Dyahanitaprasetyo1

138 7 0
                                    

Diantara kalian ada yang pernah baca novel Scarla, tidak? Itu lho, cerita bergenre Romance di Wattpad yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Romancious dan tersedia di Gramedia lho! Wah, keren 'kan? Nah, kali ini kita kedatangan penulisnya, gaes, yaitu kak Dyahanita dengan akun wattpad dyahanitaprasetyo1. Beliau adalah penulis di genre Romance dan General Fiction dan sudah menulis 14 cerita di Wattpad. Tidak hanya secara fisik, beberapa buku lainnya bisa dibeli di Play Store lho! Selain itu, 2 karya lainnya tersedia di WebComic BBM. Wah, penasaran 'kan sama beliau? Daripada babibu lagi, yuk kita sharing sama kak Dyahanita!

-----

Q: Kak, awal nulis itu hobby atau ngisi waktu luang aja?

A: Awalnya suka baca. Terus nyoba nulis. Awalnya cuma buat waktu luang. Sekarang jadi hobi 😊

-----

Q: Salam kenal, kak

Karakter dan nama tokoh didapat dari mana? Nah, awal kakak membuat cerota gimana?

A: Karakter dibuat dari lingkungan sekitar. Kalau Scarla sama Avram kan ceritanya masih kuliah, jadi sifat, kebiasaan dan pola pikir anak kuliahan aku pakai.

Kalau nama tokoh Avram aku hasil googling. Kalau nama Scarla berasal dari nama Carla. Tapi karena Carla terlalu biasa aku coba otak-atik lagi sampai jadi nama Scarla

-----

Q: Kak, salken ya. Mau tanya, biasanya kakak dapat inspirasi cerita dari mana? Apalagi sampai buat belasan karya, itu dah luar biasa kak^^

A: Inspirasi dari tv bisa. Dari lingkungan sekitar juga bisa. Tinggal kita tambah-tambahin dikit biar makin pas.

-----

Q: salken kak. Aku mau tanya, menurut kaka plot yang menarik buat genre tf gimana sih? tips trick ada g kak?

A: Kalau plot buat teen menurutku jangan terlalu pakai plot berat. Sebenarnya zona teen masih seputar cinta sama sahabat. Kalau mau buat teen dengan cerita yg berat menurutku sayang banget. Memang sih bagus, tapi kesan realnya masih kurang

-----

Q: Menurut kakak, paling susah nulis genre apa? Alasannya apa? Pengen coba nulis atau udah pernah malah?

A: Paling sulit genre fantasy. Baca novel fantasy bikin aku gagal paham. Udah nyoba tapi gagal.

-----

Q: Kak, ceritanya pernah diplagiatin nggak? Kalau pernah ceritain dikit dong kak, gimana masalah hingga penyelesaiannya. Kalau belum, apa tanggapan kakak soal plagiator dan cerita yang diplagiatkan?

A: Cerita diplagiat pernah. Dulu salah satu cerita tokohnya diganti. Judulnya cuma dibuat versi indo. Sedangkan alur dll hasil dari karyaku.

Waktu itu aku tanya si plagiat. Beruntung dia sadar dan hapus ceritaku 😊

-----

Q: Kak, cara mengembangkan ide gimana ya? Biar alurnya panjang, tapi gak ngebosenin.

A: Kalau ngembangin alur pastiin setiap tokoh utama punya masalah. Semakin banyak kompleks maka cerita semakin panjang.

-----

Q: Kak, pernah kehilangan ide gak/mengalami kebuntuan atau bahkan malas melanjutkan? Nah, motivasi apa yang bisa membuat kakak bersemangat dalam melanjutkan cerita tersebut?

A: Sering. Tipsnya tinggalin dulu. Jalan-jalan, me time atau baca novel lain. Biasanya kalau udah seperti itu jadi punya gambaran buat lanjutin nulis. Selain itu pastikan punya outline. Biar gampang nulis part selanjutnya seperti apa

-----

Q: Kakak tau drama wattpad jaman sekarang nggak? Ngikutin perkembangannya? Atau kakak ada masuk ke geng-gengan penulis famous wp? Menurut kakak gimana?

