Cerita ke-18

92 8 1
                                    

Terhitung udah sebulan gue ngejauhin Shella dan akhirnya berhasil deket sama anak baru itu. Meskipun tingkat kecemburuan gue udah setingkat dewa zeus pun gue harus mendem itu semua karena gue belum mau merusak hubungan mereka berdua. Gue gamau ngerusak kalo penyakit gue bener-bener bersih dari tubuh gue sendiri. Gue gamau Shella ngerasa sedih dan gue gamau dia sama yang lain. Shella itu punya gue bukan punya orang lain. Dan hatinya cuma ada nama gue seorang.

Contohnya tadi ...

Gue tau banget Shella takut sama suara geludug. Ya you know lah what i mean geludug. Tau kan? Iyaa tau deh. Disitu posisinya kita lagi olahraga dan mendadak langit gelap banget sama diikutin angin kenceng. Engga lama ada suara geludug dan otomatis Shella meluk tubuh Dicky tepat di depan mata gue sendiri. Kek.. bangsat tapi gue gabisa nyalahin mereka berdua juga karena ini keinginan gue. Harusnya gue yang ada di posisi Dicky. Harus gue yang dipeluk Shella. Harus gue disitu. Harusnya gue. Gue bukan orang lain.

Botol mineral yang gue pegang jatoh gitu aja pas gue ngeliat kejadian itu. Gue langsung pergi ke arah kaki gue melangkah. Kemanapun asalkan gue engga ngeliat mereka berduaan. Akhirnya gue duduk di rooftop sekolah yang emang jarang banget orang dateng kesini. Gue duduk sambil menunduk, nikmatin hembusan angin yang seakan ngebawa diri gue terbang ke angkasa. Gue ngedongak ke atas, cuma awan gelap yang ada disana. Ga lama hujan turun deres. Deres banget, mengguyur semua diri gue dan ngebuat gue jadi kuyup.

Hujan ...

Mendadak memori tentang hujan kembali berputar. Imajinasi gue membuat sebuah film pendek yang cuma bisa di tonton sama diri gue sendiri. Disana ada gue sama Shella yang kek dulu, berantem gajelas, main kata-kataan. Terus berlanjut ke sesi dimana pulang sekolah kita terus bareng-bareng. Lanjut ke waktu Shella sedih, gue disana meluk dia dengan erat. Terus ketika gue sakit dan terakhir adalah sekarang. Gue sama dia lagi berdansa di bawah hujan mengenakan seragam putih+abu-abu. Dia tersenyum ke gue dan yaaa kita sama-sama tersenyum. Kita sama-sama nikmatin masa-masa itu sampe akhirnya semua menjadi gelap. Bayangan Shella tiba-tiba menghilang gitu aja tanpa permisi.

Meninggalkan diri gue yang masih celangak-celinguk sendirian di ruangan gelap. Gue gabisa liat apa-apa dan cuma bisa ngedenger suara hujan yang deres. Gue gatau ini dimana. Bahkan, gue ga yakin kalo gue masih di atap sekolah. Gaada suara apa-apa sampai derap langkah kaki terdengar memecah genangan air. Lalu, tubuh gue melayang dan gaada suara lagi yang terdengar. Dilanjutkan sama pandangan itu akhirnya gue merem.

Pas gue bangun, gue baru sadar kalo gue udah di uks dan udh ganti baju jadi baju UKS yang emang di sediain sama sekolah. Terus gue kaget ketika seorang cewek lagi duduk di samping gue. Dia kaget ngeliat gue siuman. Dan gue juga kaget karena gue lagi gamau ngeliat mukanya disini. Gue mengumpulkan tenaga buat bangkit dan merubah posisi gue jadi bersandar sama dinding. Shella jalan ngedeket dan gue harus berusaha untuk mengusir dia dari sini padahal gue pengen banget dia disini, nemenin kesendirian gue.

"Dev, lo kenap--"

"Ngapain lo disini?! Gue gamau lo ada disini! Pergi!"

Raut wajah Shella berubah, bener-bener berubah. Dia keliatan kaget, sedih, kecewa, dan marah. Gue ngebuang muka, gue gakuat ngeliat mukanya yang kayak gitu. Dia cuma diem dan ekor mata gue nangkep kalo airmatanya turun. Dia nangis. Dia juga keliatan mau ngomong tapi seakan ada yang ngeganjel buat dia. Gue bener-bener ga kuat sekarang. Gue pengen dia pergi dari sini karena airmata gue yang ikut netes. Gue gamau dia ngeliat gue lagi nangis. Apa kata dia kalo ngeliat gue yang nangis di depan mukanya. Gue mengumpulkan tenaga lagi dan berteriak setegas mungkin.

"Pergi darisini!!!!!"

Akhirnya .... setelah teriakan itu, Shella lari keluar dari UKS dan bener-bener ninggalin gue. Tinggalah gue yang meratapi kegoblog-an gue dan keegoisan gue sendiri. Gue kesel sama diri gue. Gue gedeg ama diri gue. Seandainya gue engga kek gini. Seandainya penyakit ini engga ada di tubuh gue. Seandainya gue masih normal. Shella engga perlu ngeluarin airmata lagi. Shella engga harus kayak gitu. Tapi .... gue cuma bisa membiarkan dia kek gitu. Biarlah dia menangis sekarang karena besok mungkin gue udah gabisa ngeliat nangis.

