Pernah baca atau dengar cerita wattpad yang judulnya Ketua Osisku Psikopat? atau novel Putih? Nah. Itu novel yang sama ya, dan kali ini kita kedatangan penulisnya nih. Itsfiyawn. Panggil aja Fiya, jangan mba. Dia sudah menerbitkan beberapa novel yaitu Putih, The Cooldest Boyfriend, dan If I Can't Pregnant. Penasaran seperti apa pengalaman Kak Fiya dalam menulis? Simak sharing kita malam ini ya!
Q : Malam kak, mau nanya menurut kk majas metafora atau yng lainnya diperlukan gak dlm novel?
A : Tergantung konteksnya, ya. Perlu nggak perlu sih. Perlu saat adegan yang membutuhkan rasa/esensi yang dalam. Dan nggak perlu saat emang to the point. Jangan terlalu sering, kalimatnya nanti malah nggak efektif.
Menurutku gitu
Q : Malam kak, salam kenal yaa^^ Saya mau nanya. Kakak biasa dapat inspirasi menulis darimana kak? Terus, ada tidak saran dari kakak utk membuat cerita antimainstream?
Makasih sebelumnya^^
A : Inspirasi menulis itu banyak.. bisa dari lingkungan sekitar, bisa dari nonton film atau dengerin musik. Bisa dari banyakkk lahh asal peka peka aja ama keadaan yang ada di sekitar kita.
Antimainstramnya dalam hal apa? Maaf bisa lebih detail?
Q : Pokoknya yg beda gitu kak ceritanya
A : Masalah beda nggak beda itu tergantung kamu ngemasnya gimana. Kamu mau bahas apa? Cerita genre apa? Kalo kehidupan sehati2 kurasa semua gagasan utamanya mainstream. Tapi yang nggak bikin mainstream adalah pengemasan penulis. Entah itu dalam plot, gaya bahasa, dan biasanya setiap cerita punya ciri khasnya masing2.
Contoh: novel punyaku= ceritanya anak sma yang jatuh cinta tapi si Sena alias karakter cowok ya itu dingin. Nah dinginnya itu yang ditonjolin
Q : Halo, kak. Mau nanya. Kakak itu sebenarnya suka di genre apa sih? Kakak pasti bukan penulis yang terpaku pada 1 genre melihat di work kakak ada beberapa genre berbeda. Trus, dapat ide nulis cerita Ketua Osisku Psikopat darimana kak?
A : Aku adalah penulis yang sedamg mencari jati diri. Kenapa aku nulis lebih dr 1 genre, krn aku suka ama tulisan remaja, thriller, dll. Coba aku bacanya fantasy macam Harry Potter, The Maze Runner, atau Divergent gitu. Ya aku nukisnya gajauh2 dari itu wkwkwk... jadi apa yg kita tulis adalah kegemaran dari buku yang kita baca.
Coba telaah lagi diri kalian masing2. Suka baca buku apa? Dan gimana tulisan kalis ?
Q : Selamat malam, kak. Salam kenal, mau tanya menurut kakak karakter tokoh itu ada hubungannya dengan nama tokoh tidak? Alasannya?
A : NAMA TOKOH ADALAH HAK VETONYA AUTHOR.
Jadi itu semua tergantung kalian. Mau kalian sangkut pautin ama sifatnya kek, ama karakternya kek. Bebasssssssss... Dengan catatan, nama karakter tidak membebani diri kalian.
Jangan cuma karena mikirin nama, kalian justru mengesampingkan penokohan. Nayri nama ampe 2 hari gak selesai2 ya kapan mau nulis ceritanya. Nama mah bebas aja... logis ajalah.. paham kan ya? Kalian udh khatam lah wkwkwk
Q : Boleh minta tips agar karakter tokoh dalam cerita itu kuat? Terima kasih
A : Nahhh ini nih... aku juga sering kesulitan menguatkan si tokoh.
Tapi antisipasinya adalah...
