Siapa yang tidak tau dengan penulis novel maps dan A-Bian-Ca?
Penulis dengan username aintnocaptain ini mengawali karirnya dengan menulis beberapa novel di wattpad. Salah satunya maps dan Abianca yang banyak digemari oleh pengguna wattpad yang sudah bisa kalian dapatkan di toko buku. Novelis yang satu ini sedang melanjutkan studinya di Universitas Brawijaya. Perempuan 20 tahun yang lebih di kenal dengan nama Radin Azkia ini masih aktif di wattpad dan masih menulis karya-karya yang bergenre teen fiction yang berjudul Tentang Rifa. Kak Radin ini juga bakal nerbitin satu buku lagi yang judul novel Feel Real loh! Jangan sampai ketinggalan!
Q: Kak novel kakak yang maps itu terinspirasi dari mana? Terus gimana cara ciptain feel biar ngena ke pembaca? Kusuka maps
A: @Aul Novel maps yang aku tulis itu terinspirasi dari lagu Maps - Maroon 5. terus, ada campurannya juga dari lagu Panic At the disco, yang This Is Gospel. Makanya, di cover ada kalimat 'truth be told i never was yours'. Itu potongan lirik dari This Is Gospel
Q: Awal debut kakak menjadi penulis itu gimana sih, Kak? Bisa ceritakan sedikit? Terus apa kendala yang kakak alami selama menulis novel? Dan gimana kakak mengatasinya?
A: @Lisa Sebenarnya yang paling bikin excited ketika buku pertama muncul itu talkshownya, sih. Sisanya, yaaa biasa-biasa seneng gitu. Karena kalau talkshow, gue kayak ketemu langsung sama orang yang menikmati karya gue. Jadi sesuatu yg wow, kayak, ini beneran nih, mereka baca tulisan gue? gitu. wkwk Terus karena gue orangnya suka cerita-cerita, jadi ya asik aja kalao ngobrol.
kalau untuk kendala, paling writers block dan nggak mood. Aku biasanya kalo udah kayak gitu nggak maksain diri. karena kalau maksain, jadinya nggak enjoy dan ngerasa aneh sama tulisan sendiri. Jadi aku istirahat dan cari kesibukan lain. misal nonton tv series, atau jalan-jalan sendiri, dsb
ini campur-campur ya ngomongnya kadang gue kadang aku :')
Q: awal nulis Abianca tuh gimana? idenya darimana bikin cerita yang namanya samaan gitu? Terus kenapa bikin Bianca tunangan ama otamg lain? aku baca sequelnya sedih bgt:" aku kira Bian nikah ama orang lain, anaknya Abi trs nikah lagi ama Bianca:v
A: @Sinta NAH. Abianca ini sebenarnya aku awal nulis terinspirasi dari cowok yg waktu itu aku taksir. WKWK. Karakternya agak mirip sama bian. Kayak, pinter & cuek sama cewek, terus jago basket juga. Terus waktu aku naksir sama dia, pas banget dia juga udah punya cewek tapi lagi berantem. wkwkwk pokoknya kocak deh. Tapi itu duluuu waktu masih kelas sepuluh naik kelas sebelas. Sekarang yaa udah biasa aja. Jadi aku waktu pertama kali nulis itu posisinya lg naksir. tapi, ceritanya fiksi, ya. Nggak kejadian beneran.
Q: Kakak ciptain karakter mereka itu gimana sih kok punya daya tarik/ciri khas tersendiri? Jadi, seperti karakter mereka bisa kuat banget gitu. Aku suka gemes kalau lihat adegan mereka, karakter masing2 itu udah kaya nonton di film. Jadi misal salah satu dari mereka jadi mr.x, orang udah kenal, ah ini pasti si ini, gitu wkwk.
A: @imel hm, aku sebenarnya nggak ada cara khusus gitu. Nulis, ya tinggal nulis. aku juga nggak tau caranya bikin cri khas :') jadi kayak mengalir dengan sendirinyaa. by the way terima kasih banyak yaa ❤️
Q: Kak kalau lagi stuck nulis biasanya ngapain? Terus pernah gak ngalamin bosen nulis? Kakak suka bikin outline cerita gitu atau langsung nulis? Gimana cara ngatasin minder sama cerita sendiri?
A: @Aul aku nih ya sebenarnya kalo nulis bisa seharian penuh. itu tapi kemakan waktu sama bosennya. baru nulis satu paragraf, main hp. Nulis lagi, tiba-tiba pengen nonton. Nulis lagi, terus laper. Jadi aku orangnya gampang bosen. Jadi ya ada selingan-selingan gitu. nah kalau untuk outline, aku sih kebanyakan dadakan. Tapi sekarang ini lagi coba pake outline.
YOU ARE READING
Sharing With The Writers
Non-FictionIni kumpulan hasil sharing member rebel dan beberapa penulis. Cover by @andieeeeer