Gue baru aja selesai ngejalanin terapi pertama yang tentunya ada Yuda yang udah standby temenin gue ke rumah sakit sama nyokap. Nyokap juga udah ngadep ke kepsek untuk memberikan cuti selama beberapa bulan ke depan demi kelancaran pengobatan gue dan nyokap juga bilang kalo kabar ini jangan sampe kedenger di luar. Cukup sebatas ruangan itu aja. Akhirnya kepala sekolah memberikan gue cuti dan turut berdoa demi kelancaran kesembuhan gue. Selain kepala sekolah disana juga ada wakil kepala sekolah bidang akademik sama kesiswaan, terus ada wali kelas gue, dan juga guru B K yang emang nanganin kelas 11. Semuanya sepakat untuk tidak menyebarkan penyakit gue ini dan bilang kalau gue mendapatkan tawaran ke Jepang sebagai wakil dari sekolah.
Oke gue tau itu bullshit banget.
Tapi gue yakin mereka bisa ngomong dengan penjabaran yang sama sekali gabisa di perkirakan. Dan disinilah gue menjalani terapi pertama gue bersama Yuda dan nyokap. Setelah terapi gue harus istirahat dulu karena tubuh gue yang emang lemes banget. Sekarang hari Selasa, berarti hari Senin depan gue harus menjalani operasi pengangkatan sel kanker yang ada di otak gue. Ngebayanginnya aja udah bikin gue lemes apalagi gue harus ngejalaninnya. Tapi berkali-kali nyokap juga ngasih semangat. Terlebih-lebih Yuda yang ada di samping gue.
Kata dokter kanker otak gue belum begitu parah jadi kemungkinan untuk cepat pulih sangat besar. Disitu gue mulai optimis untuk sembuh. Penyakit ini harus gue usir dari tubuh gue. Dia gabisa hinggap di tubuh gue terlalu lama. Gabisa.
Gue juga ngomong ama Yuda, gimana Shella hari ini. Yuda bilang, pas Bu Ratna bilang kalo gue ke Jepang muka Shella kaget dan kecewa. Sepanjang di sekolah dia sama sekali keliatan ga bersemangat. Yuda juga bilang kalo usaha Dicky buat deket sama Shella keknya kurang efektif dan Yuda bilang lagi kalo Shella ngasih respon negatif kalo Dicky lagi ngedeketin dia. Disitu gue mulai bingung dan cemas. Gue gamau Shella terus mikirin gue. Gue harus cari cara buat nemenin Shella dari kesendiriannya.
"Yud ..."
"Iya?"
"Lo mau ga gantiin posisi gue ke Shella?"
Jelas ekspresi Yuda langsung berubah pas denger gue ngomong kek gitu. Dia berdiri dari duduknya dan menatap gue lama. Gue memalingkan pandangan gue karena gabisa natap Yuda kek yang dia lakuin ke gue sekarang.
"Jangan gila, Dev! Sumpah," kata Yuda.
Gue ngerti ini susah banget diterima ama Yuda. Tapi, gue mikir kalo ini adalah jalan terbaik kedua setelah kedekatan Shella sama Dicky yang ga berhasil. Gue ngejelasin apa yang ada di otak gue ke Yuda. Gaada respon setelah itu dan Yuda pamit keluar ruang rawat, ninggalin gue sendirian karena nyokap waktu itu lagi ngobrol sama dokter.
Gue menghela nafas panjang. Ini berat buat gue, bener-bener berat. Di satu sisi gue gamau Shella sama yang lain, gue mau Shella sama gue. Tapi di satu sisi yang lain, engga mungkin kalo gue jujur sama dia. Dia pasti sedih dan malah ga fokus sama kehidupannya. Apalagi gue pernah denger kalo dia bakalan jadi wakil sekolah ke seminar nasional tentang kanker. Gue gamau ngehancurin mimpinya itu. Gue kembali dirundung rasa marah terhadap diri gue sendiri. Gue gedeg sama diri gue sendiri.
Terus ga lama, notif hp gue bunyi. Pas gue geser ternyata Yuda ngirim foto dan ... Shella sama Dicky lagi pelukan di koridor kelas. Hati gue panas ngeliatnya, rasanya pengen gue samperin Dicky dan langsung gue abisin saat itu juga. Tapi ... gue harus sadar kalo ini kemauan gue. Gue yang ngasih lampu ijo ke Dicky buat deket sama Shella. Jadi yaaa inilah konsekuensi buat gue. Shella perlahan ngelepas gue dan mencoba memegang erat tangan Dicky.
Gue ngerasa kalo ruangan ini keabisan oksigen karena dada gue sesek banget sampe gue gabisa nafas. Gue dibakar api cemburu yang bener-bener luar biasa. Emosi gue bener-bener dimainkan disini. Tapi ... gue gabisa ngelakuin apa-apa karena tubuh gue lemes. Cuman tangan gue yang daritadi mengepal dengan keras. Rasanya buat nonjok aja itu susah banget. Dan yang cuma bisa gue lakuin sekarang adalah diam dan ngikutin jalan cerita yang gue bikin sendiri.
Gue yang mulai.
Gue yang harus nerima konsekuensinya.
Sesakit apapun.
Senyesek apapun.
Asalkan Shella ga sedih.
Semua bakal gue lakuin.
Demi Shella.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Shella
Short StoryKalo lo nemu buku ini harus dibaca ya, Shel. Tapi cukup lo aja yang tau, orang lain jangan. Gue kangen banget sama lo, Shel. Sumpah gue kangen. Cover by @JustK_ Copyright©2017