Bikin list: sifat tokoh, apa hobinya, apa ketidaksukaannya... biar kalian kalo mau bikin ot atau adegan bisa lihat itu jadi sifatnya konsisten
Q : Kakak Waktu bikin cerita ketua osisku psikopat itu ada riset ga gimana jadi psikopat yang mengerikan? Kesulitannya di mana? Aku baca itu awal2 sampai pertengahan rada ngeri. Bacanya aja ngilu.
A : Tonton film SAW dari 1-5. Aku sering baca buku psikopat. Dan waktu tes psikopat aku berpotensi. Jadi ya aku riset diri aku
Q : Hallo kak, mau nanya (hehe)
Secinta apa sih kakak dalam menulis? Terus kak, menurut kakak sendiri, lebih baik mencintai tulisan sendiri atau mencintai tulisan orang lain walaupun tulisan kita masih kurang bagus?
Makasih kak (terimakasih)
A : Rasanya...... dulu aku sangat cinta menulisss... dulu aku... aahh.. kalua dibang cinta.. aku ci ta banget menulismah.. tapi sekarang ini aku sudah tidak terlalu berimajinatif dalam menulis. Karena sekarang hampir 3 bulan aku gak nulis. Rasanya gak pantes aku bilang aku suka nulis. Tapi aku juga nulis. Nulisnya ya nulis ilmiah. Makalah, jurnal, tugas kampus wkwkkk yang penting nulis
Kalian tau gak kenapa kalian harus mencintai tulisan kalian? Mau gak bagus kek. Amburadul kek.
Yang penting tuh kalian jujur dalam tulisan kalian. Semakin kalian jujur, kalian akan mencitai tulisan kalian sendiri...
Q : Malam fiya salam kenal, selama kenal yg namanya dunia kepenulisan pernah nggk sih tersirat di benak fiya untuk berhenti menulis? terus penulis indonesia yang mampu menginspirasi fiya sehingga bisa seperti sekarang?
A : Haallloo... aku oernah mau berhenti nulis fiksi. Mau konsen kuliah aja nulis skripsi. Tamat dapet gelar, lulus kuliah, lebih menjanjikan wkwkwk
Tapi aku berpikir. "Readers aku gimana?" Aku gak bisa gini tanpa reader. Mereka motivasi terbesar aku. Jadi mereka yang selalu menguatkan aku utk menulis. Entah nantinya aku nulis apa... insya Allah akan ada lagi tulisanku hehehe
Aku suka tulisannya Tere Liye, Winna Effendi, Fiersa Besari....
Q : Salken kak.
Mau tanya, gimana respon kakak thd readers dalam hal mengkritik dan spam request + pertanyaan2? Ada readers yg parah bget gk?
A : Ada... ada yang ngatain aku juga. Aku diemin. Karena aku orang yang masa bodoamat. Mengkritik tanpa memberi saran adalah hal yang plg bodoh. Ngapain ngeladenin yg berkoar tanpa kasih solusi
Kalo yang kritinya ama saran pasti aku tampung dan buat pembelajaran utk aku
Q : Pesan dan kesan selama sharing di sini ya kak
A : Aku sukaaaaa kaliiaannn!!! Maaf yang blm bisa dijawab... silakan pc aku aja yak tapi kubalas besok wkwk... Seru ya berbagi ilmu. Walau sebenernya aku disini bukan karena aku lbh tau dr kalian. Enggak. Bukan karena aku pernah nerbitin buku juga enggak. Tapi karena di sini kita memang saling membutuhkan gitu. Udah hampir 6 bulan aku tenggelam di dunia oranye... aku kira gak ada yg ingat aku.
Kalian mengingatkanku kalau masih ada ternyata yg baca tulisanku makasih banget. Maaf ilmuku masih cetek serius. Gak ada apa2nya dibanding yang lain. Tapi ayo sama2 teman2 kita terus menulis.. jangan patah semangat. Jangan berhenti menulis. Karena dengan menulis kalian telah mengukir keabadian. Sekecil apa pun itu bentuknya.
Dan ingaaattt.... kalian harus jujur dalam tulisan kalian ....
YOU ARE READING
Sharing With The Writers
Non-FictionIni kumpulan hasil sharing member rebel dan beberapa penulis. Cover by @andieeeeer