SIRHAYANI

273 21 0
                                    

Sirhayani merupakan salah satu penulis genre teenfiction di wattpad. Tujuh dari duabelas cerita yang sudah dia publish bergenre teenfiction dan beberapa di antaranya telah diterbitkan seperti, Sandy's style, true stalker dan Safa story.

Q : Kak Sirhayani, aku mau tanya. Caranya bikin sinopsis yg menarik dan bikin penasaran itu gmn? Mksh

A : Maksudnya emang sinopsis atau blurb yang biasanya ada di deskripsi cerita wattpad?

Kalau masalah itu, sesuaiin aja dengan tema apa yang kamu tulis di ceritamu. Langsung to the point ke intinya, tapi bukan berarti kamu jelasin langsung ke konflik yang ada. Bisa jelasin awal konfliknya, tapi bikin menggantung. Karena itu yang bikin penasaran pembaca

Q : Kak gimana cara kakak membangun karakter? Tipsnya ya kak

A : Bisa dijelasin lewat dialog tokoh lain atau narasi. Ngebayangin aja sih kalau mereka itu ada. Nyata. Jadinya, lebih gampang buat dijelasin sesuatu hal yang berhubungan dengan si tokoh ini. Walaupun nggak pake cast atau visual, tapi tetep bisa ngekhayalin bagaimana si tokoh cerita yang kita buat sendiri. Mau itu karakternya, begitu juga dengan ciri-cirinya.

Q : Kenapa nulis teenfiction? Menurut kakak apa kesulitan paling besar dalam menulis teenfiction?

A : Karena teenfict itu genre yang paling ringan. Kesulitan terbesar, apalagi aku banyak nulisnya, "Gimana sih supaya idenya nggak mainstream?" itu

Q : Kak gimana pertama kali debut buat novel true stalker? Ada rasa gak percaya diri buat publishnya?

A : Bukan nggak percaya diri sih, tapi lebih ke khawatir dengan respons orang-orang yang bukan pembaca dari wattpad. Apalagi aku sering ngelihat review dari pembaca di goodreads tentang cerita-cerita wattpad yang dinovelin. Dan ketakutan aku itu kejadian. Coba aja kalian liat di goodreads, liat review dari orang tentang True Stalker. Awalnya sih nyesek, sampe nangis wkwk. Tapi, lama kelamaan bisa nerima. Sebagai pelajaran. Karena dari dulu aku juga mikir pasti ujung-ujungnya gotu. Ada yang suka banget, suka aja, biasa aja, nggak suka, atau nggak suka banget.

Q : Menurut kakak apa aspek terpenting dalam menulis teenfiction, agar bisa diminati banyak orang?

A : Secara keseluruhan, ini bukan cuma di teenfict sih. Unsur-unsur ceritanya. Ide, alur, dan tentunya kaya dengan kosa kata. Tentang ide dan alur, sekarang banyak yang ngeluh, apalagi cerita di wattpad, kok idenya itu-itu mulu. Susah emang nyari ide. Apalagi mengenai hal-hal yang deket dengan remaja, pasti kan cuma itu-itu aja. Tinggal bagaimana penulisnya bisa atur supaya kesannya beda. Tapi, nggak pa-pa sih mau semainstream apa, tinggal penulisnya yang mengemas ceritanya dengan beda. Tapi yang paling penting itu, idenya yang fresh.

Q : Apa yang menjadi inspirasi kakak saat menulis? Terus kalau kakak pernah ngalamin stuck gak saat nulis? Nah cara ngatasin stuck nya itu gimana?

A : Inspirasinya apa aja sih. Tergantung apa yang muncul. Saat nulis kan? Sedangkan nulis itu kapan aja, jadi inspirasinya apa aja. Kalau masalah stuck, sering. Sekarang aja lagi ngalamin. Itu biasanya, bener-bener nggak tahu mau nulis apa. Tiba-tiba kayak susah mau ngetik awalan kalimat aja. Cara ngatasinnya, jangan nulis dulu. Entar tiba-tiba balik lagi semangatnya. Sebenarnya, salah satu hal yang ngebuat kita bisa nggak stuck ya semangat dari diri sendiri. stuck ada karena males. Pernah nggak, kamu lagi nggak tau mau nulis kata-katanya, tapi sebenarnya ada ide yang muncul. Kamu bisa tulis aja dulu di kertas ata handphone.

Q : Kak kenapa kalau bikin cerita ada dua versi, kayak true stalker pov diba sama the secret pov agam? Susah ga sih bikin cerita kayak gitu?

A : Itu dulu. Sekarang udah enggak soalnya ribet. Bukan cuma ribet buat ngecocokin antara alur The Secret sama True Stalker, tapi mengenai ide dan jenuh juga sih karena udah ngerti alurnya. Jadi kayak, bosen.

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now