SKIALINGGA

139 9 0
                                    

Perempuan pemilik akun wattpad @skialingga ini sudah bergabung di wattpad sejak November 2015. Perempuan ini lebih senang dipanggil Skia ketimbang 'Thor'.

Bukankah banyak orang takut dilupakan? Begitu juga dengan Skia, alasannya menulis adalah karena bagia dia lewat karya akan membuatnya dikenang.

Skia telah mempublikasikan empat work di akun wattpadnya, berjudul My Mina, My Empress, My Soarta, dan The Snow's Tears. Ceritanya yang berjudul My Empress telah dibaca 1.9 M, dan telah dibukukan.

Q : Di cerita kk yang my empress kan benar2 menciptakan semacam dunia Baru gitu kan? Gimana sih tipsnya biar Dunia yang Kita buat itu kesannya real dan meyakinkan.

A : iya, latar dalam ME itu memang saya buat tanpa ada mengacu ke suatu daerah atau waktu tertentu, tp dikategorikan ke dalam historical karena adanya unsur kerajaan.

Kalau ditanya gimana tips nya biar dunia yg kita buat terasa nyata dan meyakinkan, pahami dulu kamu akan buat cerita ttg apa. Apa yg cocok menjadi latarnya, gimana kehidupan dan corak dunia itu... gambarkan dengan detail agar org paham. Misal, ME itu ttg kerajaan, jadi saya menggambarkan dunia yg sesuai dgn itu. Tapi yg paling penting, sbg penulis kamu harus masuk ke dalam cerita, menyampaikannya kepada pembaca, dgn begitu dunia yg kita buat pasti terasa lebih nyata.

Q : Halo kak, mau tanya, kakak kan nulis fantasi nih, jujur aku tipe pembaca yg kurang suka cerita fantasy. Nah, keistimewaan apasih yg ada di cerita kakak yg bisa mendorong buat para readers mau baca cerita kakak? Makasih.

A : Halo juga, 😃

Uhm... ini kalau saya jawab dibilang promosi gak ya? Hahaha /becanda

Jadi gini, setiap orang itu memang punya passion tersendiri terhadap segala hal, termasuk dalam selera bacaan. Kalau kamu tidak suka sama satu genre (misal fantasi) saya punya dua saran yg bisa kamu lakukan.

Pertama, jangan baca karena itu memang bukan kamu banget, istilahkan aja seperti kita enggak suka makan sesuatu.

Kedua, coba baca dan temukan alasan kenapa kamu gak suka. Kalau kamu gak ketemu alasannya, nah... pertanyaannya jadi dibalik nih, kok gak suka fantasi sih?

Kalau ttg keistimewaan cerita saya... saya nggak akan janjikan kalian dgn suguhan cerita yg luar biasa yg sampai bisa buat gak tidur tujuh hari, tapi saya bisa bilang kalau setidaknya cerita saya mungkin aja sesuatu yg belum kamu temukan selama ini. Ini cerita saya, saya menulisnya dari hati, jadi semoga pesan hati saya bisa tersampaikan kepada kalian, dan jika ceritanya memang membekas dan berkesan utk kalian, berarti disitulah letak keistimewaan cerita saya...

Kembali kasih, semoga terjawab pertanyaan nya..

Q : Gimana awal debut Kakak mulai nulis sampai nerbitin buku kaya sekarang? Dan apa Kakak dapat dukungan dari orang di sekitar Kakak?

A : saya mulai nulis itu di situs wattpad... awalnya karena saya memang butuh pelampiasan dari stress anak kuliahan, haha

Kalau di wattpad ada senang dan sedihnya juga, karena dulu sempat heboh adanya mirror web sampai buat beberapa author minggat permanen. Setelah itu saya hiatus lama karena kesibukan kuliah, dan balik lagi (ini kejadian beberapa kali 😂)

Kalau untuk nerbitin buku, dulu saya sempat dapat tawaran dari salah satu penerbit mayor untuk menerbitkan ME, tapi menghilang gitu aja tanpa ada kejelasan. Nah, ME ini sendiri sebenarnya baru akan saya ajukan ke penerbit bulan 8 ini, tapi tenyata saya yg malah lebih dulu ditawari sama Fantasious...

Dukungan ya? Sebenarnya saya nulis ini diam2 loh, orang tua enggak tau, haha.. yg tau hanya ada beberapa sahabat dekat saya, dan mereka sangat mendukung saya dalam hal ini... 😄

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now