Operasi pengangkatan sel kanker akhirnya berjalan lancar dan hasil diagnosa dokter mengatakan kalo gue udah bersih dari kanker otak. Tapi tetep harus sering check-up untuk bener-bener memastikan karena takut ada yang tersisa. Gue tinggal menjalani terapi-terapi ringan ke depan. Ternyata waktu berbulan-bulan itu cuma omong kosong. Buktinya dalam dua minggu gue udah dinyatakan sembuh dari penyakit ini. Yaa meskipun ga sembuh total dan mesti menjalani rangkaian terapi selanjutnya. Tapi setidaknya gue udah siap untuk kembali ke sekolah.
Hari Rabu gue udah boleh pulang ke rumah dan akan menjalani rutinitas kek biasanya.
Tadi ada Yuda, nyokap, oliv sama pacarnya yang bantuin gue buat ngeberesin barang2. Selesai beberes, kita langsung pulang ke rumah tanpa harus mampir kemana-mana dulu karena gue udah kangen sama kamar gue. Kebetulan Yuda juga ikut ke rumah gue karena gue yang minta dia untuk ikut. Sepanjang jalan kita ketawa-ketawa seakan beban yang selama ini ada udah lepas semua. Tapi tak bisa di pungkiri kalo gue akan kembali terjangkit kanker otak lagi karena gue belum bisa dipastikan bener-bener lepas dari penyakit itu.
Pas masuk garasi rumah, gue ngeliat Dicky di depan rumah Shella yang gue gatau maksudnya ngapain. Gue pun keluar dari mobil sambil ngeluarin beberapa koper yang emang berisi kaos dan perlengkapan gue untuk perawatan gue selama di rumah sakit. Sebelum turun, Yuda nyuruh gue pake beanie yang dia kasih waktu itu. Gue ngangguk dan make itu. Ketika gue mau masuk rumah, suara lantang Dicky keluar menyebut nama gue. Gue bener-bener males banget ngobrol sama orang itu. Akhirnya gue balik badan dan ... gue ngeliat ... Dicky lagi ngerangkul Shella. Gue bener-bener tercekat ketika dia memberi kode kalo mereka udah jadian.
"Congrats bro!"
Cuman sepatah kata itu aja yang keluar dari mulut gue dan gue langsung masuk rumah dengan agak terburu-buru. Gue ga peduli sama kode laki-laki bangsat itu. Yang terus ngeganjel di pikiran gue itu muka Shella yang engga bisa gue definisikan gimana emosinya. Dia sedih tapi keliatan ceria seakan ngeliat harapan. Gue masuk kamar bersama Yuda dan segera membereskan barang-barang sambil mikirin muka Shella tadi.
"Sakit hati kan? Cemburu kan? Makanya jangan main api, kebakar deh akhirnya," kata Yuda.
Gue cuma tersenyum ngedenger omongan Yuda yang ngeledek gue. Iyaaa ini emang salah gue tapi menurut gue ini adalah yang terbaik. Sepersekian detik gue ngerasa kalo rencana gue gagal. Faktanya ketika gue udah pulih sekarang, hasrat buat ngerebut Shella lagi seakan ilang gatau kemana. Pengen rasanya narik tangan Shella dan meluk dia erat, erat banget. Tapi gue seakan udah mati rasa. Kalo itu kebahagiaan Shella, gue bisa apa. Biarlah rasa ini cuman gue, Yuda, dan Tuhan yang tau.
Gue berdiri menghadap jendela dan ngeliat mereka pergi bersama. Meluncur dengan motor laki punya Dicky yang pasti lebih enak daripada motor matic punya gue. Gue tersenyum miris, menertawakan diri gue sendiri yang sekarang mulai ngebanding-bandingin kepunyaan gue sama Dicky. Gue kek bener-bener sedih gitu, sembuh dari penyakit bukan kabar suka malah kabar pahit yang harus gue terima. Dari belakang Yuda megang bahu gue berusaha memberikan kekuatan sesama laki.
"Kalo lo mau ngabisin Dicky, gue siap bantu," kata Yuda.
Gue tersenyum lagi.
"Gausah kekanakan, masalah gini doang engga harus ribut. Lagian, Dicky adalah kebahagiaan Shella sekarang. Sementara gue cuma kebahagiaan semu yang hadir di masa lalu."
Sakit? Iyaa, sakit banget pas gue ngomong kek gitu. Tapi ini adalah jalan cerita yang gue bikin sendiri. Jadi gue harus siap sama konsekuensinya. Baik positif atau negatif. Untung atau rugi. Senang atau nyesel. Gue harus nerima itu dengan lapang dada. Dengan keikhlasan yang bener-bener di uji. Mungkin cuma senyum yang bisa mewakili seluruh emosi gur sekarang.
Lagian... apa sih yang di harapkan dari cowok penyakitan yang bisa aja kumat? Kehangatan? Engga bisa. Selalu ada? Apalagi, omong kosong banget.
Lantas apa?
Yaaa pada intinya gue gabisa ngasih kebahagian permanen kalo Shella memilih gue. Tinggal Shella yang menentukan, apakah lebih baik gue atau Dicky.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Shella
Short StoryKalo lo nemu buku ini harus dibaca ya, Shel. Tapi cukup lo aja yang tau, orang lain jangan. Gue kangen banget sama lo, Shel. Sumpah gue kangen. Cover by @JustK_ Copyright©2017