VICANTIKA (LOVI)

591 32 5
                                    

Sharing with Vicantika

Nurlovi Lestari, akrab dipanggil Lovi atau di wattpad dikenal dengan username vicantika. Lovi bergabung di wattpad sejak tahun 2013 dan telah menulis banyak cerita, terutama dengan genre romance dan chicklit. Penulis yang juga merupakan guru pelajaran bahasa Indonesia ini, telah menerbitkan dua karyanya yaitu Bride Wars dan Online Wedding.

1. Kak lovi dapet ide buat dua cerita itu dari mana? Apa yang jadi inspirasi kak lovi? Trus pernah ngerasa stuck gak sama ceritanya? Apa yang jadi motivasi kak lovi?

Dapet ide pas lg stuck sama skripsi, diputusin pacar *curhat* jadi aku bikin cerita itu ya menciptakan cowok yang aku mau wkwkwk.

Yg jadi inspirasi? Masa lalu haha

Stuck? Sering banget, sekarang juga lg stuck

Motivasi? Awalnya sih mau nunjukkin sama mantan kalo aku better dari ceweknya dia. Lama-lama sih motivasinya menghibur diri sendiri.

2. Pertama bikin akun wp tahun berapa? Terus seberapa sering dalam seminggu ngelanjutin ceritanya? Misal, seminggu 3x nulis, atau hanya pas mood tertentu?

Pertama bikin tahun 2013, mulai nulis 2014. Kalo dulu bisa tiap hari apdet, kalo sekarang ga tentu. Tergantung dapat wangsit apa nggak. Ini udah 2 minggu nggak apdet wkwkw. Mood memang pengaruh sih, tp pengaruh besar itu pekerjaan.

3. Kak, pas nulis pernah stuck gak? Gimana caranya ngembaliin mood biar good lagi dan ide berbondong-bondong muncul lagi?

Sering, apa lagi kalo capek, bikin mood jelek langsung.

Caranya? Baca buku yang banyak, nonton film. Ide itu hal ghoib sebenernya, lg di toilet pun kadang muncul aja haha.

Nulis itu sejujurnya memang harus dipaksa.

4. Kak mulai suatu cerita itu biasanya gimana? Ada ga cerita kk yang dari kehidupan nyata kk sendiri?

Mulainya ya nggak tentu, wangsit itu tadi wkwkw.

Yg kisah nyata banget sih nggak ada. Cerita yang kutulis itu adalah kisah yg aku pengen di dunia nyata, tapi kan nggak kejadian. Cowok wattpad ga real 😂😂😂

5. Kak, kan kakak udah pernah nerbitin buku

Nah kendalanya selama masa itu apa? Kayak misalnya, sama penerbitnya ditolak naskahnya? Solusinya kalov gimana biasanya.

Oiya, sekalian nanya, kalov nyari penerbit dimana?

Kendala selama nerbitin, nggak ada masalah berarti sih.

Karena aku blom pernah nyari penerbit, seperti kata kandi, aku ditawarin, jadi maaf ga bisa ngasih solusi. Tp kalo ditolak sih, jangan putus asa. Aku aja nunggu 2 tahun lebih 😂

6. Hai, kasi tips dong biar nggk cepat bosan dgn cerita yg kita buat?

Jaga moodnya tetap bagus. fokus sama satu cerita aja. niat yang kuat biar nggak bosan. semakin lama kamu nyelesein ceritanya, makin bosan. trust me wkwkwk.

7. cerita lovi kan nih kan beranak pinak nih. kek abis cerita bapake terus judul berikutnya kek zeroca sama vinno dd. itu gimana tipsnya biar kerasa beda jaman gitu. sama bisa nyambung2 gitu ceritanya (Har Har)

Aku mengabaikan zaman dan tahun selama nulis, artinya menyesuaikan keadaan sekarang aja. soalnya aku belum bisa bayangin Indonesia 20 tahun kemudian wkwkwk

8. Kak, salah ga kalo ambil tema cerita yang uda mainstream? Berpengaruh gak sih ama minat pembaca?

Nggak salah kok. ide boleh sama, eksekusinya kan beda2. pembaca itu kan random ya, setahuku, kalo ceritanya asik pembaca datang sendiri kok. Sabar aja kalo belum ada yang baca hehe.

9. Biar dalam ceritanya seimbang antara narasi sama dialog. kan ada tuh nulis narasi semua dialog cuma satu dua. atau sebaliknya

Porsi deskripsi sama dialog itu pasa dasarnya harus diatur dengan baik. Artinya ga boleh ada yang lebih banyak. kalo bisa dialog jangan bertele-tele. dialog itu kan mendukung narasi yang kita buat. kontrol diri kita kalo memang merasa porsinya sudah berlebih.

10. Kak pernah mikir buat cerita teenfict gak? Menurut kakak buat cerita teenfict itu susah gak untuk dikembangin?

Aku punya satu teenlit, dan belom selesai. Susah buat aku yang notabene bukan lagi remaja haha

11. Menurut Kaka genre yang paling susah apa??

Fantasy

12. Ada tips buat dialog ga? Gua kadang susah buat dialog, kaya gatau mau ngomong apa. Jadi, ada tips biar selalu ada ide buat dialog?

Nggak ada hahaha. dialog itu buat mendukung narasi aja sih. ide itu datangnya dari langit bhaks.

Contoh show tell tadi ya.

Tell: aku takut

Show: Tanganku dingin, tubuhku gemetar. Kutelan ludah dan mencoba bersuara, tapi tak satu pun kata sanggup terlontar.

Pesan : Niatin nulisnya itu karena kamu suka nulis, hobi, ngisi waktu, ngusir galau, dll, bukan karena pengen terbit jadi buku. Menulislah untuk bahagia.

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now