Pas gue masuk kelas pun, sepenjuru kelas langsung natap gue. Terlebih-lebih Yuda yang terus natap gue sampe gue duduk di sebelahnya. Dia bilang dia mau ngomong sama gur di rooftop sekolah setelah pulang sekolah nanti. Gue bener-bener was-was ketika Yuda bilang gitu. Pasti ada apa-apa nih dan pasti gawat. Tapi, gue gaboleh terlalu mikirin itu karena gue gamau kepala gue sakit lagi. Biarlan itu urusan nanti, apapun yang terjadi gue bakal tampung konsekuensinya. Sekarang gue harus fokus ke pelajaran aja.

Waktu yang ditunggu akhirnya tiba. Gue inget banget disitu cuman ada gue sama Yuda yang kek orang bego karena diem-dieman. Yuda keliatan frustasi. Keliatan banget. Mendadak dia ngecengkrem kerah kemeja putih gue. Gue kaget setengah mampus karena gerakan Yuda yang tiba-tiba.

"Lo kenapa sama Shella?! Ada apa sama lo?!"

Gue sama sekali gangerti sama omongan Yuda saat itu karena gue pikir Yuda mau cium gue, ternyata dia malah nanyain Shella. Huaaa beruntungnya gua karena gajadi di cium Yuda.

"Apaan dah? Gue gangerti."

Yuda ngelepas cengkramannya dan berjalan menjauh.

"Lo gausah pura-pura goblog, Dev! Semua orang tau soal hubungan lo sama Shella. Semua penduduk kelas tau dan mendadak setelah libur lo malah jauh dari dia sampe-sampe  Shella direbut sama Dicky. Bahkan, lo ngebuat Shella nangis. Ada apa sama lo, Deva?! Ada apa?! Kenapa lo kek gini sekarang?! Lo yang nyadarin kita buat temenan lagi sama Shella. Tapi apa?! Lo sendiri yang ngehancurin Shella dengan sikap gajelas lo itu!! Mikir dong Dev mikirr!!"

Beribu-ribu tamparan keras mendarat di pipi gue lewat perkataan Yuda. Bener, semua yang dikatakan Yuda itu bener. Gue yang ngebuat Shella di temenin lagi. Gue yang ngebuat Shella di akuin lagi. Tapi... gue sendiri yang jauhin Shella. Gue sendiri yang seakan ngelakuin apa yang temen-temen lakuin dulu. Gue tertawa. Gue tertawa sekeras mungkin. Sampe gue tersadar kalo tonjokan Yuda mendarat di pipi gue dan ngebuat gue jatoh tersungkur.

"Tonjok gue lagi, Yud! Tonjok!!"

Yuda pun seperti kehilangan kontrol dan terus menonjok diri gue. Sampe pada akhirnya dia berhenti ketika gue mulai setengah sadar. Yuda nangis tepat bersama dengan turunnya hujan yang ternyata berlanjut lagi. "Cerita ke gue, Dev. Lo kenapa? Seenggaknya lo ngomong ke gue biar gue tau dan bisa ngasih lo jalan keluar," katanya.

"Lo gaakan tau jalan keluar dari masalah gue, Yud. Lo gaakan tau."

"Seberat apa sih masalah lo?! Seberat apa sampe gue gabisa ngasih lo sol--"

"GUE KENA KANKER OTAK, YUD!! KANKER OTAK!!"

Suara gemuruh petir ikut menyambar bersama teriakan gue. Yuda terkejut dan berjalan mundur seakan dia ga percaya. Dia menggelengkan kepalanya dan terus berkata 'engga engga'. Semua orang juga gaakan percaya sama omongan gue karena pribadi gue yang selalu ceria di setiap masalah yang jadi beban gue. Dengan muka lebam, gue bangkit dan membelakangi Yuda.

"Gue begitu karena penyakit gue ini. Gue ngejauh dari Shella karena gue gamau ketika ... ketika dia tau penyakit ini dia akan sedih. Gue gamau ngeliat dia sedih lagi, Yud. Gue gamau. Makanya gue deketin dia sama Dicky karena gue gamau dia tau. Biarlah ini menjadi rahasia bagi gue dan jangan sampe tersebar ke orang lain. Gue juga akan ngejalanin terapi supaya gue bisa normal lagi. Kembali ke Deva yang dulu. Lo adalah satu-satunya orang di sekolah ini yang tau penyakit gue. Dan gue mohon sama lo, Yud. Jangan lo kasih tau siapa-siapa. Pliss banget."

Yuda sama sekali ga bersuara sampe akhirnya gue menatap dia dengan wajah sendu gue yang dipenuhi sama luka memar.

"Gue gaakan kasih tau siapa-siapa, tapi ... lo harus janji. Kapanpun lo terapi lo harus ajak gue," kata Yuda. Gue ngangguk.

Yuda berjalan mendekat dan mendekap tubuh gue. Memberi semangat antar sesama lelaki. Dia juga minta maaf karena udah ngebuat muka gue jadi banyak memar gini. Gue bilang gapapa. Acara dekap-mendekap pun selesai dan kita turun dari tempat tadi.

Setelah itu, kita pulang ke rumah masing-masing dan mulai saat itu, persahabatan gue sama Yuda kembali terjalin.

Tentang ShellaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang