DIVIANA90

56 2 0
                                    

Kali ini kita kedatangan penulis dengan genre humor. Di wattpad dikenal dengan username diviana90. Selain humor, penulis ini juga menulis dengan genre short story. Karyanya yang telah dibukukan adalah Dunia Qsheil dan Secret Admirer yang baru bulan september lalu meluncur di toko buku.

Q : Kak, gimana sih cara nulis humor biar tetap lucu tapi kesannya nggak garing atau lawakannya aneh gitu? Kadang kan kebanyakan humor itu gagal, jadi banyak kata2 yang diplesetin atau terkesan seperti maksa cth "eh,upil buaya." Gitu kan kalau kebanyakan jadinya garing. Thanks before

A : Menurut aku, humor itu gak harus seluruhnya lucu atau ngakak yg memaksakan. Jadiin humor itu bumbu di cerita kalian, cerita humor juga perlu jalan cerita kan?

Gak asik juga kalo nulis cerita humor, terus isinya cuma saling sindir2ran

Cukup buat pembaca nyengir dan gak bosen baca cerita kita, karena senyuman pembaca itu adalah le mineral "ada manis2nya gitu"

Q : Halo, kak. Aku merupakan salah satu pembaca Dunia Qsheil dan cerita kakak lainnya, loh. Mau nanya, gimana sih cara kakak membangun cerita kakak itu supaya ngefeel dan humornya dapet ?

A : Wah makasih lohhh ❤ terharu, gini ... awalnya aku nulis itu ya buat ngilangin suntuk dan Dunia Qsheil itu adalah cerita pertama aku, terbukti cara penulisannya yang seenak udel wkwkwk.

Disaat aku nulis Dunia Qsheil, aku bakal berhayal kalo aku itu tokoh utamanya, dan selalu mikir kalo aku ada diposisi si tokoh bakal ngomong apa/ngelakuin apa.

Feel humor? itu bakal kamu dapet dari mana aja, bahkan temen2 kamu bisa jadi objek yang paling menarik buat d ceritain, ya ... asal jangan mereka akhirnya ngejar2 kamu minta royalti disaat tulisan kamu terbit

Q : Kenapa milih nulis genre humor? Ada niat gak nulis genre lain? Menurut kk genre yang paling susah itu apa?

A : 1. Karena aku suka, kalo dari awal kita udah suka pasti ngejalaninnya enak~~ eaaa

2. Aku udah pernah nulis genre romance tapi si humor kadang suka ngikut mulu sama aku, seolah tak mau d lupakan~~

3. Genre yang susah? nah itu dia, aku belom pernah coba genre lain ... Humor, teen fiction, romance itu yang udah aku coba. Tinggal Fantasi, wkwkwk karena pada dasarnya otak aku gak nyampr buat mikir jauh2.

Q : Kak awal nulis itu emang hobby atau iseng iseng? Atau mengatasi kegabutan? Terus hal yang paling berkesan selama pake wattpad itu apa sih kak? Tmaciw

A : Nulis awalnya itu hobby, dulu aku suka nulis buku diary (anjir tua bgt gue) tapi anehnya, semua temen2, aku suruh baaca diary nya ... wkwkwk antara bego sama kelewat oon sih.

Terus ketemu sama wattpad, disana baru mulai nulis Dunia Qsheil, eh taunya ada yg baca~~ rasanya itu kaya lagi ngorekin kuping ... ajibbb

Yang paling berkesan d wattpad itu aku ketemu penulis2 yang daya khayalnya udah level 7 luar biasa 💃dan pastinya dari situ tulisan aku berubah jadi versi cetak, meskipun blm tersedia dalam bentuk pil dan kapsul

Q : Cerita kakak terinspirasi dari siapa?

A : Wah kalo itu banyak bgt haha ... mulai dari temen2 sampe abang2 tukang es tong2 aja bisa aku jadiin cerita, ingat inspirasi itu kaya jodoh yang bisa datang kapan aja

Q : Sejak kapan tertarik dg literasi? Terus pernah ga sih kakak ngalamin block writers? Kiat-kiat biar pas nulis tuh ga moodyan, sebentar2 ga pengin nulis, eh tiba-tiba mood mau nulis lagi, itu gimana ka menyiasatinya?

A : Sejak aku kesal menonton sinetron indonesia, wkwkwk.

Block writers mah udah jadi makanan utama, pernah aku khatam seminggu stuck sama sekali.

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now