bintang memilih untuk kembali kekampusnya. ia berjalan lesu ditengah lorong kampus. violeta yang sedari tadi berada disebelahnya merasa sangat heran sekali dengan sikap bintang. ia menatap lekat kearah bintang. " bintang , kamu kenapa ?".
" kak , harusnya tadi aku bisa mencegah kepergian kasih , kenapa aku malah menyetujuinya , aku sungguh menyesal ".
" bintang , menyesal pun juga tidak ada gunanya , apapun keputusan kasih harus didukung , mungkin ini pilihan terbaik untuk kasih , kita nggak bisa maksain kehendak kita ". bintang hanya menghela nafas kesal. " yaudah , sekarang mendingan kita kekantin aja , aku lapar ".
" yaudah kak , ayo ". violeta mengangguk sambil tersenyum. mereka berdua menuju kekantin dan mendapatkan sahabat-sahabat mereka sedang kumpul. bintang duduk disebelah bulan dengan lesu sekali. boim menatap bintang. " bin , lo mau makan apa ? dibayarin sama sih shakti noh yang baru jadian sama nina ".
" hm , apa aja ".
" sayang , kamu kenapa sih ? kok lesu banget ?". belum sempat bintang menjawab , pandu sudah datang ditengah-tengah mereka semua. bintang , violeta, boim dan indah menatap tajam kearah pandu. pandu dengan santai langsung duduk disebelah ocay. shakti menatap pandu. " dari mana lo sih , nduu ?".
" gue abis jemput klien nyokap gue di bandara "
" yakin kebandara , ndu ? bukannya ke kafe terus pelukan sama cewe paras jepang abis itu malah makan bakso dipinggir jalan mesraaa banget ".
" lo kenapa sih , bin ??". bintang memberikan handphonenya kepada pandu. pandu mengambilnya dan melihatnya. ia tersentak kaget sekali. " ini bisa gue jelasin !".
" jelasin apa lagi ? kasih udah sakit hati sama lo ! ".
" kasih ? ini salahpaham ". pandu hendak melangkah tetapi ditahan oleh bintang. pandu menatap kesal kearah bintang yang menatapnya. " lo itu kenapa sih , bin ? gue mau memberikan penjelasan kepada kasih ".
" percuma , kasih udah pergi ke amerika , dia udah tinggalin lo , pandu ! ". darah yang mengalir didalam tubuh pandu seakan berhenti. ia terjatuh duduk dibangkunya. perasaannya kacau sekali. bintang memilih untuk pergi diikuti oleh boim dan indah. ocay menatap pandu dengan serius. " gue tau lo nggak mungkin berkhianat sama kasih , lo mau kasih penjelasan apa sama kita ? kita bakal dengerin ".
**
" pandu , jika pada akhirnya cinta kita tidak bisa dipertahankan lagi , aku ... aku akan belajar ikhlas untuk melupakan kamu , melupakan semua yang pernah terjadi diantara kita berdua , sekarang aku mencoba untuk memperbaiki semua tapi jika aku tidak sanggup lagi , maafkan aku pandu , aku harus menghapus nama kamu didalam hatiku ".
rama yang sedari tadi disebelah kasih langsung menoleh. ia mendapatkan kasih terisak tangis menatap keluar jendela. dengan inisiatif rama langsung menghapus air mata kasih. lantas kasih langsung menoleh kearah rama. " kak rama ?".
" sudahlah , jangan menangis lagi , sekarang kamu harus fokus dengan kesembuhan kamu , kalau kamu sudah sembuh , kamu boleh kembali ke indonesia dan memperbaiki hubungan kamu sama pandu ".
" aku berharap seperti itu , kak. ". kasih kembali fokus menatap keluar jendela. rama hanya menghela nafas pasrah dengan sikap kasih seperti ini.
**
" gue sama perempuan itu nggak ada apa-apa. perempuan itu haruka , teman chat gue difacebook , kita sering curhat bareng , kalau dia ada masalah , dia curhat ke gue dan gue kasih solusi ke dia , begitu juga sebaliknya tapi gue sama haruka nggak ada apa-apa , kita cuma temanan doang ". violeta menatap serius kearah pandu dan sedikit memajukan tubuhnya kearah pandu. " kalau kamu nggak ada apa-apanya , kenapa kamu malah pacaran sama dia ?".
KAMU SEDANG MEMBACA
(TAMAT) Love is complicated [ Lanjutan Anak Kuliahan]
Fanfictionini adalah kisah cinta mereka setelah lulus sekolah ... kisah yang nanti akan membuat persahabatan mereka retak ... cinta yang membuat mereka pecah .... akankah semua bisa kembali seperti semula ?