Sharing with verbacrania
Namanya Nurul Izzati, di wp dikenal dengan uname verbacrania. Bergabung di wattpad Februari 2015, sejauh ini di work-nya udah ada sekitar 8 cerita, yang 2 diantaranya bakalan diterbitin. Oh iya kebanyakan karyanya genre romance, nah yang mau tanya-tanya yuk siapin...
Q : Kakak kan punya banyak cerita. Banyak tokoh juga. Nah gimana cara kakak untuk ngebangun karakter yang kuat?
A : Cara ngebangun karakter yang kuat tentu saja dengan membuat bagan 3D character.
Jadi bukan hanya sekadar nama, sifat umum, tampilan fisik semata. Tapi mencakup keseluruhan sampai dialek, masa lalu yang penting, reaksi tokoh a jika marah,sedih, senang, murka. semua dipegang.
Nama siapa, karakter tokohnya gimana: emosian, sembrono, pelupa, gampang tersinggung, mesum, dll.
kejadian di masa lalu yang berpengaruh thd tokoh: ayahnya meninggal, ibunya menjual dirinya--> ini nanti akan membentuk karakter.
Saat dia emosi, bagaimana reaksinya? marah, murka, atau malah diam.
3d character secara sederhana adalah karakter yang sudah lengkap segala atributnya. Bukan sekadar nama, jenis kelamin, pekerjaan. Melainkan juga siapa keluarganya, tetangganya, sahabat, di mana dia tinggal, jalan rumahnya, kondisi lingkungan sekitar, zodiaknya. Apa pun yang bisa mendukung karakter ini lebih "menonjol".
Detail kecil-kecil kayak gitu, SANGAT PENTING untuk membentuk suara karakter.
karena akan berbeda pilihan kalimat karakter anak kecil dan orang dewasa.
Contoh :
Anak kecil: aku pengin makan eskrim rasa cokelat
cewek lagi pedekate: kamu ngga pengin beliin aku eskrim?
kentara bedanya, karena pengaruh karakter :D
Q : Ka Nurul sebelum membuat cerita biasanya bikin kerangka dulu atau tiba-tiba spontan karena pas ada ide?
A : Aku tipe keduanya. ada yang spontan, ada yg pake outline. untuk yang berat aku pake outline.
Tapi, meski tanpa outline, setidaknya aku harus tau, awal, konflik dan penyelesaian. Gakpapa sih, gunanya outline adalah menghindari plothole dan sesuatu yang membuat kita kehilangan 'arah'
kalau ingatan kamu kuat, silakan aja spontan. tapi aku prefer outline untuk penulis-penulis. krn itu lebih baik :)
menghindari males dan bingung bikin lanjutannya apaan yaa.
Q : Jadi biasanya udah bikin dulu sampai ending kah?
A : Setidaknya aku tau peristiwa" apa saja yang harus ada, gak mesti detail sih, tp kudu ada scene a,b,c untuk menunjang ending a,b,c
Q : Kak sebagian novel di wp itu genre romance, kenapa kakak minatnya di romance?
A : karena kromance itu lebih relate sama kehidupan. setiap org mengalami cinta. ngga harus sm pasangan. bisa ortu, temen, dll. ketika kita bikin kisah yg relate sama pembaca, kemungkinan utk dibaca lebih besar
jadi, editor aku pernah ngajarin gini. saat pembaca mencintai karaktermu, maka cerita spt apa pun akan dibaca
kadang suka ada komen gini: aku pernah di posisi itu.
Berarti pembaca bisa relate sm ceritamu, dan dy bakal setia. :)
Q : Kak gimana sih buat adegannya bisa ngefeel banget. aku sampe nangis baca ldm (tertawa)
A : Jadi gini, sebagai penulis senjata kita cuma kata". Bukan seperti film yang bisa didukung oleh mimik muka artis, backsound, dll. hanya kata"
lalu bagaimana carany biar ngefeel? gunakan teknik show dont tell.
YOU ARE READING
Sharing With The Writers
Non-FictionIni kumpulan hasil sharing member rebel dan beberapa penulis. Cover by @andieeeeer