ASABELLIA

126 11 2
                                    

Asabellia username wattpadnya, biasanya dipanggil Asa. Gadis asal Makassar ini sudah bergabung dengan wattpad dari tahun 2013, guys! Asa sudah mempublish sepuluh cerita di wattpadnya, yaitu : Jackpot from Las Vegas, Hope, Diary Penulis Jomblo, Midnight Feelings, Another Hope, The Last Saver, Sadar, Black Rose, Southern Eclipse dan Talk Me down. Asa tidak hanya menulis satu genre Teen Fiction saja, tetapi ia juga menulis Cerpen, Fantasy, Romance dan General Fiction. Baru-baru ini ceritanya yang berjudul Southern Eclipse dibukukan dan dikesempatan ini kakaknya mau ngasih materi loh, kuy disimak.

A : Whaa sampai sedetail itu. Aku syok, mantep.

Kalo materi kepenulisan mungkin udah agak bosen ya itu itu aja. Aku mau bawa materi yg agak beda nih tp tetep related dgn kepenulisan.

Aku mau bawa materi seputar sikap kita dalam dunia orange. Karena belakangan banyak banget tuh drama.

Nah di sini aku memandang sebagai seorang penulis dan juga seorang admin dari wattpadindo. Sebenarnya aku sedih guys, aku sedih krn srkng wattpad mulai geng geng an. Dan aku sbrnarnya ga bgt setuju dgn konsep rant book yg menggunakan bahasa yg frontal. Aku berpikir, semua penulis udah mengeluarkan karya terbaiknya. Mereka berusaha. Meski itu genrenya pasaran dan sebagainya.

Dan pasti sangat sedih ketika mereka baca rant book yg bahasa frontal. Bayangkan berapa penulis yg semangatnya down.

Salah satu rant book yang gak frontal itu adalah punya kak Alvi Syahrin. Emang menyindir tp bahasanya sangat halus.

Aku suka sedih skrng banyak penulis bergeng geng dan malah nyindirin orng. Itu keliatan banget di news feed. Mskd aku. Kalian kalau nanti nulis, nulis aja ya, jgn jadikan wattpad lahan untuk nyinyir nyinyiran. Itu salah satu yg hal yg gak mengudang keberkahan.

Iyaaa aku ngomong gini bukan krn aku suci gak prnh nyinyir. Wkwkwkw itu manusiawi banget :') tapi jgn diumbar :') Biar gak jd tontonan publik.

Teman teman, aku mungkin bukan penulis besar dengan pembaca berjuta juta dan belum ada lambang best seller. Tp aku cuman mau blng, ketika kalian menulis, nulis aja. Bulatkan tekat untuk emg hanya nulis. Jgn trlalu terpengaruh sama kasus atau drama. Daripada ngurusin drama mending kita berkarya

Kamu liat erisca febriani? Wulanfadi? Cecilia wang? Mereka jarang banget aktif di wp. Aktif cuman buat update aja. Liat mereka contoh suksesnya.

Kalau ada rant book, kadang butuh hiburan. Cuman gak usah ikut ikutan nyinyir. Ntar dosa  aku juga lg berjuang keras buat gak terpancing. Kalau rant book dgn bahasa halus gakpapa.

Tips kepenulisan

Cara mengatasi writers block versi aku :

1. Baca ulang lagi bab bab yg sudah aku tulis

2. Baca novel lain biar nemu kosakata baru

3. Nonton film atau jalan jalan biar nemu adegan baru

4. Stalk akun org sukses. Asli ini buat aku bisa nambah semangat. Nge stalk mereka jd pengen bgt kayak mereka

5. Sebelum nulis cerita sbaiknya tentuin dulu endingnya. Mungkin ada beberapa penulis yg suka ikutin alur. Aku dulu gitu. Tapi lama-lama aku coba rubah jd kayak bikin kerangka gitu. Kalau pun ntar ada yg mau dirubah. Melencengnya gak jauh.

6. Bangun hubungan baik dgn pembaca. Bikin group kecil biar mereka bisa semangatin kita.

7. Pasang cita cita yg tinggi. Jgn setengah setengah. Jangan takut sama waktu. Nulis aja terus.

8. Pilih cast yg ganteng ganteng. Simpan di hp. Wkwk jadi kalo liatin lg. Semangat lg deh nulisnya.

Ohya sama kalau mau banyak yang menghargai karyamu. Kamu hrs baik sama pembaca. Aplagi jika posisi kita sbagai penulis baru. Rajin balesin komen.

Karena....

Banyak fenomena di wattpad. Aku nyaksiiin sndiri.

Pembacanya berjuta juta tapi yg ikut POnya cuman 50an orng :')

Ada yg pembacanya 700k tapi yg ikut POnya malah meledak.

Selain krn ceritanya meninggalkn kesan. Yakin deh itu krn penulisnya mampu building good relationship with readers

Materi materi gini sbrnarnya lebih seru daripada teknik teknik kepenulisan aku lebih suka bawain ginian krn sebrnarnya guys....

Skill menulis kita akan ter asah sndiri jika kita rajin menulis.

Percaya aku

Teman teman, aku cuman ingin blng bahwa sekecil apa pun respon yg kalian dapat skrg. Ingatlah bahwa penulis penulis besar juga prnh mengalaminya. Anggap aja ini cuman proses.

*ohya satu lagi, kalau mau nulis usahakan emosinya di jaga. Moodnya dijaga. Kalau aku skrng ya jujur. Aku bener bener jaga hati aku spaya gak jatuh cinta apa lagi patah hati sehingga aku bisa ada di titik stabil.

*OHYA TIPS penting lg dalam menulis... Kalau mau sukses usahakan jaga hubungan baik sama keluarga terutama orng tua. Itu akan memperlancar karir dan cita citamu

*Jangan cepet moody teman teman. Pikirkan hal positif. Hidup ini indah.

***

Gini aku pengen cerita, mungkin bisa menginpirasi, dulu aku tuh sbanarnya smpet ada di masa kejayaan di facebook tp aku mengabaikankannya krn aku fokus sama kehidupan asmara dan pergaulan. Masa SMA aku sia sia krn gak fokus berkarya. Skrng baru nyesel. Meraihnya kembali susah bgt. Aku dari taun 2014 comeback nulis. Skrng baru kecapaian trbit mayor :')

Jadi buat kalian yg mungkin rajin baper dan hobi galau. Singkirin dulu deh smuanya. Yuk brprestasi. Percaya mereka nanti akan menghampiri sndiri. Aku ngalamin itu wkwk Aku tau problem problem remaja itu mempengaruhi gairah berkarya

Buatlah kita disegani krn karya bukan krn sensasi belaka.

Wkekw jadi itu guys pesen aku kalo ada yg ngr drama jgn ikutan haha itu yg hambat keuksesan kita jga

Mungkin dari aku itu aja.

Maap ya gak kayak penulis lain yg sistematis.

Semoga menginspirasi.

Q : Kak @Aca pesan Dan kesan buat member rebel dong.

A : Kesan dan pesan aku ke kalian, aku sangat suka semangat ya. Dgn kalian buat group kayak ini, ini sdh satu langkah bermanfaat untuk membentuk jaringan kepenulisan. Apalagi kalian ada oa, menurut aku konten oa kalian bgs bgt. Sebagai bentuk apresiasi. Nanti aku akan BCin oa kalian ya

Terakhir kalo kalian kelak jd penulis terkenal, jgn prnh sombong dan lupa teman ya. Selalu ingat siapa yg kasi kalian sayap, down to earth itu penting. Ramah selalu dan jgn pelit ilmu.

Sharing With The WritersWhere stories live. Discover now