A: Drama wattpad? Dari dulu aku jadi pihak yang telat. Aku nggak pernah tahu drama-drama gitu. Selain itu aku nggak gabung grup sama penulis wattpad lainnya 😊

-----

Q: Malam kak salam kenal, selama kenal yg namanya dunia kepenulisan pernah nggk sih tersirat di benak kakak untuk berhenti menulis? terus penulis indonesia/ luar yang mampu menginspirasi kk sehingga bisa seperti sekarang? satu lagi deh kak novel scarla terinsfirasi dari mana?

A: Niatan buat ninggalin nulis pernah. Mungkin hanya beberapa saat setelah itu balik nulis lagi.

Kalau penulis Indonesia aku suka karya Aliazalea sama Dee.

Kalau cerita Scarla inspirasinya di dapat waktu liat berita

-----

Q: Menurut kakak cerita yang menarik itu yang bagaimana sih?

A: Cerita yg menarik yg ada kesan real sama ada kesan pembelajarannya 😊

-----

Q: Rekomendasiin cerita wattpad yang menurut kakak bagus banget dong. Punya penulis lain ya

A: Siapa ya? Aku dulu seneng karya Jenny Thalia, Asri Tahir, sama penulis Autumn Rhapsody

-----

Q: Kak, awal gabung di wattpad itu langsung jadi penulis atau jadi pembaca dulu?

A: Dulu aku jadi pembaca, tapi nggak punya akun. Baca lewat PC. Setelah itu aku mulai nulis

-----

Q: Kakak kan awalnya pembaca nih. Menurut kakak sebagai pembaca yang penting itu alurnya yang bagus atau kepenulisannya yang rapi?

A: Rapi dulu, setidaknya jangan ada kata yg disingkat. Kalau alur kan kadang tergantung pembaca. Misal penulis udah bikin alur bagus banget, tapi yg baca lagi nggak mood kan kesannya juga nggak bagus

-----

Q: Tadi kan katanya scarla terinspirasi didapat dari menonton berita, kalau boleh tahu, berita macam apa yang bisa nginspirasi kakak waktu itu? Wkwk

A: Berita tentang pekerjaan Scarla

-----

Q: Hal apa saja yang kadang membuat kakak malas untuk update cerita? Cara mengatasinya gimana? Ada gak kak teman yang membuat kakak terinspirasi dalam membuat cerita, kenapa?

A: Kadang waktu aku nulis tahap konflik, terus belum kepikiran gimana cara tokoh selesaiin itu masalah. Kalau teman, secara tidak langsung ada yg menginspirasi. Tapi aku nggak pernah lagi to the point cerita kalau lagi males nulis.

-----

Q: Kak, selama gabung di wattpad, pernah tidak kakak ketemu cerita yang salah genre? Kalau iya, menurut kakak itu bagaimana dan apa yang sebaiknya kita lakukan jika mendapat cerita yang seperti itu?

A: Sering. Banyak cerita teen yg sering nyasar ke romance. Menurutku kalau teen mau dimasukin romance, harus kental dulu masalah percintaannya.

-----

Q: Kak @anita selama menggunakan wattpad ada pengalaman yang menarik gak? Atau ada suka dukanya? Atau pernah dapatin pembaca yang terlalu menghayati cerita? Atau paling nyebelin?

A: Yg menarik banyak banget. Pembaca merasa puas sama cerita yg aku buat itu termasuk hal yg menarik. Kalau pembaca yg terlalu menghayati cerita juga menarik. Dari situ kita tahu kalau tulisan kita bisa masuk ke pikiran pembaca.

Dukanya sih kalau penulis-penulis wattpad ada yang berantem mungkin ya. Menurutku wattpad sebagai media berkarya, bukan buat bertengkar apalagi ngerasa paling hebat 😊

-----

Q: Terakhir dari RebellionID, pesan buat member dan kesan selama sharing di sini dong kak

A: Pesannya: tetap nulis. Jangan ikuti pikiran kalian yg mengatakan "tulisanku jelek". Nulis tanpa beban dulu, nanti pasti akan terbiasa. Selalu ada penghargaan jika kita niat buat berkarya, bukan hal lainnya.

Tetap semangat 😊


You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Feb 01, 2018 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now