Cerita ke-7

155 11 2
                                    

Shella berulah lagi.

Kali ini abang-abang tukang bakso yang jadi korbannya. Gara-gara kang bakso itu megang rambutnya doang muka itu orang langsung bonyok di bogem Shella. Menurut gue, Shella ga salah sih, itu kan termasuk ke perlindungan diri gitu. Lagian tindakan yang kang bakso itu lakuin cukup kutang ehh kurang ajar. Yaaa cuman kan engga mesti bikin muka tuh tukang bakso bonyok. Sumpah dah kasian amat gua liatnya. Kenapa gue bisa liat karena ga lama setelah gue berbelok ke arah kantin, insiden itu terjadi.

Kerennya adalah gaada yang ngehalau Shella sampai perempuan itu puas sama tindakannya. Engga tinggal diam, guru B K dateng bagaikan malaikat yang menyudahi insiden tersebut dan menarik Shella ke ruang B K. Gue cuman bisa ngeliatin dia doang sampe bener-bener masuk ke ruangan itu. Selebihnya gue gatau dia di apain karena gue asik makan siang di kantin sama beberapa temen gue yang laen. Gue membisu ketika temen-temen gue mencap kalo tindakan Shella berlebihan. Gue engga setuju sama perkataan mereka yang kayak gitu, cuman di satu sisi gue juga membenarkan hal itu.

Kabar itu ternyata cepet banget nyebarnya kayak penyakit di sekolah. Semua orang langsung ngeliatin Shella setiap kali dia lewat koridor. Shella semakin dijauhi karena tindakannya waktu itu yang di anggap berlebihan. Yaa bisa dibilang cuman gue yang masih memperlakukan Shella seperti dulu-dulu. Bahkan, temen-temennya yang katanya 'akrab' pun mulai menjaga jarak. Heran, begitu doang karena masalah sesepele itu Shella bener-bener kek orang yang ngelakuin kesalahan gede. Beberapa orang mulai menghasut gue untuk menjaga jarak sama Shella. Gue sama sekali ga pernah nanggepin hal itu. Di mata gue, yang dilakukan Shella itu bener kok. Gaada yang salah. Harusnya cewek-cewek yang lain mencontoh sikapnya Shella supaya cowok-cowok di luar sana engga macem-macem sama mereka.

Tapi ini malah kebalikannya.

Akhir-akhir ini, gue selalu menghabiskan waktu sama Shella sebagai bentuk perwujudan pertemanan yang gue jalin sama dia. Sikap dia masih sama kayak dulu, masih suka ngegamparin gue kalo gue salah ngomong. Tapi dibalik itu, dia sering ngelamun dan murung. Yaa meskipun, engga pernah gue tegor karena takut dia kegeeran gue merhatiin dia terus jadi gue diem aja. Tapi itu yang gue tangkep akhir-akhir ini. Pulang sekolah pun biasanya dia yang semangat karena rutinitas kita kalo sepulang sekolah yang selalu duduk di taman kota sampai adzan maghrib menjemput.

Kayak tadi, ketika gue sama Shella lagi duduk berdua di pinggir danau taman sambil nikmatin sate padang masing-masing. Shella cuman diem tanpa mengeluarkan suara apapun. Gue mau ngomong cuman gimana yak, takut dia gamau di ganggu gitu. Jadi ... gue diem aja, kasih dia waktu sebentar buat menyendiri. Cewek gitu kan? Kalo diem berarti dia lagi gamau di ganggu. Yaudah deh, gue juga masalahnya gatau kode-kode yang di kasih kaum Hawa.

Sepanjang jalan dari taman ke rumah juga Shella lebih banyak diem dan gue juga terlalu takut untuk membuka percakapan. Takut kalau perempuan itu mengira kalo gue kepo sama urusan pribadinya dia padahal niat gue cuman ingin tau. Yaa sama aja sih sama kepo. Masa bodoamat. Pas turun dari motor gue, dia juga langsung pamit gitu aja. Tanpa ucapan hati-hati seperti seminggu kemarin. Tanpa senyuman tulus yang terkesan pahit seperti seminggu kemarin. Shella kosong. Itu yang gue rasain pas ngeliat dia kayak gitu.

Gaada sosoknya yang bahagia.
Gaada sosoknya yang judes.
Gaada sosoknya yang ceria.

Semuanya hilang gitu aja karena masalah yang lagi menimpa dirinya. Jujur, gue gatau harus ngapain agar dia bisa ceria lagi. Gue bingung karena gue belum pernah ngerasain di posisi ini sama siapapun. Istilah 'moodbooster' mendadak rontok ketika otak gue engga mampu berpikir gimana caranya agar mood Shella balik lagi. Mungkin, seiring jalannya waktu pribadi Shella yang dulu bisa balik lagi. Gue berharap. Bener-bener berharap dan senantiasa berdoa supaya harapan gue terkabul.

Karena ...

Ngeliat Shella yang kayak gitu, gue merasa tersiksa. Entah ada apa atau kenapa. Tapi gue ngerasa sedih banget. Lebih tepatnya terluka tapi ga berdarah, kek anak jaman now. Gue gatau perasaan apa yang selalu menghantui gue setiap kali gue ngeliat tatapan anak-anak di sekolah ke Shella yang seakan ngeliat monster bertanduk lima lewat di depan mereka. Takut bercampur geli. Bahkan, gue denger kabar kalau Shella dihentikan untuk sementara waktu dalam ekskulnya.

Sumpah, gue ngerasa kalo mereka yang mencap Shella berlebihan justru mereka yang berlebihan. Paham ga sii bahasa gue? Yaa di pahamin ajalah karena gue sama sekali gaada mood buat ngejelasinnya. Seakan mereka bersembunyi dibalik tubuhnya Shella yang sebenernya biasa aja. Heran ya gue, sumpah, masalah nonjok kang bakso kantin aja sampe sebesar ini efeknya. Gue percaya sih, ada seseorang dibalik ini semua. Tapi gue terlalu males buat nyarinya. Takut Shella marah sama gue karena udah ikut campur urusannya dan takut nama baik Shella semakin jelek di sekolah.

Terus, apa yang mesti gue lakuin agar Shella bisa kembali ceria kayak dulu lagi?

Tentang ShellaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang