NUNIZZY

99 10 0
                                    

Penulis yang dikenal dengan nama Nunizzy ini mengawali debut menulisnya di wattpad pada tahun 2013. Nama aslinya Nurul Izzah, ia sedang menempuh pendidikan di Universitas Andalas Padang. Karyanya yang sudah diterbitkan yaitu Blacky White, Tomfoolery oleh penerbit Bukune serta The Destroyer oleh Penerbit Romancius Loveable. Saat ini karya lain miliknya yang masih bisa kita baca di wattpad yaitu Diary of Alexander Haves dan Antipole. Mau tau selengkapnya tentang Kakak Nunizzy? Simak sharing kita malam ini ya

Q : Halo kak, pernah stuck nulis dalam waktu yang lama gitu ga kak? Kalo lagi stuck gitu gimana cara kakak ngatasinnya. Timaciw (angel)

A : Hai. Pernaah! Biasanya kalo lagi ngestuck, aku diemin naskahnya dulu. Terus cari kegiatan yang memacu inspirasi misalnya bermenung di wc, dengerin musik yang melow2 atau malah yang rock biar semangat, baca2 novel, nonton ftv yang ga alay2 banget (bikos aku ga terlalu suka yang cheesy2)

Q : Halo, kak nurul, Salken 😀. Kakak itu termasuk penulis yang suka bikin outline dulu baru nulis cerita apa pas ide ngalir, nulis cerita? Alasan kakak milih itu kenapa? makasih 😁

A : Hmm 2 cerita pertamaku (Blacky White & Tomfoolery) gapake outline. Itu nulis apa yang inget buat chapt yang lagi aku tulis aja. Kalo The Destroyer di setengah part terakhir udah mulai disusun outlinenya. Kalo buat Antipole aku bikin outline dari awal.

Dan aku lebih nyaman sama yang bikin outline dulu dari awal sampe akhir, terus ntar di pertengahan cerita aku ubah2 outlinenya. Karna itu membantu banget kalo ngestuck. Jadi kita galupa gimana alur ceritanya.

Kenapa aku ubah2? Karena kadang aku itu labil soal alur. Aku lebih suka membiarkan pemainku berimprovisasi di pertengahan cerita (tapi awal dan ending cerita ttp sama). Kayak Raditya Dika. Dia itu mengibaratkan menulis itu kayak salah satu genre musik, Jazz. Struktur musik itu kan pembuka isi penutup. Dibagian isi, lebih banyak improvisasi untuk musik Jazz. Begitu juga dengan cara menulis beliau. Dan yang kayak begitu emang lebih nyaman.

Q : Gimana pendapat kk soal beberapa pendapat orang di luar sana soal cerita yang mainstream? Terus gimana cara kk untuk membuat cerita supaya gak sama dengan yang lain?

A : Cerita mainstream itu biasa di tahun 2017. Kalo dulu pas 2013, gaada cerita yang mainstream karena penulis belum sebanyak skrg. Sekarang itu banyak yg pengen nulis, apalagi sejak dear nathan naik cetak dan difilmkan.

Kalo mau nyari yang ga mainstream emang susah. Emang harus mikir dua kali. Dan referensi bacaannya emang harus banyak (contohnya @expellianmus, ceritanya anti-mainstream parah).

Santai aja kalo ketemu cerita mainstream. Ide boleh sama, tp cara penyampaian dan alurnya pasti beda. Kecuali kalo dia ngeplagiat haha.

Untuk buat cerita yg gasama sama cerita org, udah aku jelasin di atas caranya. Referensi bacaan harus banyak dan harus muter otak banget. Intinya jgn minder kalo cerita kalian termasuk kategori mainstream. Alusin lagi di segi alur, bahasa, dan cara penyampaian biar beda sm yg lain.

Q : Kakak kan udah nerbitin buku. Gimana sih cara kakak ngelepasin rasa males kakak buat cerita lagi, 'kan udah terbitin satu, udahlah' kek gitu misalnya?? Ada sosok inspirasi ttt gak kak?

A : Bikin target! Aku dari dulu selalu punya target dan kalo udah tercapai itu rasanya beeehh mantap. Aku pernah punya target mau nerbitin sekian buku. Dan sekarang aku lagi ngejar target itu. Ntar kalo targetnya udh tercapai, bikin target baru lagi.

Selain itu, aku nulis cerita karena aku pengen baca apa yang aku baca. Jadi kalo males, aku selalu bilang ke diri aku 'kalo ga nulis, ntar mau baca apa?' Gitu. (Tapi, utamain belajar ya karena pendidikan itu penting😂).

Sosik inspirasi....ada. Aku selalu takjub sama wulanfadi & kak radinazkia. Kalo wulan, takjubnya karna dia bisa konsisten gitu nulis. Kalo kak radin, takjubnya karna dia bisa bikin cerita yg bagus2 banget dan emang terasa nyata.

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now