinasi dulu, tokoh-tokohnya mau kayak gimana, siapa bakal end up sama siapa, ending-nya seneng/sedih/gantung, dll. jadi dibayangin dulu garis besar ceritanya gimana dari awal sampai akhir gituu.

Aku biasanya ngebayangin terus dicatet di notes semuanya biar nggak lupa

terus kalau udah ada garis besar cerita, pikirin lagi di cerita ini, mau ada scene yang kayak gimana aja. Karena kejadian apa tokoh a bisa ketemu sama b, apa kejadian yang bikin mereka deket/musuhan, pokoknya scene-scene penting di dalam cerita. scene sampingan juga boleh dipikirin kayak misalkan, kalian mau a sama b ada scene shopping bareng atau gimana lah. pokoknya semua scene yang ada di otak kalian itu ditulis aja.

Nah udah kekumpul semuanya, bikin outline yang lebih terstruktur. kayak per chapter kalian tulis maunya kayak gimana, ada scene apa aja. kalau kalian bukan tipe orang yang suka pakai outline, nggak usah juga nggak apa-apa sebenernya, tapi kalian harus bisa bikin cerita kalian nggak ngelantur ke mana-mana.

Plus-nya kalau pakai outline itu kalian nggak usah bingung-bingung lagi chapter berikutnya mau tulis tentang apa. ceritanya juga jadi lebih terarah. aku sendiri sekarang lebih sering pakai outline, tapi nggak mesti ngikutin outline banget. kalau ada ide muncul di tengah-tengah, diselipin aja di ceritanya

atau solusinya, bikin outline yang nggak terlalu rinci aja. cuma kayak "chapter 1: a kenalan sama b. chapter 2: a ketemu lagi sama b" juga bisa disebut outline

Nah kalau cerita kalian udah oke nih, udah kebayang dari awal sampai akhir, mulai ditulis deh. awalnya emang pasti susah sihh kalau nggak biasa nulis, tapi lama-lama pasti kebiasaan.

Kalau susah di awal, kalian baca banyak buku aja biar kebayang gimana nuangin ide ke dalam tulisan

banyak-banyakkin baca buku buat referensi & latihan sih yang penting kalau nulis ituu.

Nggak usah dipikirin dulu salah-benernya, yang penting tulis aja apa yang ada di otak. baru nanti begitu selesai, diedit semuanyaa.

Sebenernya semakin sering nulis, semakin gampang gitu nuangin idenya, makanya harus banyak latihann

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now